Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Minum Kopi Bagi Kesehatan

Dampak Minum Kopi Bagi Kesehatan

Dampak Minum Kopi Bagi Kesehatan

Dampak Minum Kopi Bagi Kesehatan

Dampak Minum Kopi Bagi Kesehatan – Kopi ternyata dapat berbahaya bagi kesehatan apalagi bagi kesehatan wanita. Berikut ini kandungan berbahaya yang terdapat dalam kopi, diantaranya:

1. Kandungan Kafein
Kafein adalah stimulan Sistem Saraf Pusat (SSP). Kafein tidak hanya terdapat dalam kopi saja, akan tetapi terdapat di berbagai minuman seperti softdrink, teh, coklat dan lainnya. Selain itu kafein terdapat dalam beberapa obat contohnya obat diet, sakit kepala dan lainnya. Kafein berbahaya untuk tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan serta terus -menerus. Dampak lain yaitu akan kesulitan untuk tidur atau hingga insomnia, merasa gelisah, cemas dan lainnya.

2. Kandungan Niacin
Niacin adalah bentuk lain dari vitamin B3. Niacin tidak hanya terdapat dalam kopi akan tetapi dapat terkandung pada daging, telur. Apabila konsumsi niacin secara berlebihan dpat sangat berbahaya bahkan akan menyebabkan gagal ginjal serta harus melakukan tranplantasi ginjal.

3. Menyebabkan gangguan pencernaan
Mengkonsumsi kafein terlalu banyak dapat membuat kerusakan pada lambung. Selain itu meminum kopi sebelum makan juga menimbulkan mual dan menyebabkan maag menjadi kambuh dan juga menyebabkan sembelit serta sakit perut.

4. Menimbulkan kerusakan pada tulang
Setiap mengkonsumsi sekitar 350 mg kafein dapat mengurangi jumlah kalsium pada tubuh hingga 5 mg. Dengan demikian mengkonsumsi kopi dengan jumlah yang banyak akan berbahaya untuk kesehatan tulang, sebab akan menimbulkan pengeroposan pada tulang.

5. Dapat mengurangi keindahan gigi
Meminum kopi dapat menyebabkan gigi kuning, berkarang sampai hitam.

6. Menimbulkan kelainan pada payudara
Pada saat kopi terlalu banyak dikonsumsi sehingga akan membuat payudara mengendur dan mengecil. Selain itu juga dibagian tertentu payudara dapat menjadi padat sebab kelainan pada perubahan fibrokistik dan juga menyebabkan beberapa tonjolan pada payudara yang akan menimbulkan rasa tidak nyaman serta sakit.
7. Menimbulkan Premenstual Syndrom atau PMS
Sindrom ini biasa terjadi 2 minggu sebelum menstruasi serta berhenti setelah darah keluar akan tetapi ada yang mengalami hingga setelah menstruasi atau haid. Kafein dalam kopi akan memperparah gejala PMS, dengan gejala sakit kepala, nyeri serta kembung.
8. Menyebabkan Wanita Sulit Hamil
Supaya sel telur sampai ke rahim dengan demikian diperlukan kontraksi saluran telur. Saluran ini akan terhambat jika telalu banyak mengkonsumsi kafein, karena akan merusak jalur trasnportasi sel telur dari ovarium menuju rahim, sehingga akan sulit hamil.
9. Menyebabkan Gangguan Kehamilan
Telah diketahui, setiap seorang ibu hamil mengkonsumsi kafein kurang lebih sebanyak 100 miligram selama kehamilan dapat mengurangi bobot bayi sebesar 28 gram serta akan membuat waktu kelahiran bayi akan menjadi lebih lama yaitu kurang lebih sekitar 5 jam.
10. Menyebabkan Keguguran
Apabila ibu hamil mengkonsumsi lebih dari 300 mg kafein dapat meningkatkan risiko sebanyak dua kali lipat mengalami keguguran.
11. Menimbulkan kelainan pada bayi
Untuk seseorang yang sedang mengandung ketahuilah apabila mengkonsumsi kopi terlalu banyak selama beberapa hari pertama akan menyebabkan bayi kesulitan tidur serta denyut jantungnya akan lebih cepat. Bayi yang akan lahir bisa saja lahir prematur. Alangkah baiknya setelah melahirkan sampai bayi sudah tidak menyusui, ibu harus mengurangi konsumsi kopi.
Ternyata kopi dapat berbahaya bagi Kesehatan dan juga Kecantikan Wanita. Kopi yang mengandung kafein tentunya tidak baik untuk kesehatan, bahkan sekali kopi tersebut dekafein tetap akan terkandung kafein didalamnya meskipun lebih sedikit dari kafein. Apabila kopi dikonsumsi sebanyak 80-100 gelas dalam satu hari bisa menimbulkan kematian. Untuk anda yang menyukai kopi karena kopi dapat menguras air dalam tubuh sebagai penggantinya minumlah dua gelas air mineral setelah meminum secangkir kopi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates