Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Jambu Biji

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Jambu Biji

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Jambu Biji

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Jambu Biji

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Jambu Biji

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Jambu Biji – Jambu biji termasuk buah-buahan tropis yang mudah didapatkan di Indonesia karena mampu berbuah sepanjang musim. Buah asal Brazil ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi

Jambu biji merupakan sumber vitamin C mencapai 228 mg / 100 g atau 3 kali lebih banyak dari kebutuhan harian. Jambu biji kaya serat pangan dan vitamin B kompleks asam folat, asam piridoksin, pantotenik, niacin, riboflavin, tiamin, juga vitamin A, E, K dalam jumlah tidak sebanyak vitamin C. Tak hanya itu, jambu biji mengandung potasium, mangan, magnesium, zat besi, seng, fosfor, tembaga, kalsium, dan selenium. Ada juga fitokimia karotenoid, polifenol galokatokin, leukosianidin, dan likopen.

Manfaat

1. Meningkatkan sistem imun
Penelitian membuktikan bahwa konsumsi buah-buahan kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan daya tahan untuk melawan kuman, sintesis kolagen dalam pembentukan sel-sel pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang, menjaga kesehatan membran mukosa dan kulit.

2. Menurunkan risiko kanker kanker
Jambu biji sering dijadikan bahan penelitian untuk melihat pengaruh terhadap perkembangan kanker prostat, payudara, dan oral. Hasilnya, minyak daun jambu biji dapat mencegah proliferasi sel-sel kanker. Buahnya juga dapat menurunkan risiko kanker prostat dan mencegah perkembangan sel kanker payudara karena kandungan likopennya.

3. Menurunkan dan menambah berat badan
Jambu biji kaya vitamin, protein, serat dan mineral, namun tidak mengandung kolesterol, memiliki karbohidrat tercerna dalam jumlah rendah dan kadar gula lebih rendah dibandingkan apel, jeruk, dan anggur.

4. Mengobati diare, disentri, dan gastroenteritis
Jambu biji mengandung astringent yang dapat meredakan gejala diare, disentri, radang lambung dan usus. Astringent yang memiliki manfaat disinfektan dan anti bakteri mampu menghambat perkembangan mikroba dan menghilangkan kelebihan lendir dari usus. Jambu biji juga mengandung karotenoid, vitamin C, dan potasium yang membantu memperkuat sistem pencernaan. Sementara seratnya melindungi usus besar dari paparan racun penyebab kanker.

5. Meredakan konstipasi
Seratnya pada jambu biji berfungsi sebagai laksatif yang membantu melancarkan pergerakan usus, mengeluarkan kelebihan cairan, membersihkan usus, serta mencegah sembelit (susah BAB) atau diabetes.

6. Mengontrol kadar glukosa
Penelitian membuktikan bahwa konsumsi jambu biji mencegah terjadinya diabetes tipe 2 dan menurunkan kadar gula darah.

7. Mengatur tekanan darah tinggi dan kolesterol
Serat dan potasium dalam jambu mampu menurunkan kolesterol dan mencegahnya menggumpal, menjaga detak jantung dan tekanan darah, menghalangi penyerapan kolesterol LDL oleh usus.

8. Menyehatkan mata
Kandungan vitamin A yang terdapat di jambu biji bermanfaat untuk mencegah munculnya katarak, degenerasi makula, dan penyakit mata lainnya.

9. Menyehatkan kelenjar tiroid
Kandungan tembaga pada jambu biji bermanfaat untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Cara kerjanya, tembaga akan mengatur metabolisme tiroid dengan membantu mengontrol produksi dan penyerapan hormon.

10. Menyehatkan otak
Jambu biji mengandung vitamin B3 (niacin) yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan menstimulasi fungsi kognitif. Ada juga vitamin B6 yang merupakan nutrisi penting untuk otak dan saraf.

11. Meredakan batuk dan pilek
Astringent, vitamin C, dan zat besi dalam jambu biji membantu meredakan hidung tersumbat, membersihkan sistem pernafasan, tenggorokan, dan paru-paru, mencegah perkembangan mikroba.

12. Merawat kesehatan kulit
Astringent pada jambu biji mentah dan daunnya membantu merawat kesehatan kulit. Vitamin A, B, C, dan potasium juga dapat digunakan untuk detoksifikasi apalagi, jambu biji merah juga kaya likopen yang mencegah kerusakan kulit akibat sinar ultra-violet.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates