Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan – Sarapan pagi merupakan salah satu bagian terpenting dalam menjalani aktivitas sehari- hari. Sarapan pagi sangat penting karena merupakan pangkal nutrisi untuk tubuh manusia. Dengan sarapan pagi yang biasa dilakukan merupakan pasokan energi dalam memulai aktivitas. Suatu aktivitas yang telah ditunjang oleh nutrisi akan membuat kegiatan berjalan baik. Berikut beberapa manfaat sarapan pagi untuk kesehatan:

1. Sebagai Sumber Energi
Selain dapat membrikan nutrisi untuk tubuh kita, sarapan pagi juga dapat membantu seseorang dalam memberikan energi tambahan yang akan menunjang aktivitas sepanjang hari.

2. Dapat Mengontrol Berat Badan dan Diet
Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa sarapan pagi akan membantu dalam hal diet. Karena dengan mengisi perut pada pagi hari maka ia dapat menekan nafsu makan pada siang hari.

3. Mengembalikan Metabolisme Tubuh
Selama tidur kita tidak makan sama sekali, dengan demikian pada pagi hari, kadar gula dalam tubuh akan menurun drastis. Karbohidrat yang dikonsumsi pada pagi hari yaitu sumber energi untuk beraktivitas. Namun apabila terlewatkan, tubuh akan terpaksa mengambil cadangan gula untuk energi dari lapisan otot dan liver yang disebut dengan glycogen. Dalam kekurangan akan mengakibatkan metabolisme tubuh tidak seimbang yang akan berdampak pada berbagai macam penyakit seperti keluhan pada lambung serta maag.

4. Dapat meningkatkan konsentrasi otak
Kegiatan sarapan memperbaiki kadar gula yang dapat menurun drastis selama tidur. Otak memerlukan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik. Sarapan merupakan bahan bakar otak agar permulaan kegiatan berjalan baik. Banyak penelitian yang telah menyimpulkan bahwa sarapan dapat membantu konsentrasi serta kemampuan otak untuk berpikir.

5. Dapat menjaga mood
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mereka yang sudah sarapan pagi dibandingkan dengan mereka yang belum sarapan mempunyai mood yang berbeda. Orang yang melakukan sarapan lebih baik moodnya dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan sarapan pagi.
6. Menjaga Kesehatan Jangka Panjang
Manfaat sarapan pagi dalam jangka panjang yaitu salah satu faktor yang dapat mendukung tubuh agar sehat hingga tua. Beberapa penyakit contohnya tekanan darah tinggi, obesitas, jantung, hingga diabetes mempunyai korelasi yang sangat kuat dengan sarapan pagi. Dengan melakukan sarapan pagi anda dapat mengurangi penyakit tersebut agar tidak menyerang dalam jangka waktu panjang.
7. Baik untuk anak sekolah
Kegunaan sarapan untuk anak yaitu kebutuhan yang sangat penting, apalagi apabila anak dalam usia sekolah. Sarapan pagi merupakan awal persiapan otak anak dalam menerima pelajaran di sekolah, dengan melakukan sarapan pagi otak akan menjadi lebih fokus dengan demikian daya tangkap menjadi lebih optimal.
Tips Sehat Sarapan Pagi
Manfaat sarapan pagi tentu akan tergantung dari asupan yang kita makan atau nikmati, seseorang harus menikmati asupan yang kaya gizi sehingga memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh. Berikut beberapa tipsnya yaitu: sarapan dengan makanan yang rendah lemak, hindari makanan dengan daging yang berlemak tinggi pada saat sarapan, hindari makanan tinggi protein, konsumsi telur serta susu sangat baik untuk sarapan, makanan kaya akan serat, sayuran serta buah-buahan sangat baik dikonsumsi pada saat sarapan serta hindari makan yang berleihan. Berikut merupakan jenis makanan yang baik dikonsumsi pada saat sarapan pagi diantaranya: Susu, Telur, Roti, Sayuran serta Sedikit nasi. Kandungan makanan yang anda konsumsi pada saat pagi hari akan mengawali hidup sehat anda serta energi untuk menjalani berbagai aktivitas pada siang sampai malam hari.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates