Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Obat Sariawan Alami

Obat Sariawan Alami

Obat Sariawan Alami

Obat Sariawan Alami

Obat Sariawan Alami – Sariawan atau disebut stomatitis aftosa adalah luka terbuka akibat peradangan di dalam mulut serta menimbulkan rasa sakit. Sariawan di bagi menjadi dua bagian yakni sariawan ulkus aphthous serta sariwan herpes simplex. Sariawan ulkus aphthouse merupakan jenis sariawan yang sering dialami oleh kalangan masyarakat. Sariawa ini mempunyai ciri warna yang pucat atau warna kekuningan. Sariawan iritasi merupakan sariawan yang terjadi akibat adanya iritasi pada mulut yang menyebabkan lapisan mukosa akan menjadi rusak dan mengakibatkan luka pada area mulut.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengaobati sariawan, salah satunya cara mengobati sariawan secara alami, diantaranya:

1. Menggunakan Garam dan Backing Soda
Campurkan backing soda dengan garam, tambahkan dengan sedikit air. Kemudian oleskan pada luka sariawan serta diamkan beberapa menit, setelah itu basuh dengan menggunakan air bersih.

2. Dengan menggunakan kunyit
Tanaman kunyit mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengobati sariawan. Caranya yaitu dengan membuat pasta kunyit, pembuatannya yaitu dengan menghaluskan kunyit kemudian campurkan satu sendok teh gliserin. Kemudian oleskan pada bagian luar sariawan serta lakukan setiap hari secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.
3. Mengkonsumsi buah-buahan
Buah- buahan yang kaya vitamin C, banyak sekali buah- buahan yang mengandung vitamin C. Seperti buah jeruk, tomat, mangga serta masih banyak lagi buah lainnya. Sebab pada dasarnya sariawan terjadi sebagai akibat karena kekurangan vitamin C di dalam tubuh, oleh karena itu cukupilah asupan vitamin C untuk tubuh secara maksimal.
4. Dengan menggunakan Madu
Madu merupakan bahan alami yang sangat ampuh untuk mengatasi sariawan. Adapun caranya pun sangat mudah yaitu dengan oleskan madu pada bagian bibir yang mengalami sariawan sampai merata. Gunakan madu merupakan cara yang aman serta efektif untuk mengobati sariawan tanpa efek samping.
5. Mengkonsumsi Buah Tomat
Sama halnya dengan manfaat madu, tomat juga kaya akan kandungan vitamin C yang berguna untuk mengobati sariawan. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan irisan buah tomat, kemudian mengkonsumsinya secara langsung atau dijadikan sebagai jus tomat.

Adapun Cara Mencegah Sariawan, diantaranya:

1. Selalu menjaga kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut
Yang pertama yakni dengan cara selalu menjaga kebersihan serta kesehatan gigi dan juga mulut. Seperti yang di ketahui salah satu penyebab timbulnya sariawan yaitu karena adanya kuman dan juga bakteri pada gigi ataupun mulut. Oleh karena itu dalam rangka mencegah sariawan sebaiknya Anda menjaga kesehatan gigi dan mulut.

2. Kurangi konsumsi makanan pedas
Sebenarnya dengan konsumsi makanan pedas dapat mengatasi seseorang yang menderita sariawan. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan, makanan pedas akan membuat sariawan menjadi lebih parah. Akan tetapi, dengan mengkonsumsi makanan pedas yang berlebih juga akan menimbulkan gangguan kesehatan lainnya seperti gangguan asam lambung.
3. Gunakanlah sikat gigi yang tepat
Sariawan juga bisa disebabkan karena kesalahan dalam menggosok gigi seperti mulut serta gusi mengalami iritasi pada saat sedang menggosok gigi dengan cepat. Sehingga pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan kontur mulut. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah sariawan.
4. Mengkonsumsi buah secara teratur
Buah mengandung banyak vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang. Konsumsilah buah yang kaya vitamin C supaya sistem kekebalan tubuh akan tetap terjaga kesehatannya. Sumber vitamin C yang terbaik dapat dikonsumsi yaitu buah jeruk, jambu, kiwi, strauberi dan buah lainnya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates