Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Penyakit Yang Menyerang Telinga

Jenis Penyakit Yang Menyerang Telinga

Jenis Penyakit Yang Menyerang Telinga

Jenis Penyakit Yang Menyerang Telinga

Jenis Penyakit Yang Menyerang Telinga – Telinga adalah salah satu indera manusia selain kulit, lidah, mata serta hidung. Telinga berfungsi sebagai indera pendengar serta penjaga keseimbangan. Telinga memiliki batasan frekuensi untuk dapat mendengar, yaitu diantara 20 Hz – 20.000 Hz. Telinga dibagi menjadi tiga bagian, diantaranya:telinga bagain luar, telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam.

Adapun jenis penyakit pada telinga, diantaranya:

1. Penyakit Othematoma
Penyebab penyakit ini yaitu akibat kelainan genetis. Sejak lahir penderita yang mengalami othematoma tidak memiliki aurikel serta kanal auditori. Penyakit ini ditandai akibat adanya gangguan tulang rawan pada daun telinga serta biasanya disertai dengan pendarahan.


2. Penyakit Neuroma Akustikus

Merupakan suatu penyakit tumor yang akan menyerang saraf penghubung telinga dengan otak. Dengan gejala awal berupa gangguan saraf pada pendengaran, telinga akan berdengung dan hilangnya keseimbangan.3. Penyakit Meniere
Merupakan suatu penyakit pada telinga bagian dalam yang terjadi akibat kantung endolimfatikus mengalami pembengkakan sebagai dampak penumpukan cairan di dalam telinga. Dengan gejala berdengung atau tinnitus, mengalami gangguan pendengaran serta pusing.

4. Penyakit Perindokriti
Penyakit ini akan hampir sama dengan penyakit Othematoma. Perbedaannya adalah peyakit Othematoma disebabkan akibat kelainan genetis, akan tetapi Perindokritis disebabkan oleh adanya infeksi.

5. Terjadi Infeksi Telinga

Merupakan suatu jenis penyakit telinga yang pada umumnya terjadi. Infeksi dapat diakibatkan bakteri serta virus yang masuk ke dalam telinga manusia. Infeksi telinga ini akan menyerang setiap bagian telinga.
6. Terjadi Infeksi Telinga Luar (Otitis Externa)
Infeksi telinga luar akan disebabkan akibat kebersihan yang buruk contohnya mengorek telinga secara berlebihan ataupun membiarkan kotoran telinga menumpuk. Gejalanya yaitu sakit pada telinga, sakit pada saat membuka mulut dan gangguan pendengaran jika terjadi pembengkakan pada liang telinga.
7. Terjadi Infeksi Telinga Tengah (Otitis Media)
Merupakan suatu penyakit yang akan menyebabkan telinga bagian tengah mengalami peradangan. Otitis media diakibatkan oleh infeksi saluran pernafasan akibat virus dan bakteri penyebab infeksi menyebar serta melewati saluran eustachius. Denga demikian menyebabkan gangguan berupa peradangan, pembengkakan saluran sampai gangguan pendengaran.
8. Penyakit Tinnitus
Adalah suatu gejala timbulnya bunyi seperti desiran, dengungan ataupun suara lain dalam telinga. Apabila dibiarkan dapat menimbulkan penyakit yang sangat berbahaya seperti penyakit munculnya tumor pada telinga.
9. Penyakit Kanker Telinga Luar
Kanker ini dapat menyerang jaringan kulit serta terjadi pada tepi bagian atas telinga bagian luar yang akan terlihat dari adanya luka koreng yang tidak teratur disertai pengerasan kulit.
10. Penyakit Kanker di Liang Telinga
Gejala kanker pada liang telinga ditunjukkan dengan adanya cairan pada liang telinga, terjadi gangguan pendengaran, sakit pada telinga serta terkadang akan menyebabkan kelumpuhan wajah.
11. Kanker Telinga Tengah
Gejala kanker pada telinga tengah dapat ditandai dengan: terdapat cairan pada telinga dalam waktu yang lama, terdapat cairan disertai dengan darah, terjadi gangguan pendengaran serta kelumpuhan wajah.
12. Penyakit Otosklerosis
Merupakan suatu penyakit terjadi penumpukan jaringan spons pada telinga tengah yang dapat mengurangi penghantaran suara pada telinga.
13. Terjadi Tuli Konduksi
Merupakan kondisi yang terjadi jika telinga tidak dapat mendengar akibat adanya gangguan pada penghantaran getaran suara.
14. Penyakit Herpes Zozter Otitis
Penyakit ini diakibatkan oleh virus varicella zoster yang menjadi penyebab cacar air serta penyakit telinga. Herpeps Zozter Otitis terjadi akibat infeksi viral yang menyebar ke syaraf wajah serta telinga dalam. Gejalanya yaitu rasa sakit pada telinga, kemerahan di daerah telinga serta wajah yang terkadang mati rasa.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates