Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Tanaman Srikaya Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Srikaya Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Srikaya Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Srikaya Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Srikaya Untuk Kesehatan – Tanaman srikaya terkenal dari dengan buahnya yang memiliki rasa enak dan khas. Selain mempunyai rasa yang enak dan khas, tanaman srikaya juga dapat digunakan sebagai obat herbal, baik dari pohon, dari buah, dari daun, dari biji maupun akarnya

Tanaman srikaya memiliki kandungan nutrisi serta gizi yang diperlukan oleh tubuh, yakni:

1. Mengandung vitamin B6 yang cukup tinggi, vitamin B6 akan mampu mencegah terjadinya penumpukan hemosistein yang akan membuat terjadinya gangguan pada jantung.

2. Mengandung riboflvabvin yang sangat baik untuk perkembangan tubuh seseorang.

3. Buah srikaya mengandung vitamin C, sebagai antioksidan tubuh alami.

4. Mengandung niacin yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Mengandung serat yang cukup tinggi.

6. Mengandung asam folat yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan serta perkembangan sel otak pada janin.

A. Manfaat Daun Srikaya

1. Dapat Mengobati borok atau bisul
Kandungan nutrisi serta gizi yang ada dalam daun srikaya sangat bagus dalam mengobati infeksi yang terjadi pada permukaan kulit.
2. Dapat Mengobati penderita histeris
Dengan mengoleskan daun srikaya setelah di tumbuk dekatkan pada hidung penderita hingga penderita menghisapnya.
3. Dapat Mengobati cacingan
4. Dapat Mengatasi gangguan pencernaan
Untuk seseorang yang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit, perut kembung ataupun diare, dapat memanfaatkan daun srikaya.
5. Dapat Mengobati kudis
Kudis adalah salah satu jenis penyakit kulit yang cukup menggelisahkan sebab menimbulkan rasa gatal yang sangat luar biasa serta dapat menimbulkan bekas yang dapat menganggu penampilan. Manfaatkan daun srikaya untuk mengobatinya.
B. Manfaat Biji srikaya
1. Dapat Mematikan kutu kepala
Gunakanlah ramuan biji srikaya dengan cara menumbuknya, kemudian oleskan ramuan tersebut ke kepala.
2. Dapat Mengobati bisul
Walaupun kecil akan tetapi keberadaan bisul akan membuat seluruh tubuh menjadi meradang. Gunakan ramuan biji srikaya dengan menumbuk bijinya sampai halus serta setelah itu tambah dengan garam kemudian dioleskan di area bisul.
3. Dapat Mengatasi anemia
Anemia adalah keadaan dimana terjadi kekurangan sel darah merah dalam tubuh dengan demikian menyebabkan rasa lemas, menyebabkan lunglai serta lesu pada tubuh.
4. Dapat Mengobati diabetes
Salah satu penyebab penyakit diabetes yaitu akibat kekurangan zat magnesium dalam tubuh. Kekurangan magnesium akan menyebabkan produksi insulin berlebihan serta pada akhirnya akan mengalami kelainan pada insulin dengan demikian menyebabkan diabetes.
5. Dapat Meringankan gejala asma
Salah satu manfaat biji srikaya yaitu vitamin B yang berfungsi untuk mengurangi radang pada paru-paru.
6. Dapat mencegah penyakit jantung
Magnesium juga selain bermanfaat untuk mencegah anemia, baik kesehatan jantung utamanya pada bagian katup jantung. Untuk anda yang ingin jantungnya tetap sehat serta terlindungi sehingga bisa mengkonsumsi buah srikaya setiap waktu.

C. Manfaat Akar serta Kulit Kayu Srikaya
Akar srikaya bisa digunakan menjadi obat sembelit, obat depresi mental, obat disentri akut, serta obat nyeri pada punggung. Adapun kulit kayunya bisa digunakan untuk mengobati luka berdarah, diare serta disentri. Caranya yaitu dengan menyiapkan akar atau kulit kayu srikaya serta cucilah sampai bersih. Setelah itu potong kecil-kecil akar serta kulit kayu serta jangan lupa siapkan lima gelas air bersih. Lalu Siapkan gula jawa, madu serta daun sereh. Setelah itu rebus bahan yang sudah disiapkan hingga air mendidih serta menyusut sampai tiga gelas saja. Kemudian minumlah ramuan tersebut sebanyak dua kali sehari agar mendapatkan hasil optimal pada penyakit yang dialami.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates