Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Mencegah Diare Pada Bayi Dan Balita

Cara Mencegah Diare Pada Bayi Dan Balita

Cara Mencegah Diare Pada Bayi Dan Balita

Cara Mencegah Diare Pada Bayi Dan Balita

Cara Mencegah Diare Pada Bayi Dan Balita

Cara Mencegah Diare Pada Bayi Dan Balita – Diare merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian pada bayi atau balita. Hal tersebut akibat kondisi bayi serta balita akan kekurangan cairan kemudian menjadi dehidrasi.
Penyebab diare yang terjadi pada bayi serta balita kemungkinan akan sama, yaitu infeksi usus. Selain itu akiat alergi ataupun tidak cocok dengan suatu menu makanan, alergi atau tidak cocok dengan suatu obat tertentu, mengkonsumsi jus buah terlalu banyak, akibat keracunan suatu makanan. Bayi dan juga balita mempunyai daya tahan tubuh yang masih dalam perkembangan, dengan demikian akan lebih mudah tertular penyakit maupun terkena infeksi. Berikut pencegahan yang dapat dilakukan:

1. Dengan Pencegahan dari Infeksi bakteri dan Kuman
Kontrol setiap makanan serta minuman yang akan dikonsumsi oleh bayi atau balita apakah makanan atau minuman itu bersih atau tidak. Jika bayi ataupun balita bermain di lantai, dengan demikian pastikan untuk membersihkan lantai secara teratur. Semua benda atau mainan yang ada di lantai pun harus selalu dibersihkan agar bayi ataupun balita dapat terjaga kebersihannya meskipun kerap memegang benda-benda yang ada.

2. Pencegahan yang penyebab Kontaminasi
Dalam mengkonsumsi makanan atau minun, dianjurkan untuk mengecek selalu tanggal kadaluwarsa, yang sudah melewati dari tanggal kadaluwarsa harus segera dibuang. Pastikan gunakan bahan-bahan makanan yang segar sebelum mengolahnya untuk menjadi sebuah masakan. Bersihkan kamar mandi serta dapur secara teratur sebab kedua ruangan tersebut merupakan yang paling rentan untuk dipenuhi bakteri serta virus. Apabila memelihara kuku yang panjang, jangan lupa untuk selalu jaga kebersihannya.

3. Diharapkan dapat mencegah Penularan
Gunakanlah alat makan sendiri yang berbeda meskipun masih dalam 1 keluarga. Selain itu, mandi serta cuci muka pun dianjurkan untuk tidak berbagi handuk yang sama.

Solusi untuk Penyakit Diare

1. Solusi Diare pada Bayi Berusia kurang dari 1 Tahun
a. Pastikan Bayi Mendapat Cukup Cairan
b. Memperhatikan Setiap Makanan yang dikonsumsi ke dalam Tubuh Bayi
c. Jangan terlambat Menghubungi Dokter

2. Solusi Diare pada usia lebih dari 1 Tahun

3. Memperhatikan Kebersihan Minuman dan Makanan pada balita

4. Dianjurkan untuk Membuat Air Tajin
Solusi lain yang dapat dilakukan yaitu bayi diberikan air tajin. Untuk para ibu yang masih awam serta belum tahu cara membuat larutan ini, silahkan siapkan tepung beras sebanyak 100 gr ataupun setara dengan 6 sendok makan, berikut juga air matang sebanyak 2 liter serta garam dapur satu sendok teh saja. Semua bahan dapat dicampur pada 1 wadah yang sama untuk direbus dengan demikian akhirnya menjadi yang namanya air tajin.

5. Jangan lupa Membuat Oralit
Untuk mengatasi diare serta mencegah dehdrasi, cairan gula garam atau oralit dapat diberikan pada bayi atau balita penderita diaer. Untuk para ibu yang belum pernah membuat larutan oralit ini, caranya sangat mudah untuk dilaksanakan. Yaitu siapkan air panas sekitar 200 ml ataupun setara dengan 1 gelas, garam dapur sebanyak ¼ sendok teh, dan gula pasir sebanyak satu sendok teh. Semua bahan dapat dicampur pada sebuah wadah dan aduklah hingga bahan tercampur rata. Kemudian diminumkan ke bayi atau balita penderita diare.
Jangan biarkan sang anak dibiarkan dalam kondisi dehidrasi. Dehidrasi bisa terjadi ketika ia tidak mau menyusu, terus muntah yang bahkan sehari sehari bisa dua kali atau lebih serta diare dalam sehari bisa hingga enam kali lebih. Maka tidak perlu takut-takut untuk lanjut memberi minum susu atau makan si kecil seperti biasa meskipun akhirnya ia muntah. Akan tetapi apabila orang tua merasa kesulitan, akan lebih baik untuk segera membawa sang bayi ke dokter serta melakukan konsultasi agar penanganannya bisa tepat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates