Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Wasadai Jika Anda Duduk Terlalu Lama

Wasadai Jika Anda Duduk Terlalu Lama

Wasadai Jika Anda Duduk Terlalu Lama

Wasadai Jika Anda Duduk Terlalu Lama

Wasadai Jika Anda Duduk Terlalu Lama

Wasadai Jika Anda Duduk Terlalu Lama – Duduk terlalu lama biasanya dilakukan bagi dia yang melakukan pekerjaan seperti di kantor, pekerja sopir serta pekerjaan lainnya. Setiap pekerjaan pasti mempunyai resiko yang harus menuntut pekerja salah satunya untuk harus duduk terlalu lama, belum istirahat, belum lagi akibat kemacetan yang akan  menambah waktu duduk yang lebih lama dalam kendaraan.

Harus diketahui ternyata posisi duduk yang terlalu lama dapat berdampak buruk untuk kesehatan. Hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa duduk terlalu lama dikaitan dengan berbagai masalah penyakit seperti sindrom metabolik serta obesitas atau kegemukan. Berikut sedikit penjelasan metabolik, yaitu berbagai gejala, diantaranya seperti peningkatan tekanan darah, bertambahnya lemak dalam tubuh, dapat meningkatkan kadar gula dalam darah serta dapat menyebabkan kolesterol yang tidak normal.

Apabila duduk terlalu lama sebagai salah satunya menyebabkan kegemukan atau badan berlebih, dimana kegemukan merupakan penyebab sebagai timbulnya berbagai macam jenis penyakit. Akan tetapi bagaimana sebuah penelitian bisa menyimpulkan bahwa ada kaitan hubungan yang kurang baik terkait duduk dalam jangka waktu yang lama serta bahaya bagi kesehatan dan kegemukan. Berikut merupakan gejala dari metaboliknya:

Dari sebuah studi penelitian melakukan perbandingan mengenai 2 kelompok orang dewasa, yaitu dimana pada kelompok yang pertama yaitu orang dewasa akan menghabiskan waktu kurang dari 120 menit untuk duduk di sofa entah kegiatan menonton TV ataupun bekerja. Sedangkan pada kelompok kedua yaitu kelompok orang dewasa yang menghabiskan waktu untuk duduk lebih dari 240 menit, dengan demikian dapat disimpulkan :

1. Akan meningkatkan resiko lebih tinggi hingga 50% dari resiko yang akan mengakibatkan kematian.

2. Setidaknya 125% akan meningkatkan resiko munculnya berbagai penyakit seperti kardiovaskular serta nyeri dada ataupun serangan jantung termasuk ke dalam gejalanya.
Resiko dari suatu pekerjaan seperti duduk yang lama dikantor ataupun berkendara adalah aktivitas rutin  yang sulit untuk di hindari. Kemudian, adakah solusi jika memang gaya hidup seseorang kebanyakan menghabiskan waktu untuk duduk telah terbiasa? Berikut beberapa tipsnya, mari kita simak uraian sebagai berikut ini yang akan membahas tips dalam menyeimbangkan kegiatan sehari – hari sehingga tidak terlalu banyak duduk.
Apabila memang pekerjaan seseorang menuntut untuk duduk terlalu lama seperti duduk di depan komputer, di bawah ini merupakan tips ataupun cara yang bisa seseorang lakukan agar bisa mengurangi resiko duduk terlalu lama:

1. Apabila anda sudah duduk dalam jangka waktu lama, lakukanlah berdiri dan berjalan apabila diwaktu luang.

2. Jika lokasi tempat kerja serta tempat tinggal anda berjarak kurang dari satu kilo meter, dengan demikian anda dapat mencoba membiasan diri anda untuk berjalan kaki ke tempat kerja

anda dan hindari penggunaan kendaraan yang meggunakan bahan bakar. Akan tetapi  apabila jarak rumah ke kantor anda berjarak kurang dari 3 kilo meter, dengan demikian anda bisa menggunakan sepeda ke kantor dan ini jauh lebih baik serta sehat.

3. Setiap hari minggu atau selama 30 menit setiap harinya, lakukanlah secara rutin ntuk membiasakan aktifitas olahraga.
Mempunyai kebiasaaan duduk yang terlalu lama dapat menghambat proses metabolisme lemak serta gula di dalam tubuh, oleh karena itu jangan lupa untuk membiasakan tubuh anda bergerak setiap harinya serta sebisa mungkin hindari untuk duduk yang terlalu lama. Demikian sedikit informasi terkait akibat dan tips untuk mencegah resiko duduk terlalu lama. Semoga bermanfaat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates