Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab Asam Urat Tinggi

Penyebab Asam Urat Tinggi

Penyebab Asam Urat Tinggi

Penyebab Asam Urat Tinggi

Penyebab Asam Urat Tinggi

Penyebab Asam Urat Tinggi – Apabila tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat ataupun ginjal tidak bisa mengeluarkan asam urat dengan cepat, dengan demikian akan menimbulkan dampak bagi kesehatan. Gangguan kesehatan yang akan timbul akibat tingginya kadar asam urat dalam darah disebut dengan hyperuricemia. Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan serangan gout, akan tetapi tidak semua yang mengalami asam urat yang tinggi mengakibatkan gout serta tidak semua orang yang mengalami gout mempunyai asam urat yang tinggi. Berikut gejala asam urat, diantaranya:

1. Daerah persendian mengalami rasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan mengalami pembengkakan serta peradangan berwarna kemerahan.

2. Timbul rasa nyeri pada sendi yang biasanya akan terjadi di pagi hari pada saat bangun tidur atau pada malam hari.

3. Rasa nyeri akan terjadi secara berulang-ulang.

4. Apabila kasus yang parah, daerah persendian mengalami sakit pada saat akan bergerak.

5. Organ tubuh yang biasanya terserang yaitu sendi jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan ataupun siku.

Tingkat asam urat tinggi akan menyebabkan serangan gout semakin sering. Tingkat asam urat yang tinggi juga akan menyebabkan beberapa orang dapat meningkatkan batu ginjal atau gagal ginjal. Beberapa orang dengan kadar asam urat yang tinggi akan mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung serta penyakit ginjal kronis. Adapun faktor-faktor yang akan menyebabkan kadar asam urat tinggi dalam darah yaitu:

1. Faktor Jenis kelamin
Pria mempunyai resiko lebih besar mengalami gejala serangan asam urat jika dibandingkan dengan wanita. Hal tersebut disebabkan akibat hormon esterogen pada wanita akan menurunkan kadar asam urat dan memperlancar pembuangannya melalui ginjal. Kadar asam urat dalam tubuh pria akan meningkat selama masa puber.

2. Akibat faktor usia
Sebagian besar gangguan asam urat dapat terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40 sampai 50 tahun. Pada kalangan wanita, penyakit ini pada umumnya akan terjadi setelah mengalami masa menopause.  Gangguan asam urat jarang sekali terjadi pada anak-anak serta remaja.

3. Faktor Riwayat keluarga
Seseorang yang mengalami gangguan akibat asam urat, akan mewariskan hal yang sama dengan keturunannya kelak.

4. Faktor konsumsi obat – obatan
Beberapa jenis obat-obatan dipercaya mampu meningkatkan resiko gangguan asam urat, seperti obat-obatan diuretik, aspirin, obat anti-penolakan , akibat mengkonsumsi levodopa, akibat konsumsi niacin, dan lainnya.

5. Akibat konsumsi alkohol
Mengkonsumsi minuman bealkohol dengan dosis sedang sampai tinggi sebanyak 2 gelas per hari untuk pria, atau pun satu gelas per hari untuk wanita, akan meningkatkan potensi resiko asam urat.

6. Faktor Diet
Makanan dengan kandungan zat purin yang tinggi seperti: daging merah, jeroan, ikan kaleng, teri, ikan haring, asparagus, kembang kol, kacang serta jamur akan meningkatkan resiko gangguan asam urat.

7. Faktor Paparan timbal
Paparan timbal dalam tingkat tinggi juga dipercaya dapat mengembangkan resiko gangguan asam urat.

8. Faktor Kondisi kesehatan lainnya
Seseorang yang mempunyai gangguan kesehatan seperti obesitas, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, kolesterol yang tinggi, hypothyroidism atau gangguan tiroid, psoriasis, anemia hemolitik, dan gangguan ginjal dapat memiliki resiko lebih besar untuk terserang gangguan asam urat.
9. Akibat Konsumsi minuman yang terlalu manis
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa minuman yang mengandung fruktosa tinggi akan meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat.

10. Akibat mandi malam
Penyebab asam urat tinggi salah satunya yaitu akibat mandi malam. Bahaya mandi malam memang ternyata akan mengakibatkan asam urat, selain itu mandi malam akan menyebabkan rematik serta berdampak pada berbagai gangguan metabolisme tubuh.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates