Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tidur Ngorok Tanda Tidur Tidak Sehat

Tidur Ngorok Tanda Tidur Tidak Sehat

Tidur Ngorok Tanda Tidur Tidak Sehat

Tidur Ngorok Tanda Tidur Tidak Sehat

Tidur Ngorok Tanda Tidur Tidak Sehat – Mendengkur atau ngorok merupakan sesuatu yang dianggap sebagai gangguan bagi setiap orang. Beberapa hal yang mengakibatkan seseorang mendengkur pada saat tidur, diantaranya:

1. Posisi Tidur Telentang
Ada posisi tidur tertentu yang mengakibatkan terjadi dengkuran. Salah satunya yaitu dengan posisi tidur terlentang. Pada saat seseorang memiringkan badannya, otot- otot serta jaringan tenggorokannya yang sudah rileks sebelumnya langsung naik menuju saluran aliran udaranya.

2. Akibat Gangguan Hidung
Sebagian orang orang yang mendengkur yaitu mengalami kondisi gangguan pada hidung. Gangguan pada hidung ini akan berupa hidung tersumbat pada saat demam atau flu, serta polip.

3. Akibat Gangguan Tenggorokan
Gangguan tenggorokan bisa merupakan gejala amandel yang membesar serta juga adenoid. Amandel yang membesar serta adenoid akan memperbesar jaringan dalam tenggorokan sehingga dapat menyebakan mendengkur.

4. Faktor usia
Apabila usia tua, banyak sekali perubahan tubuh yang terjadi pada manusia. Tidak hanya timbul perubahan dalam bentuk fisik, akan tetapi juga perubahan beberapa fungsi bagian tubuh, serta bagian tubuh tertentu akan kehilangan fungsinya seperti semula. Usia tua menjadi penyebab timbulnya dengkuran. Pada wanita menopause akan mengalami kehilangan hormon progesteron serta menyebabkan turunnya kelenturan otot dan juga pada akhirnya menyebabkan kondisi mendengkur.

5. Berat Badan Lebih
Pada orang yang obesitas, dalam tubuhnya terkandung lemak yang tertimbun serta akan semakin meningkat.

6. Mengkonsumsi Obat Penenang
Beberapa obat dapat menekan sistem saraf pusat dengan demikian otot- otok akan menjadi lebih kendor. Pada saat otot- otot ini menjadi kendor, sehingga akan menimbulkan resiko terjadinya dengkuran.

7. Akibat Gaya Hidup yang Tidak Sehat
Gaya hidup tidak sehat yang akan memicu timbulnya dengkuran pada saat tidur. Selain sedikitnya gerak tubuh yang dilakukan manusia, gaya hidup yang tidak sehat juga berupa kebiasaan merokok serta banyak mengonsumsi minuman beralkohol.

Beberapa Cara Mengatasi Mendengkur pada saat Tidur, diantaranya:
1. Tidur dengan Posisi Menyampig
Apabila posisi telentang menjadi posisi yang rentan menimbulkan efek dengkuran.

 
2. Lakukan Posisi Kepala diangkat pada saat Tidur
Banyak orang yang mendengkur akibat posisi kepala mereka yang berada ataupun terletak jauh ke belakang dari letak bantal. Gunakan bantal yang lebih tinggi agar dapat menopang kepala. Tinggikan letak kepala setidaknya 4 inchi dari posisi semula, keadaan seperti ini akan membantu membersihkan penghalang pada bagian tenggorokan, dengan demikian meminimalkan terjadinya dengkuran.
3. Selalu Bersihkan Sinus
Pembersihan sinus ini harus dilakukan pada saat menjelang tidur. Dengan membersihkan sinus dapat untuk memperlancar aliran udara pada bagian sinus yang merupakan penyebab utama terjadinya dengkuran.
4. Menggunakan Kontrol Udara di dalam Kamar
Udara yang terlalu kering sering menjadi penyebab dengkuran akan menjadi semakin parah. Dengan demikian, kontrol udara dapat dijadikan solusi yang baik untuk meminimalisir parahya terjadi dengkuran.
5. Lakukan Menghirup Uap Air sebelum Tidur
Menghirup uap air bermanfaat untuk membersihkan rongga hidung supaya dapat menghirup udara dengan lega. Dengan demikian akan memperlancar pernafasan serta Anda terhindar dari dengkuran.
Itulah beberapa cara yang dapat dilaksanakan untuk meminimalisasi dengkuran yang terjadi pada saat tidur. Selin cara- cara tersebut, masih ada beberapa cara lain contohnya senam tenggorokan, bernyanyi, menurunkan berat badan untuk menghindari obesitas, memperhatikan pola makan, hindari alkohol, dan lainnya. Cobalah untuk melaksanakan hal- hal tersebut diatas sebagai terapi untuk menyembuhkan kebiasaan mendengkur Anda.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates