Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Bahaya Berbaring Setelah Makan Bagi Kesehatan

Bahaya Berbaring Setelah Makan Bagi Kesehatan

Bahaya Berbaring Setelah Makan Bagi Kesehatan

Bahaya Berbaring Setelah Makan Bagi Kesehatan

Bahaya Berbaring Setelah Makan Bagi Kesehatan – Apabila setelah makan, jangan langsung karena tidak hanya sistem pencernaan yang akan terganggu akibat harus bekerja ekstra dalam mencerna makanan akan tetapi mengakibatkan organ tubuh lain merasa tertekan dengan demkian banyak kerugian untuk tubuh kita. Berikut bahaya berbaring setelah makan bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Menyebabkan bobot tubuh bertambah
Pencernaan butuh waktu dua jam untuk memproses penghancuran makanan setelah masuk dari mulut. Apabila langsung tidur setelah makan, pencernaan tidak bisa mencerna makanan dengan baik, dampaknya akan terjadi penimbunan lemak sehingga akan mengalami kegemukan ataupun obesitas.

2. Menyebabkan sesak nafas
Perut yang penuh akan menghambat serta menekan pergerakan oksigen yang akan masuk melalui paru-paru. Dampaknya nafas tersengal-sengal serta membuat dada terasa sesak.

3. Menyebabkan asam lambung naik ke rongga dada

4. Dapat memicu serangan stroke
Turun naiknya nafas secara tidak normal pada saat tertidur setelah selesai makan yaitu akibat dari refluks asam serta mempercepat datangnya serangan stroke secara mendadak.

5. Dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh
Kandungan glukosa pada makanan yang tidak dapat dicerna dengan normal sehingga akan menumpuk serta menggumpal dalam darah dan akan menyumbat pembuluh darah.

6. Menyebabkan perut menjadi buncit
Setelah makan langsung berbaring akan mempercepat penumpukan lemak di perut bagian bawah. Lemak akan mengendap akibat tidak bisa dicerna oleh alat pencernaan.
7. Menyebabkan dada terasa tertekan
Kondisi perut penuh menyebabkan oksigen yang masuk menjadi tidak maximal, dada akan terasa seperti ada yang menekan kuat dengan demikian dada terasa nyeri.
8. Menyebabkan terganggunya alat pencernaan
Fungsi dari enzim pencernaan menjadi kacau serta tersendat akiat makanan yang ada dalam pencernaan tidak dapat bergerak dengan baik.
9. Dapat memicu panas dalam
10. Mengakibatkan cepat ngantuk
Makan yang berlebihan akan menyebabkan rasa kantuk, akibat tubuh merasa nyaman serta terlalu santai saat perut terasa kenyang.
11. Dapat memicu terserang penyakit Magh
Apabila langsung rebahan setelah makan akan membuat organ pencernaan merasa tertekan serta tidak bebas mencerna, dampakya asam lanbung naik serta oksigen tidak lancar masuk melalui paru-paru.
12. Dapat memicu munculnya serangan asma
Tidur setelah makan membuat perut melebar sebagai efek dari penuhnya lambung. saluran pernaafasaan akan tersendat karena ada penyumbataan masuknya oksigen. Kondisi ini dapat memicu serangan asma ringan.
13. Dapat menyebabkan sembelit
Perut yang kenyang tetapi pencernaan tidak dapat menghancurkan makanan  dengan baik sehingga akan menyebabkan mengapa buang air menjadi sulit.
14. Meningkatkan resiko serangan jantung
Apabila alat pencernaan tidak normal dengan demikian akan mengganggu kerja jantung untuk memompa darah dengan lancer. Ketidakmampuan jantung berdenyut secara normal dapat mengakibatkan serangan jantung.
15. Menyebabkan penumpukan bakteri pada rongga mulut
Tidur setelah selesai makan menyebabkan sisa makanan bertahan disela-sela gigi serta menyebabkan naiknya zat asam dalam rongga mulut yang akan mempercepat proses pembusukan saat tertidur. pembusukan ini secara otomatis dapat menampung berbagai macam bakteri.
16. Menyebabkan lambung mengalami peradangan
Makanan yang tidak dicerna dengan baik akan membuat lambung terus-menerus ikut bekeja untuk proses penghancuran makanan yang terlalu lama akibat posisi perut terlentang. Keadaan ini dapat menyebabkan luka pada lambung kemudian akan menjadi radang.
17. Menyebabkan organ tubuh lelah
Organ tubuh bagian dalam seperti alat pencernaan, ginjal, hati serta empedu harus bekerja keras untuk ikut melancarkan keberhasilan pencernaan dalam mencerna. Apabila mencerna makanan saja tidak baik, dengan demikian organ tubuh menjadi kelelahan dan akan berpotensi mengganggu sistem metabolisme tubuh.
18. Menyebabkan perut kembung serta masuk angina
Penuhnya lambung membuang perut menjadi tidak nyaman serta banyak mengandung gas dan juga angin didalamnya yang akan memicu terjadinya perut kembung serta masuk angin.
19. Dapat menimbulkan pegal-pegal seluruh tubuh
Tidur setelah makan dengan demikian tidak ada pergerakan. Selama tertidur, tubuh seseorang akan terasa pegal-pegal serta linu sebagai akibat jaringan otot serta persendian tidak melakukan aktifitas gerak untuk membakar kalori berlebih di dalam tubuh.
20. Menyebabkan aliran darah tersendat
Pencernaan akan sehat serta cepat mencerna pada saat kita berada pada posisi duduk ataupun berdiri. Sebab posisi tersebut tidak menyebabkan penekanan pada perut.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates