Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Konsumsi Minuman Bersoda

Dampak Konsumsi Minuman Bersoda

Dampak Konsumsi Minuman Bersoda

Dampak Konsumsi Minuman Bersoda

Dampak Konsumsi Minuman Bersoda – Bahaya mengkonsumsi minuman soda untuk kesehatan sudah pasti tidak boleh dianggap sepele. Berikut beberapa dampak minum minuman bersoda:

1. Dapat menyebabkan obesitas hingga perut bisa buncit
Kandungan gula dalam satu porsi minuman bersoda sama dengan mengandung sekitar 4 kali lipat gula dalam minuman manis lainnya. Hal demikian ini memberikan kalori berlebih pada tubuh serta mengakibatkan tubuh menjadi obesitas dan juga perut buncit. Dampak ini dapat terjadi baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

2. Dapat merusak ginjal
Pewarna yang ada dalam minuman bersoda tidak baik untuk kesehatan ginjal, karena dapat merusak ginjal.

3. Memnyebabkan gigi membusuk
Kandungan karbonisasi dalam minum-minuman bersoda akan membuat gigi menjadi rusak bahkan akan membusuk.

4. Minuman bersoda tidak mengandung vitamin
Minuman bersoda di dalamnya hanya mengandung gula sebagai perasa manis, kafein serta tambahan perasa buah saja. Dengan demikian minuman ini tidak akan memberi efek positif sama sekali bagi tubuh.

5. Menyebabkan menurunnya kualitas sperma bagi pria
Apabila pria mengkonsumsi minuman bersoda secara sering ataupun bahkan rutin dengan demikian kemungkinan besar akan mengalami penurunan kualitas sperma, sehingga menimbulkan kemandulan.

6. Menyebabkan tulang mudah rapuh
Mengkonsumsi minuman bersoda akan membuat tulang menjadi rapuh. Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang secara diam-diam akan merapuhkan serta mengikis tulang, dengan demikian menyebabkan osteoporosis.

7. Mengakibatkan tubuh mudah sakit
Kandungan berbahaya dalam minuman bersoda akan membuat virus dan bakteri untuk berkembang secara baik di dalam tubuh kita, sehingga akan mudah sekali terserang penyakit.
8. Dapat menyebabkan kecanduan
Kandungan kafein yang akan membuat kita melek serta mengundang kita untuk minum minuman bersoda agar menghilangkan rasa kantuk, dengan demikian membuat seseorang ketagihan.
9. Dapat meningkatkan produksi urin
Dampak negatif dari minuman bersoda bagi pencernaan mineral dalam tubuh yaitu akan meningkatkan produksi urin dimana akan membuat kita mengalami dehidrasi.
10. Dapat menipiskan lapisan lambung
Lambung yang mengandung asam dapat terkikis lapisannya serta menyebabkan pencernaan makanan terganggu. Dengan demikian menimbulkan rasa mulas atau sakit perut hingga membuat produksi gas dalam lambung meningkat.
11. Dapat menimbulkan gangguan pada jantung
Minuman bersoda mempunyai efek buruk pada organ jantung. Kandungan natrium pada minuman bersoda akan merusak kekuatan jantung serta dapat membuat gagal jantung ataupun penyakit jantung dadakan.
12. Dapat memicu penyakit asam surat
Kandungan fruktosa dalam minuman bersoda akan memicu penyakit asam urat.
13. Mengakibatkan penuaan dini
Kandungan asam dalam minuman bersoda akan membuat kulit menjadi keriput atau penuaan dini.
14. Menimbulkan diabetes
Selain kandungan soda yang dapat merapuhkan tulang, minuman ini dapat menimbulkan diabetes, sebab mengandung pemanis buatan yang sangat tinggi.
15. Menimbulkan kecacatan serta kematian pada janin bagi ibu hamil
Ibu yang sedang hamil apabila mengkonsumsi minuman bersoda akan membuat adanya kemungkinan janin mengalami kecacatan. Akan tetapi yang paling parah yaitu janin akan mati akibat ibu yang gemar mengkonsumsi minuman bersoda.
16. Pada ibu hamil akan menderita diabetes gestasional
Khusu ibu hamil, konsumsi minuman bersoda akan membuat ia mengalami penyakit diabetes gestasional. Diabetes khusus yang akan berpengaruh pada janin dalam kandungan juga air susu ibu di dalam tubuh.
Dampak minuman bersoda memang tidak terasa serta tidak terlihat secara langsung. Akan tetapi dampaknya dapat merusak organ tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk sebagian orang, mengkonsumsi minuman bersoda akan menghilangkan kesadaran untuk beberapa menit. Minuman bersoda bukanlah minuman sehat meskipun peredarannya sangat bebas dan bisa dibeli dimanapun.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates