Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Dan Efek Samping Konsumsi Kunyit

Manfaat Dan Efek Samping Konsumsi Kunyit

Manfaat Dan Efek Samping Konsumsi Kunyit

Manfaat Dan Efek Samping Konsumsi Kunyit

Manfaat Dan Efek Samping Konsumsi Kunyit – Kunyit mempunyai banyak kegunaan untuk kesehatan tubuh manusia. Kunyit disebut dengan kurkuminoid, dimana senyawa kunyit yang terdiri dari: kurkumin serta desmetoksikumin, Bisdesmetoksikurkumin, Minyak atsiri yang terdri dari: Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon, Zingiberen, felandren, sabinen, borneol serta sineil. Kandungan kunyit juga terdapat lemak sebanyak, kandungan karbohidrat sebanyak, kandungan Protein, kandungan Pati, kandungan Vitamin C serta garam-garam mineral, yakni zat besi, fosfor dan juga kalsium. Kunyit terbagi menjadi beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda untuk kesehatan yaitu, diantaranya: Kunyit Putih, Kunyit Merah, Kunyit Hitam serta Kunyit Kuning.
Kurkumin serta Minyak atsiri merupakan kandungan utama dalam kunyit yang berkhasiat untuk mengobati hepatitis, sebagai antioksidan, mengobati gangguan pencernaan, sebagai anti mikroba, sebagai anti kolesterol, sebagai anti HIV, sebagai anti tumor, dapat menghambat perkembangan dari sel tumor payudara, dapat menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar, sebagai anti invasi, sebagai anti rheumatoid arthritis atau rematik, Diabetes mellitus, mengobati tifus, mengobai usus buntu, mengobati disentri, mengobati keputihan, Haid tidak lancar, mengobati perut mulas saat haid, dapat memperlancar ASI, mengobati Maag, Amandel serta masih banyak fungsi lainnya. Dibalik akan kaya manfaat yang ada dalama kunyit, kunyit juga mempunyai efek samping yang kurang baik untuk tubuh manusia apabila salah dalam proses penggunaannya, diantaranya:
1. Akan menyebabkan gangguan sistem pencernaan, efek ini akan muncul apabila mengkonsumsi kunyit dalam waktu yang lama dan dengan dosis yang berlebihan, sehingga untuk menghindari terjadinya gangguan pencernaan alangkah baiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.
2. Menyebabkan alergi, untuk yang mempunyai alergi dengan mengkonsumsi kunyit dapat membuat kulit gatal-gatal yang mula ditandai dengan timbulnya bercak merah.
3. Menimbulkan dampak bagi wanita hamil atau menimbulkan rangsangan pada rahim
Untuk para wanita hamil serta menyusui untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi kunyit. Konsumsi kunyit yang terlalu banyak akan menstimulasi rahim dengan mendorong aliran menstruasi.
4. Hindari konsumsi kunyit saat kemoterapi, sebuah studi menunjukan kunyit mempunyai kemampuan menurunkan efek dari kemoterapi, sehingga bagi anda yang sedang melakukan kemoterapi alangkah baiknya hindari makanan serta minuman yang mengandung kunyit, agar efek dari kemoterapi tidak akan berkurang.
5. Dapat meningkatkan jumlah produksi asam lambung, sangat tidak dianjurkan untuk penderita maag serta gangguan lambung mengkonsumsi kunyit secara berlebihan sebab kunyit dapat meningkatkan jumlah produksi asam lambung. Apabila seseorang mengkonsumsi kunyit dalam jangka waktu yang lama, akan mengakibatkan terganggunya lambung kita yang diakibatkan oleh sifat pedas yang ada dalam kunyit.
6. Kandunganny sulit diserap tubuh
Zat-zat yang ada dalam kunyit akan cenderung sulit diserap oleh tubuh kita dengan demikian tubuh kurang mendapatkan manfaat yang maksimal dari konsumsi kunyit ini.
7. Menyebabkan pendarahan
Kunyit mempunyai fungsi sebagai penghambat penggumpalan trombosit dengan demikian dapat membantu mencegah penggumpalan darah. Akan tetapi akibat sifat ini, kunyit juga dapat memicu terjadinya pendarahan apabila dosis yang digunakan terlalu berlebihan.
Salah satu cara terbaik untuk dapat menghindari efek samping atau dampak akibat mengkonsumsi kunyit dan juga untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari mengkonsumsi kunyit yaitu untuk mengetahui efek samping kunyit dengan demikian kita apat meminimalisir atau dapat menghindari sesuatu dampak atau akibat hal-hal yang tidak kita inginkan terhadap kesehatan tubuh kita.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates