Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Penggunaan Koran Sebagai Pembungkus Makanan

Dampak Penggunaan Koran Sebagai Pembungkus Makanan

Dampak Penggunaan Koran Sebagai Pembungkus Makanan

Dampak Penggunaan Koran Sebagai Pembungkus Makanan

Dampak Penggunaan Koran Sebagai Pembungkus Makanan

Dampak Penggunaan Koran Sebagai Pembungkus Makanan – Makanan yang ada di luar biasanya mempunyai rasa yang enak serta menggiurkan dan pastinya mempunyai kesan tersendiri. Siapapun pasti akan ngiler pada saat melintasi penjaja makanan yang sering berada dipinggir jalanan tersebut. Diantara jajanan makanan yang di jual di luar, masih ada yang menggunakan koran yang digunakan untuk membungkus makanannya.

Secara sepintas tidak ada hal yang membuat aneh dengan cara penyajian makanan seperti ini. Dengan menggunakan koran sebagai pembungkus makanan memang cukup praktis dan juga ekonomis. Akan tetapi kebiasaan ini harus dihindari, sebab membungkus makanan dengan kertas koran ternyata dapat menyimpan bahaya untuk kesehatan dan juga dapat menimbulkan beberapa penyakit. Seperti yang terdapat dilansir laman Zeenews, makanan yang di goreng rentan untuk terpapar senyawa kimia yang terdapat dalam koran. Hal ini sebabnya dengan menggunakan alas atau bahkan pembungkus koran untuk makanan merupakan satu langkah yang sangat berbahaya.

Tinta yang biasanya menempel dalam koran serta kertas bekas yang banyak mengandung bahan kimia yaitu karsinogenik yang akan berbahaya dan juga memiliki dampak negatif untuk kesehatan. Terlebih apalagi pada orang yang mempunyai tingkat kekebalan tubuh yang rendah seperti pada anak-anak. Dengan demikian, untuk memperingatkan anak-anak agar lebih berhati-hati dalam melakukan jajan di pinggir jalan yang biasanya menggunakan koran sebagai pembungkus pada makanan. Jangan sampai kamu dan juga anak-anak kita yang terkena dampaknya.

Berikut ini merupakan beberapa bahaya atau dampak mengkonsumsi makanan yang menggunakan pembungkus koran :

  1. Dapat menimbulkan masalah pencernaan

Kandungan bahan kimia yang ada dalam tinta koran dapat disebut dengan diisobutil phthalate akan menyebabkan masalah pencernaan yang serius. Gangguan pencernaan atau disebut dengan dispepsia merupakan salah satu penyakit penyebab umum masalah perut yang sering terjadi akibat makan terlalu cepat atau makan makanan yang terlalu berminyak atau berlemak. Gejala biasanya yang umum terjadi yaitu antara lain sakit perut, perut terasa penuh, mengakibatkan mual, mengakibatkan rasa panas pada ulu hati dan juga perut menjadi kembung.

  1. Dapat menyebabkan penyakit kandung kemih dan kanker

Selain dapat menimbulkan masalah terhadap pencernaan, tinta koran yang mengandung bahan kimia pada saat menempel dalam makanan bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang serius, contohnya penyakit kandung kemih sampai menyebabkan kanker paru-paru.

  1. Dapat mempengaruhi kesuburan

Untuk para wanita tampaknya harus berhati-hati dengan kandungan tinta yang ada dalam tinta koran. Hal ini dapat menyebabkan karena bahan kimianya akan mampu memberikan masalah yang serius pada reproduksi seorang wanita.

  1. Dapat mempengaruhi hormone

Tinta koran dapat mempengaruhi fungsi hormonal yang pada gilirannya dapat mengganggu kesehatan tubuh seseorang. Tinta cetak yang biasa digunakan dalam koran berisi beberapa bahan kimia yang berbahaya, dimana hal tersebut akan mempengaruhi fungsi hormonal. Dengan demikian  pada akhirnya akan mengakibatkan beberapa masalah kesehatan lain yang terkait.

Selain itu juga, anak kecil yang mengkonsumsi makanan yang dibungkus dengan koran juga dapat mengalami penurunan sistem imun yang dapat membahayakan tubuh. sehingga, mulai dari sekarang hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang dibungkus dengan menggunakan koran.

Dalam mengkonsumsi makanan, bukan masalah enak dan nikmat saja yang harus diperoleh, akan tetapi perhatikan hal lain yang lebih penting yang dapat mempengaruhi kesehtaan tubuh kita. Seperti kebersihan makanan dari mulai penyajian sampai makanan mau dikonsumsi. Agar kita dapat terhindar dari berbagai dampak yang akan mempengaruhi kesehatan kita.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates