Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Manfaat Dari Daun Seledri

Ketahui Manfaat Dari Daun Seledri

Ketahui Manfaat Dari Daun Seledri

Ketahui Manfaat Dari Daun Seledri

Ketahui Manfaat Dari Daun  Seledri – Tumbuhan seledri merupakan tanaman yang termasuk ke dalam jenis sayuran. Berikut jenis seledri diantaranya: seledri daun, potongan serta berumbu. Pada umumnya tanaman seledri dipanen pada saat berumur enam bulan. Berikut beberapa manfaat daun seledri, diantaranya:

1. Dapat menurunkan tekanan darah.
Daun seledri bermanfaat untuk penderita hipertensi. Kandungan yang ada dalam daun seledri yaitu phthalides berguna sebagai menurunkan tekanan darah 12 hingga 14%. Daun seledri juga mengandung Flavonoid, yakni kandungan yang berguna untuk anti peradangan serta apat menurunkan hormon stres dalam darah.

2. Dapat membantu menjaga kesehatan tulang serta gigi
Kandungan daun seledri yang kaya kandungan vitamin K bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kalsium serta magnesium akan membantu kesehatan tulang serta gigi dan sendi. Kandungan seledri juga yaitu Poliasetilen yakni sebagai zat anti radang yang dapat mengurangi pembekakan serta nyeri pada tulang dan sendi. Bermanfaat juga untuk reumatik serta penyakit asam urat. Sifat deuretik yang ada dalam tanaman seledri juga mampu menghilangkan kristal asam urat dari seluruh sendi – sendi serta tulang, dan juga berguna untuk penyembuhan penyakit batu ginjal.

3. Dapat menurunkan kadar kolesterol
Seledri juga bermanfaat untuk diet, cukup dengan mengkonsumsi dua batang seledri setiap hari. Dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, selain itu dapat menurunkan tingkat kolesterol LDL (kolesterol jahat) serta dapat membantu meningkatkan sekresi asam empedu yang akan menghilangkan kolesterol dari tubuh.

4. Sebagai anti kanker
Hasil penelitian menyimpulkan, seledri dapat melawan kanker ovarium. Seledri terdapat beberapa senyawa yang bermanfaat sebagai anti kanker. Selain itu juga, ada senyawa kumarin yang berguna apat mencegah kerusakan sel sebagai akibat radikal bebas. Dalam senyawa asetylenics serta asam fenolik juga akan membantu mencegah tumbuhnya sel tumor untuk berkembang ke tahap yang lebih parah ke arah kanker. Kandungan apigenin serta luteolin, akan menurunkan resiko terkena penyakit kanker serta penyakit jantung.

5. Sebagai obat penurun panas
Manfaat yang lainnya dalam seledri yaitu dapat menurunkan demam dengan cara mengompresnya.
6. Sebagai perawatan untuk penyakit stroke serta parkinson.
Hasil penelitian menyimpulkan yaitu, seledri mempunyai efek positif dalam menurunkan kerusakan pada saraf yang diakibatkan oleh penyakit parkinson serta stroke.
7. Sebagai perawatan penyakit Alzeimer
Dengan mengkonsumsi seledri dapat memperlambat serta menghambat perkembangan penyakit alzeimer, karena seledri mengandung senyawa efektif yang akan melindungi sel saraf pada manusia.
8. Akan menghilangkan stress
Kandungan natrium dalam seledri berguna sebagai pelarut untuk melepaskan deposit kalsium yang mengendap pada sendi serta ginjal. Selain itu, mengandung magnesium yang berguna menghilangkan stress, serta mampu menghancurkan radikal bebas sebagai pemicu kanker.
9. Dapat menurunkan resiko peradangan otak
Kandungan seledri yaitu luteolin yang akan menurunkan resiko terkena peradangan pada otak. Luteolin juga berperan untuk mencegah hilangnya ingatan ataupun mengurangi resiko pikun akibat peradangan otak.
10. Kandungannya mempunyai sifat deuretik
Kandungan kalium dan sodium dalam seledri berguna sebagai deuretik serta akan mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh. Untuk ginjal bermanfaat memiliki efek diuretik yang membantu mencegah serta membuang batu ginjal dan batu empedu.
11. Akan membantu mengatasi insomnia
Kandungan mineral basa ataupun alkali dalam tanaman seledri mempunyai efek menenangkan pada sistem saraf serta menurunkan stres dan juga kecemasan. Dampak ini sangat bermanfaat untuk para penderita insomnia ataupun gangguan susah tidur. Kandungan mineralnya dalam tanaman seledri juga berguna untuk menjaga keseimbangan PH darah.
12. Akan membantu mengembalikan keseimbangan tubuh
Sebagai minuman elektrolit yang akan mengembalikan kondisi tubuh setelah diare. Disamping itu manfaat daun seledri untuk wajah yakni dapat mencegah kerutan pada kulit wajah.
13. Dapat bermanfaat seledri sebagai pencahar alami
Adanya kandungan serat serta air yang cukup banyak maka berguna sebagai pencahar alami. Seledri juga mempunyai sifat laksatif ataupun pencahar. Selain itu dapat mengatasi masalah sembelit ataupun susah buang air besar.
14. Dengan Minyak Seledri Berguna sebagai Aromaterapi
Seluruh bagian pada sayur seledri dapat digunakan untuk pengobatan. Minyak seledri memiliki khasiat yang baik sebagai obat pada sistem saraf pusat serta digunakan sebagai  aromaterapi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates