Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kandungan Dan Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Dan Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Dan Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Dan Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Dan Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Dan Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh – Kandungan dan Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh. Tahukah teman-teman bahwa buah jeruk yang rasanya asam manis itu ternyata banyak terdapat kandungan-kandungan yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh serta memiliki banyak manfaat. Mungkin teman-teman hanya mengira bahwa buah jeruk ini hanyalah buah yang dapat melepas dahaga kita karena kesegarannya mampu menghilangkan rasa haus. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah jeruk diantaranya adalah vitamin C, potassium dan asam folat yang sangat bermanfaat untuk menghambat perkembangan sel – sel kanker yang ada di dalam tubuh. Kandungan yang terdapat di dalam buah jeruk adalah sebagai berikut :

Kandungan gizi yang terdapat pada 100 gram buah jeruk dapat menghasilkan energi sebesar 28,00

–    Protein sebesar 0,50 gram
–    Lemak sebesar 0,10 gram
–    Karbohidrat sebesar 7,20 gram
–    Kalsium sebesar 18,00 miligram
–    Fosfor sebesar 10,00 miligram
–    Serat sebesar 0,20 gram
–    Besi 0,10 mili gram
–    Vitamin A, B1, B2, C
–    Niacin sebesar 0,03 gram

Berikut beberapa manfaat buah jeruk untuk kesehatan tubuh diantaranya yaitu :

1.    Dapat menyehatkan mata
Kandungan caritenoid yang terdapat dalam buah jeruk ini akan diubah menjadi vitamin A yang sangat berguna untuk kesehatan mata.

2.    Dapat menurunkan kolesterol
Buah jeruk juga mengandung banyak serat yang dapat membantu kita dalam menurunkan kolesterol.

3.    Sebagai anti kanker
Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah jeruk adalah anti oksidan yang berfungsi untuk mencegah sel sel kanker berkembang. Penyakit kanker sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Maka dari itu salah satunya adalah dengan mencegah timbulnya penyakit kanker. Kandungan vitamin C di dalam buah jeruk cukup tinggi sehingga apabila dikonsumsi setiap hari dapat memenuhi kebutuhan vitamin C, memerangi radikal bebas dan mencegah timbulnya kanker. Namun perlu teman-teman ketahui, jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah jeruk, karena kandungan asam yang terdapat di dalam buah jeruk akan membuat anda mengalami diare. Konsumsi buah jeruk secukupnya saja untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral di dalam tubuh.

4.    Mencegah kanker
Kandungan limonoid di dalam buah jeruk dapat mencegah timbulnya kanker kulit, payudara, paru-paru, lambung dan usus besar.

5.    Dapat menurunkan resiko terkena kanker hati
Penelitian di Jepang mengemukakan bahwa dengan rutin mengkonsumsi buah jeruk mandarin maka resiko terkena kanker hati dapat menurun. Hal ini dapat terjadi karena adanya carotenoid yang terkandung dalam vitamin A yang ada di dalam buah jeruk.

6.    Dapat mencegah timbulnya batu ginjal
Batu ginjal dapat kita hindari salah satunya dengan mengkonsumsi jus buah jeruk setiap hari secara rutin, tetapi dengan porsi secukupnya saja karena di dalam buah jeruk terdapat kandungan gula yang tinggi.

7.    Dapat mencegah terjadinya kardiak aritmia
Kardiak aritmia adalah keadaan dimana detak jantung yang tidak teratur dalam berdetak. Hal ini dapat dicegah dengan pemberian kalium, salah satunya dengan mengkonsumsi buah jeruk. Kandungan kalium yang terdapat di dalam buah jeruk sangat bermanfaat sekali karena kalium berfungsi untuk mengontrol detak jantung seseorang agar selalu seimbang.

8.    Dapat menangkal serangan penyakit
Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah ini dapat menangkal radikal bebas yang akan masuk dalam tubuh kita.

9.    Mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi)
Kandungan kalium di dalam buah jeruk cukup tinggi, kandungan ini sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah tetap normal. Selain itu, kalium juga dapat mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang.

10.    Mencegah diabetes
Buah jeruk mengandung gula alami atau fruktosa yang sangat bagus bagi penderita diabetes atau orang dengan resiko diabetes. Fruktosa di dalam buah jeruk cukup untuk memenuhi kebutuhan gula di dalam tubuh sehingga kadar gula darah akan tetap stabil. Diabetes dapat dikontrol dengan baik, bagi yang tidak ingin terkena penyakit diabetes, maka jeruk adalah pilihan yang sempurna.

11.    Mengatasi sariawan
Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah jeruk mampu menyembuhkan sariawan yang muncul, sariawan sendiri muncul karena kekurangan vitamin C dengan memenuhi asupan vitamin C maka sariawan dengan sendirinya akan hilang. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk tidak setinggi kandungan vitamin C yang terdapat pada cabai namun demikian kebutuhan vitamin C juga dapat dipenuhi dengan makan buah jeruk.

12.    Pembangun imunitas
Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah jeruk sangat bagus untuk memperkuat imun tubuh. Imun yang kuat akan menjaga tubuh dari terkenanya radikal bebas dan serangan penyakit. Imunitas kuat maka kesehatan pun akan tetap terjaga. Vitamin C sangat berkhasiat untuk menyegarkan tubuh dan membuat kita tetap berenergi setiap saat.

13.    Melancarkan pencernaan
Kandungan serat di dalam buah jeruk membantu dalam melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah jeruk setiap hari dapat membantu melancarkan pencernaan. Perlu anda ketahui bahwa pencernaan yang terganggu akan menyebabkan penyakit seperti kanker usus dan hemoroid. Serat dapat membantu dalam mengurangi resiko terserang kedua penyakit ini. Serat di dalam buah jeruk juga dapat mengenyangkan perut.

14.    Meningkatkan nafsu makan
Bagi anda yang mempunyai masalah dengan nafsu makan, maka anda dapat memanfaatkan buah jeruk untuk membangkitkan nafsu makananda kembali, buah jeruk dapat menambah nafsu makan secara alami. Walaupun tidak sekuat khasiat temulawak namun buah jeruk cukup efektif untuk meningkatkan nafsu makan. Bagi anak anda yang susah makan, maka anda dapat memberikan buah jeruk sebelum makan dan setelah itu berikan makanan.

15.    Mengenyangkan perut
Buah jeruk juga dapat mengenyangkan perut, hal ini bias terjadi karena jeruk mengandung karbohidrat namun dalam kadar sedikit. Serat yang terdapat di dalam buah jeruk juga dapat membantu mengenyangkan perut, bahkan mampu bertahan lebih lama dalam hal mengenyangkan perut. Serat memerlukan waktu lebih lebih lama untuk diproses didalam tubuh sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama juga.

Demikian sedikit artikel dari askep33 mengenai kandungan dan manfaat buah jeruk untuk kesehatan tubuh. Sekian dan terimakasih semoga berguna dan bermanfaat kita semua…

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates