Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui 10 Jenis Penyakit Menular dan Penyebabnya

Ketahui 10 Jenis Penyakit Menular dan Penyebabnya

Ketahui 10 Jenis Penyakit Menular dan Penyebabnya
Sebenarnya terdapat banyak sekali jenis penyakit menular yang ada di Indonesia ini, akan tetapi artikel ini hanya akan menjelaskan sebagian jenis penyakit menular dan penyebabnya. Penyakit menular merupakan penyakit yang bisa ditularkan atau berpindah dari orang yang sakit ke orang yang sehat ataupun belum terkena penyakit menular tersebut. Penularan penyakit tersebut bisa terjadi baik melalui perantara ataupun melalui secara langsung. Berikut ini merupakan beberapa penyakit menular diantaranya :

1. Penyakit Influenza
Influenza atau dikenal dengan penyakit flu merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Virus influenza merupakan virus yang setiap waktunya bermutasi, dengan demikian sistem imunitas tubuh akan sulit mendeteksi virus yang satu ini. Akibat sulitnya sistem imun tubuh dalam mendeteksi virus influenza ini, sehingga tubuh cenderung akan lebih mudah terkena flu

2. Penyakit Tuberkulosis (TBC)
Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan yang diakibatkan oleh bakteri basil (mycobakterium tuberculosa). Bakteri basil yang menginfeksi host atau manusia merupakan bakteri basil yang sangat kuat. Dampaknya, akan memerlukan waktu yang lama dalam mengobati penyakit ini. Bakteri ini 90% cenderung akan menginfeksi paru-paru apabila dibandingkan dengan organ-organ lainnya dalam tubuh manusia. Penyakit ini biasanya dengan salah satu gejala yaitu batuk terus menerus

3. Penyakit Muntaber
Muntaber merupakan penyakit peradangan usus yang diakibatkan oleh virus, bakteri, ataupun parasit lain seperti jamur, protozoa dan juga cacing. Muntaber juga bisa disebabkan akibat keracunan makanan ataupun minuman yang mengandung bakteri atau zat kimia.  Bakteri yang biasanya menjadi penyebab penyakit muntaber yaitu bakteri Escherichia Coli.

4. Penyakit Cacar Air
Cacar air merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus varicella zoster yang ditandai bintik kemerahan di kulit yang menggelembung ataupun tidak, melepuh serta terasa gatal. Masa inkubasi virus yang disebabkan cacar ini sekitar 2-3 minggu. Biasanya gejala awal ditandai dengan demam.
5. Penyakit Tifus
Tifus merupakan penyakit infeksi pada usus halus yang diakibatkan oleh bakteri salmonella. Biasanya ditandai dengan gejala demam yang suhunya naik secara bertahap sampai membuat penderita menggigil. Demam terjadi pada malam hari serta mereda, lalu akan naik lagi pada malam berikutnya. Gejala lainnya bisa berupa sakit kepala, sakit pada bagian perut, denyut jantung menurun, hingga kehilangan nafsu makan.
6. Penyakit Campak
Campak merupakan penyakit menular yang diakibatkan oleh virus yang termasuk ke dalam golongan paramixovirus. Penyakit campak sangat menular. Gejalanya yaitu berupa naiknya suhu tubuh, timbul batuk, nyeri tenggorokan, nyeri otot, sampai ruam pada kulit. Gejala ini timbul sekitar 7-14 hari apabila setelah terinfeksi virus.
7. Penyakit Pneumonia
Pneumonia atau radang paru-paru merupakan suatu peradangan yang diakibatkan oleh bakteri, virus, ataupun parasit lainnya. Peradangan dapat terjadi pada pulmonary alveolus atau alveoli yang seharusnya berfungsi untuk menyerap oksigen dari atmosfer. Namun akibat terjadinya peradangan, organ ini akan menjadi terisi cairan dengan demikian oksigen terganggu serta menyebabkan sulit bernafas. Gejalanya yaitu demam, batuk, sampai mengalami kesulitan bernapas.
8. Penyakit Hepatitis
Hepatitis merupakan penyakit menular yang menyerang organ hati dalam tubuh manusia. Diakibatkan oleh bakteri dan virus serta tidak bersihnya lingkungan sekitar, dengan demikian menginfeksi hati serta mengakibatkan peradangan.
9. Penyebab Penyakit PES
PES atau yang dikenal sebagai Pesteurellosis, adalah penyakit pada tikus serta hewan pengerat lainnya yang diakibatkan oleh bakteri serta bisa ditularkan pada manusia. Kutu tikus merupakan yang paling sering menjadi perantara dalam penularan penyakit PES. Pada manusia PES bisa dibedakan menjadi yakni: PES Kelenjar Getah Bening, PES Infeksi Luas, serta PES Pneumonik ataupun PES Paru-paru.
10. Penyakit Kolera
Kolera merupakan penyakit infeksi saluran usus yang akut yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Vibrio cholerae. Bakteri bisa masuk ke saluran pencernaan melewati makanan serta minuman yang telah tercemar bakteri vibrio cholerae. Dalam saluran usus, bakteri ini bisa mengeluarkan racunnya dengan demikian tubuh akan mengalami diare disertai muntah yang hebat. Dampaknya, tubuh akan mengalami dehidrasi dengan waktu yang sangat cepat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates