Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan

Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan

Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan

Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan

Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan

Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan – Bangun pagi merupakan bangun antara jam setengah empat, lima serta jam enam. Berikut beberapa macam manfaat bangun pada pagi hari yang tidak terduga :

1. Tubuh terasa Segar
Saat bangun di pagi hari, tubuh akan merasa segar. Hawa serta manfaat udara pada pagi hari dapat menyegarkan tubuh.

2. Memperoleh Udara Segar
Kegunaan bangun di pagi hari, akan memperoleh udara yang segar dibandingkan dengan udara pada siang hari. Udara segar sangat berguna untuk pernafasan dibandingkan dengan udara yang telah bercampur dengan polusi kendaraan maupun polusi pabrik.

3. Dapat Melancarkan Peredaran Darah
Dengan menghirup udara di pagi hari, dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Udara bersih yang masuk ke dalam tubuh akan membuat aliran darah menjadi lancar sebab manfaat oksigen yang masuk ke dalam tubuh yaitu oksigen paling baik.

4. Otak akan Berfungsi Maksimal
Aliran darah secara maksimal dengan aliran oksigen ke otak yang lancar dapat meningkatkan serta memaksimalkan fungsi otak.

5. Dapat Meningkatkan Daya Ingat
Apabila otak berfungsi secara maksimal, memori otak dapat meningkat. Orang tua yang sering bangun pagi serta menghirup udara pada pagi hari tidak akan mudah lupa atau disebut pikun dibandingkan dengan seseorang yang tidak pernah bangun pagi serta menghirup udara di pagi hari.

6. Dapat Menyehatkan Paru-Paru
Saat organ pernafasan diberi oksigen dengan kualitas bagus, organ pernafasan pun dapat menjadi sehat, termasuk organ pernafasan paru-paru. Udara yang kotor dapat mengotori paru-paru serta menyebabkan berbagai macam penyakit paru-paru contohya flek paru-paru serta masih banyak lagi lainnya.

7. Dapat Menyehatkan Jantung
Apabila peredaran darah lancar, organ yang lainnnya dapat menjadi sehat, misalnya pada organ jantung. Berbagai macam penyakit jantung diakibatkan oleh aliran darah serta oksigen yang sedikit ke jantung. Apabila aliran darah serta oksigen ke jantung lancar, dengan demikian jantung pun dapat sehat dan dapat menjalankan fungsinya secara maksimal.

8. Dapat meningkatkan Sistem Imun
Udara di pagi hari sangat bagus untuk pembentukan zat antibodi secara maksimal. Zat antibodi itulah yang berguna dalam pembentukan sistem imun serta dapat meningkatkan sistem imun.

9. Dapat Terhindar Penyakit Kuning
Manfaat sinar matahari mengandung vitamin D, pukul setengah enam hingga pukul sembilan, cahaya matahari sangat baik bagi kesehatan. Menghirup udara pagi serta membiarkan tubuh terpapar oleh manfaat dari sinar matahari pagi dapat terhindar dari penyakit kuning. Begitu pun dengan bayi, akan sangat rentan untuk terkena penyakit kuning, penyakitt kuning merupakan penyakit dimana kulit tubuh akan menjadi kuning dan keriput. Penyakit kuning dapat disebabkan akibat kurangnya vitamin D dalam tubuh.

10. Dapat Menjaga Kesehatan Tulang
Selain itu, sinar matahari juga kaya kalium, kalium sangat berguna untuk kesehatan tulang. Kandungan kalium yang masuk ke dalam tubuh dapat membuat tulang menjadi sehat serta terhindar dari kerapuhan dan juga pengeroposan tulang. Wanita yang sering berjemur pada pagi hari akan terhindar dari gangguan osteoporosis.

11. Menimbulkan Kulit Awet Muda
Kandungan vitamin D yang ada di dalam sinar matahari dapat membuat kulit akan menjadi awet muda, sebab sel-sel kulit mati dapat terkelupas dari permukaan kulit, selain itu dapat mencegah gangguan pada kulit.

12. Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Kandungan kalsitriol berguna dalam metabolisme tubuh, selain itu berguna untuk memudahkan kalsium terserap ke tulang. Penurunan kognitif akibat metabolisme dapat merusak berbagai macam organ di dalamnya.

13. Dapat Mencegah Kanker Payudara
Untuk mencegah kanker payudara dapat menggunakan vitamin D yang ada di dalam sinar matahari.

14. Dapat Menyembukan Penyakit Osteomalacia
Osteomalacia merupakan proses pembentukan lapisan mineral yang ada dalam tulang. Penyakit ini sama dengan penyakit osteoporosis. Kandungan vitamin D yang ada dalam sinar matahari dapat mengobati penyakit osetomalacia.

15. Dapat Mencegah Rakhtitis
Berilah anak sayuran serta ajarkan kepada anak untuk berjemur di bawah sinar matahari pada saat bangun pagi minimal 15 menit, karena anak akan mudah terkena penyakit rakhitis. Rakhitis merupakan suatu kondisi dimana tulang tidak terbentuk dengan sempurna serta susunan tulangnya juga tidak sempurna.

16. Dapat Membangkitkan Semangat
Secara psikologis dengan menghirup udara pagi serta bangun pagi dapat menciptakan energi positif di dalam tubuh.

17. Dapat Mencegah Penyakit Kanker Kulit
Kandungan vitamin D dalam sinar matahari sebelum pukul 9 dapat mencegah penyakit kanker kulit.

18. Dapat Menurunkan Kolesterol
Apabila aliran darah dalam tubuh lancar, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

19. Memiliki Mood yang Bagus
Manfaat bangun pagi dengan setiap hari dapat memberikan mood yang baik. Karena bangun pagi berguna untuk pembentukan hormon serotonin yang dapat menciptakan suasana hati serta keseimbangan mental di dalam tubuh.

20. Dapat Meningkatkan Vitalitas

21. Dapat Membakar Kalori
Caranya yaitu dengan olahraga di pagi hari.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates