Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Masalah Kesehatan Pada Lansia

Masalah Kesehatan Pada Lansia

Masalah Kesehatan Pada Lansia – Masalah kesehatan yang sering dialami pada lansia berbeda dari orang dewasa, masalah kesehatan utama yang sering terjadi pada lansia perlu diketahui serta dimengerti oleh setiap orang agar melakukan persiapan saat lansia kelak atau dapat memberikan perawatan pada lansia.

1. Lansia kurang bergerak: akibat gangguan fisik, jiwa serta faktor lingkungan akan mengakibatkan lansia kurang bergerak. Dampak yang paling sering dirasakan yaitu gangguan pada tulang, sendi serta otot, gangguan saraf serta penyakit jantung dan juga pembuluh darah.

2. Penyebab instabilitas: akibat terjatuh pada lansia akan berupa faktor intrinsik, baik akibat proses menua, akibat penyakit ataupun faktor ekstrinsik seperti obat tertentu serta faktor lingkungan. Dampak yang paling sering terjatuh pada lansia yaitu kerusakan bagian tertentu dari tubuh serta menyebabkan rasa sakit, patah pada tulang, cedera kepala, luka bakar akibat air panas serta terjatuh di tempat mandi. Dengan demikian untuk melindungi dirinya akibat ketidak seimbangan, sehingga lansia menjadi takut berjalan.

3. Sering buang air kecil (beser), merupakan keluarnya air seni tanpa disadari lansia, dengan jumlah serta kekerapan yang cukup menyebabkan masalah kesehatan ataupun sosial. Dengan beser lansia sering mengurangi minum, dengan demikian menyebabkan lansia kekurangan cairan serta berkurangnya kemampuan kandung kemih.

4. Lansia mengalami gangguan intelektual, dimana merupakan suatu kumpulan gejala klinik yang meliputi gangguan fungsi intelektual serta ingatan yang cukup berat dengan demikian menyebabkan terganggunya aktivitas kehidupan sehari-hari.

5. Penyakit infeksi, beberapa faktor risiko yang mengakibatkan lansia mudah mengalami penyakit infeksi akibat kekurangan gizi, kekebalan tubuh menurun, menurunya fungsi berbagai organ tubuh, mengalami beberapa penyakit sekaligus (komorbiditas) yang mengakibatkan daya tahan tubuh sangat menurun.

6. Mengalami gangguan panca indera, komunikasi, penyembuhan serta gangguan kulit  akibat proses menua dengan demikian berkurang fungsinya.

7. Sulit BAB (konstipasi), faktor yang mempermudah konstipasi, seperti kurangnya aktivitas fisik, kurang konsumsi serat, kurang cairan, dampak pemberian obat tertentu dan lainya.

8. Timbul depresi, akibat perubahan status sosial, bertambahnya penyakit serta berkurangnya kemandirian sosial dan perubahan-perubahan dampak proses menua menjadi salah satu pemicu timbulnya depresi pada lansia. Dengan gejala sebagai berikut: perasaan sedih, tampak tidak bahagia, akan sering menangis, akan merasa kesepian, tidur akan terganggu, pikiran serta gerakan tubuh lamban, cepat lelah serta menurunnya kegiatan, selera makan hilang, berat badan menurun, daya ingat menurun, sulit konsentrasi, perasaan rendah diri, harga diri serta kepercayaan diri menurun, merasa bersalah serta tidak berguna, tidak ingin hidup lagi hingga mau bunuh diri sampai gejala fisik lainnya.

9. Kurang gizi: kurang gizi pada lansia disebabkan akibat perubahan lingkungan atau kondisi kesehatan. Faktor lingkungan seperti ketidaktahuan alam memilih makanan bergizi, mengalami isolasi sosial, timbul kemiskinan, hidup seorang diri dan lainnya, sedangkan faktor keadaan kesehatan seperti penyakit fisik, gangguan mental, tidur tidak normal, obat dan lainnya.

10. Timbulnya penyakit akibat obat-obatan tertentu.


11. Timbul gangguan tidur
, dalam kondisi normal atau sehat, dengan demikian pada umumnya seseorang akan menikmati makan enak serta tidur nyenyak. Berbagai macam keluhan gangguan tidur yang sering dikeluhkan oleh para lansia, yaitu kesulitan untuk masuk ke dalam proses tidur, tidurnya tidak dalam serta akan mudah terbangun, dalam tidurnya banyak mimpi, apabila terbangun akan susah tidur kembali, akan terbangun dini hari, lesu apabila setelah bangun pada waktu pagi hari.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates