Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat dan Efek Samping Daun Alpukat Bagi Kesehatan

Manfaat dan Efek Samping Daun Alpukat Bagi Kesehatan

Manfaat dan Efek Samping Daun Alpukat Bagi Kesehatan

Manfaat dan Efek Samping Daun Alpukat Bagi Kesehatan

Manfaat dan Efek Samping Daun Alpukat Bagi Kesehatan – Banyak orang yang sudah meyakini khasiat daun alpukat yang dapat digunakan untuk pengobatan herbal serta bahkan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Sudah sejak dulu, masyarakat Indonesia telah melakukan serangkaian upaya dalam penanggulangan penyakit dengan menggunakan bahan dari alam sebagai pengobatan tradisional. Salah satunya yakni daun alpukat. Berikut manfaat daun alpukat diantaranya:

1. Dapat Membasmi Batu ginjal
Kegunaan daun alpukat yang paling ampuh yaitu untuk batu ginjal, kandungan berbagai zat penting di dalam daun alpukat akan membantu membasmi batu ginjal. Seperti kandungan alkolid, flavonoid serta saponin merupakan zat yang sangat ampuh dalam menghancurkan batu ginjal dengan demikian akan meningkatkan fungsi ginjal.

2. Dapat menghaluskan kulit
Daun alpukat merupakan salah satu herbal yang akan memberikan efek baik bagi kulit, utamanya efektif dalam membuat kulit halus. Kandungan zat antioksidan di dalam daun alpukat juga sangat baik untuk membantu membersihkan kulit serta pori-pori kulit sehingga bersih serta halus.

3. Untuk kulit wajah kering
Seperti dengan perannya untuk menghaluskan kulit, kulit wajah yang kering juga akan ditreatment dengan daun alpukat.

4. Dapat Mengobati Sakit pinggang
Daun alpukat juga mempunyai khasiat untuk mengobati sakit pinggang, sakit pinggang sangat efektif diobati dengan daun alpukat.

5. Dapat Meredakan Bengkak
Bengkak akan disembuhkan dengan pemanfaatan daun alpukat, kandungan zat Querstin dalam daun alpukat sangat efektif membantu meredakan bengkak yang telah terjadi di bagian kulit serta tubuh lainnya.
6. Dapat Membantu Menurunkan Hipertensi
Daun alpukat bisa digunakan untuk mengobati hipertensi atau menurunkan tekanan darah tinggi. Adapun caranya sangat mudah yakni rebus daun alpukat dengan 5-6 helai daun alpukat, rebus dalam dua gelas air sampai tinggal satu gelas, minum secara rutin sampai tekanan darah menurun.
7. Dapat Menghilangkan Sariawan
Caranya yaitu dengan menggigit daun alpukat muda ssampai halus lalu tempel pada sariawan anda kemudian biarkan sampai 5-10 menit, lakukan tiga kali sehari serta rasakan bedanya.
8. Sebagai Penghitam rambut, dengan caranya cukup mudah yakni dengan menghaluskan daun alpukat muda kemudian gosokkan pada rambut secara merata dengan waktu selama 10 menit, kemudian bilas atau segera mandi.
9. Untuk Gigi berlubang
10. Dapat mengobati kencing manis (diabetes melitus)
11. Sebagai Lemak tak jenuh
12. Dapat mengingkatkan kesuburan pada wanita
13. Mempunyai kandungan asam oleat yang tinggi
Selain untuk kesehatan, daun alpukat segar juga sering digunakan sebagai bumbu serta juga dapat digunakan untuk membuat daging barbekyu. Hal ini masih mempunyai manfaat atau dampak terhadap kesehatan meskipun dikonsumsi secara tidak langsung. Di tempat-tempat lain juga, daun alpukat biasanya dapat digunakan dalam masakan rebus serta dalam sayur sup, dimana masih akan mempunyai manfaat untuk kesehatan meskipun dengan pengolahan yang berbeda.
 Efek Samping dalam Daun Alpukat
Menjadi suatu hal penting untuk diketahui bahwa terdapat beberapa pertanyaan mengenai toksisitas yang terkandung dalam daun alpukat. Beberapa hasil penelitian menyimpulkan bahwa daun yang dapat diambil dari beberapa jenis tanaman alpukat ini, mempunyai potensi menghasilkan efek toksik atau disebut mempunyai efek racun. Sebagai contohnya sebagai berikut, beberapa ahli menimpulkan bahwa dalam tanaman alpukat Guatemala menghasilkan daun yang dapat menjadi racun, akan tetapi tanaman alpukat Meksiko tergolong aman. Bahkan dalam suatu kasus tanaman alpukat Guatemala, banyak ahli menyimpulkan bahwa toksisitas hanya mungkin apabila daun dikonsumsi dalam jumlah yang besar ataupun banyak.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates