Friday , 24 March 2017
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Sakit Kepala Tiba-Tiba

Ketahui Penyebab Sakit Kepala Tiba-Tiba

Ketahui Penyebab Sakit Kepala Tiba-Tiba

Ketahui Penyebab Sakit Kepala Tiba-Tiba

Ketahui Penyebab Sakit Kepala Tiba-Tiba

Ketahui Penyebab Sakit Kepala Tiba-Tiba– Banyak fakor penyebab timbulnya sakit kepala secara tiba- tiba. Akan tetapi banyak orang yang menganggap sakit kepala tiba- tiba ini dianggap remeh.  Penyakit yang sering dianggap remeh ini sebenarnya tidak hanya datang dari faktor keadaan tubuh yang melemah, akan tetapi juga dari beberapa hal sebagai berikut ini:

1. Akibat Ikatan Rambut
Pusing dapat disebabkan oleh ikatan rambut yang terlalu kencang ataupun tatanan rambut yang membebani kepala Anda. Selain itu juga, apapun yang mengikat kencang di kepala seseorang seperti topi, akibat penggunaan bando, jepit kecil dan juga lainya dapat membuat kepala lebih tegang serta menyebabkan pusing.

2. Akibat Makanan Dingin
Terdapat istilah ice cream headache yang merupakan sakit kepala secara tiba – tiba. Pada umumnya diakibatkan oleh konsumsi makanan ataupun minuman yang terlalu dingin dengan demikian membuat peredaran darah akan membengkak. Timbulnya pusing seperti ini pada umumnya akan menghilang dalam waktu beberapa menit. Untuk mencegah terjadinya sakit kepala akibat hal ini, alangkah baiknya konsumsi makanan dingin lebih perlahan.

3. Akibat Kecanduan Kafein
Salah satu penyebab sakit kepala lainnya yaitu akibat kecanduan kafein. Hal ini dapat jadi akibat Anda terbiasa mengonsumsi kopi, dengan demikian pada saat Anda menghentikannya secara mendadak, sehingga Anda akan mengalami sakit kepala. Apabila Anda ingin berhenti meminum kopi, lakukan dengan kurangi dosis kopi Anda secara bertahap.

4. Akibat Dehidrasi
Sakit kepala pada saat dehidrasi akan timbul sebelum Anda menyadari bahwa itu merupakan haus. Cara untuk mengatasinya tentu dengan mengkonsumsi banyak air dengan teratur. Makan buah serta sayur juga dapat membantu menyimpan lebih banyak air. Lakukanlah kebiasaan ini pada saat cuaca panas, sakit dan juga saat olah raga.

5. Akibat Travelling
Dengan bepergian ke tempat wisata juga dapat membuat Anda mengalami sakit kepala. Utamanya jika Anda yang melakukan perjalanan dengan jarak cukup jauh dan juga menghabiskan lebih banyak waktu untuk di perjalanan. Yang bisa di lakukan untuk mencegah hal tersebut adalah dengan istirahat yang cukup sebelum bepergian sebab Anda membutuhkan tubuh dengan kondisi fit, dan juga sering minum air putih supaya tetap terhidrasi.

6. Akibat rasa Bau yang tercium
Bau yang begitu kuat yang beredar di udara akan membuat Anda mengalami pusing, apalagi jika hidung Anda tergolong hidung sensitif. Beberapa bau – bauan yang dapat membuat pusing yaitu parfum, bau cat, beberapa jenis bunga, bau asap rokok serta produk pembersih.

7. Akibat Malas-malasan
Meskipun orang yang mempunyai kegiatan padat akan rentan terkena sakit kepala. Akan tetapi, hasil peneliian menyimpulkan, mereka yang malas-malasan serta tidak rajin berolahraga akan lebih rentan untuk terkena sakit kepala dari pada mereka yang jarang berolahraga.

Akan tetapi sering kali, pusing dapat dipicu oleh gangguan yang lebih serius seperti sebagai berikut:

1. Akibat Vertigo
Vertigo merupakan gejala pusing yang terjadi karena koordinasi saraf serta otak melemah. Penyebabnya dapat bermacam-macam, salah satunya akibat infeksi telinga bagian dalam. Dibandingkan dengan jenis pusing yang lain, pusing akibat vertigo biasanya paling parah.

2. Akibat Tekanan darah rendah

Pusing juga dapat terjadi akibat tekanan darah yang rendah secara mendadak, seperti saat bergerak sangat cepat ataupun terbangun dari tidur secara tiba – tiba. Dapat juga akibat gangguan jantung, seperti aritmia ataupun kondisi denyut jantung yang tidak teratur

3. Akibat Efek samping obat
Beberapa jenis obat mempunyai efek samping yang tidak diinginkan seperti timbul rasa pusing.

4. Akibat Gelisah
Adanya panik atau timul gangguan kegelisahan yang lain dapat menimbulkan rasa pusing di pagi hari. Gangguan ini akan membuat nafas menjadi lebih cepat, dengan demikian keseimbangan kadar oksigen serta karbondioksida akan terganggu kemudian pembuluh arteri menyempit sehingga terjadilah pusing.

5. Akibat Gerakan cepat atau mendadak
Apabila perubahan posisi yang terjadi yang sangat mendadak, seperti pada saat olahraga juga dapat menyebabkan kepala pusing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates