Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Bahaya Konsumsi MSG

Bahaya Konsumsi MSG

Bahaya Konsumsi MSG

Bahaya Konsumsi MSG

Bahaya Konsumsi MSG – Vetsin atau disebut Monosodium Glutamate (MSG) masih banyak digunakan sebagai bahan penyedap masakan. Dibalik rasa gurih yang ada dalam vetsin, banyak penyakit berat mengintai tubuh akibat penggunaan MSG. MSG adalah salah satu garam natrium dari asam amino non-esensial atau asam glutamate yang biasanya dipasarkan dalam bentuk kristal halus. Pada ketentuannya setiap orang membutuhkan sekitar 11 gr glutamate, yang bisa diperoleh dari sumber protein alami untuk mendukung fungsi otak serta metabolisme tubuh. MSG dapat diperoleh dari proses fermentasi zat tepung serta gula tebu.

Sebenarnya terdapat MSG alami yang masih aman untuk dikonsumsi. Akan tetapi kebanyakan yang beredar di pasaran yaitu MSG buatan, yang mempunyai risiko menimbulkan masalah terhadap kesehatan. MSG ini sering ditambahkan pada makanan serta minuman instan.

Dampak untuk kesehatan dalam jangka pendek atau symptom complex MSG yakni perut mual, sakit di kepala, mudah mengantuk, keringat berlebihan, wajah serta leher terasa panas, wajah terasa kaku, jantung berdetak kencang, nyeri dada, kesemutan dan juga sulit untuk bernafas.

Berikut bahaya konsumsi MSG bagi kesehatan dalam jangka panjang, diantaranya:
1. Leher kaku serta pusing
Penyedap rasa dapat membentuk alanin yang akan menghambat penyerapan vitamin B6 oleh tubuh. Dampak secara langsung seperti pusing, leher kaku, mual, mulut terasa kering, serta ruam di wajah. Cara mengatasi gejala ini, penderita minum yang banyak air serta istirahat.

2. Dampak terhadap jantung
Efek MSG terhadap organ jantung contohnya detak jantung menjadi tidak teratur atau aritmia, kekacauan pada irama jantung ataupun terlalu cepat atau fibrilasi atrium, detak jantung lebih dari 100x per menit atau tachycardia, serta jantung berdetak sangat lambat. Gejala ini biasanya timbul disertai perasaan cemas dan juga was-was. Bahkan, jantung kekurangan suplai darah dengan demikian dapat menimbulkan nyeri dada yang sangat hebat atau angina.
3. Menyebabkan kanker
Pengolahan MSG dibuat dengan proses pemanasan pada suhu tinggi serta waktu lama dengan demikian akan membentuk pirolisis yang bersifat karsinogenik, merupakan senyawa berbahaya yang akan memicu kanker.
4. Berbahaya terhadap otot-otot tubuh seperti nyeri sendi dan juga otot terasa kaku.
5. Kerusakan terhadap sistem syaraf
Konsumsi penyedap rasa atau MSG dalam jangka panjang dampak terhadap sistem syaraf seperti depresi, migrain, insomnia juga disorientasi. Gangguan lainnya yaitu seperti penyakit parkinson, Alzheimer serta autisme.
6. Berdampak pada sistem penglihatan
Apabila penggunaan bahan penyedap rasa secara terus-menerus, akan menyebabkan merusak kesehatan mata, dengan demikian pandangan menjadi kabur serta nyeri di sekitar organ mata.
7. Efek pada organ genital akibat konsumsi MSG, pada organ tubuh bagian dalam berdampak nyeri kandung kemih, menyebabkan kelenjar prostat bengkak serta sering kencing.
8. Dampak terhadap kulit
MSG ini juga dapat menimbulkan efek pada kulit seperti gatal-gatal, sariawan dan juga kehilangan sensitivitas kulit.
9. Menimbulkan gangguan pernafasan
Apabila konsumsi MSG secara berlebihan juga akan memicu masalah sistem pernafasan seperti bersin-bersin dan juga asma.
10. Menyebabkan tekanan darah tidak normal
Bahan penguat rasa juga akan membuat tekanan darah tidak normal, dengan demikian tekanan darah naik secara ekstrim atau sebaliknya. Apabila konsumsi MSG secara berlebihan akan menyebabkan asam glutamat menimbun pada jaringan sel otak, dengan demikian dapat berakhir dengan kelumpuhan. Apabila anda masih menyukai bahan penyedap ini, alangkah baiknya ingat akan berdampak terhadap kesehatan anda. Sebagai penggantinya penggunaan MSG biasanya digunakan ekstrak khamir serta moromi, yakni merupakan hasil fermentasi kedelai. Anda dapat menguatkan rasa penyedap makanan dengan bahan yang aman seperti bahan garam, gula ataupun rempah lainnya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates