Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Manfaat Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Manfaat Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Manfaat Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Manfaat Berhenti Makan Sebelum Kenyang – Sebaiknya berhentilah makan sebelum kenyang, untuk menjaga kesehatan organ pencernaan serta kebugaran tubuh secara keseluruhan agar asam lambung tidak dapat meningkat serta tidak dapat menyebabkan kantuk yang hanya akan membuat seseorang ingin tidur lelap. Kondisi perut kenyang cenderung akan membuat efek malas pada sebagian tubuh untuk bergerak akibat sudah terlanjur terikat oleh rasa nyaman serta tubuh terasa santai setelah perut merasa kenyang. Kedaan ini yang akan membuat kita cepat mengantuk serta ingin tidur.

Berhenti makan sebelum kenyang akan memberikan ruang gerak yang leluasa untuk alat pencernaan dengan demikian mempercepat proses penghancuran pada makanan di pecernaan. Keadaan ini akan menyehatkan enzim percernaan dengan demikian akan membuat tubuh selalu segar serta jauh dari serangan kantuk dan juga berbagai penyakit akibatnya. Apabila setelah selesai makan sebaiknya segeralah makan buah yang banyak akan mengandung air sebagai pencuci mulut ataupun makanan penutup. Kesegaran pada buah dapat membangkitkan semangat seseorang untuk beraktivitas kembali. Kesegaran rasa pada buah akan mampu membuat seseorang terhindar dari rasa kantuk.

Apabila setelah selesai makan alangkah baiknya jangan langsung membuka laptop, komputer ataupun sejenisnya. Sebab, cahaya pada komputer atau laptop akan membuat otot mata cepat lelah akan tetapi membuat seseorang tidak ingin berhenti.  Pada saat lambung yang sudah kenyang akan terasa penuh sesak, nyeri pada ulu hati serta mual akibat perut terhimpit dengan tekanan tertentu pada saat duduk berlama lama di depan komputer. Dampaknya yaitu menyebabkan kantuk lebih cepat datang. Usahakan untuk mengurangi asupan karbohidrat berat seperti nasi putih serta makanan berlemak ataupun berminyak, sebab jenis makanan tersebut akan membuat perut cepat kenyang serta efeknya mempercepat datangnya rasa kantuk. Hal ini merupakan salah satu faktor mengapa seseorang ingin tidur setelah selesai makan.

Untuk diketahui, bahwa tidak dianjurkan minum satu gelas susu hangat setelah selesai makan, nutrisi baik yang ada dalam produk susu hanya akan menambah beban berat untuk makanan yang belum digiling oleh suatu enzim yaitu enzim lipase. Dianjurkan untuk tidak menambah asupan lemak susu sebab makanan yang telah anda konsumsi sudah pasti akan mengandung lemak. Usahakan makanlah dengan standar gizi yaitu empat sehat lima sempurna akan tetapi pada porsi yang sedang. Berhentilah makan sebelum kenyang serta segeralah beraktifitas kembali untuk melakukan rutinitas yang tidak terlalu berat. Dengan aktifitas akan menekan keinginan seseorang untuk berbaring atau tidur. Perbanyaklah asupan air putih sedikitnya delapan gelas per hari agar tubuh terhindar dari kantuk apabila setelah selesai makan. Kemudian tetaplah minum pada saat anda tidak haus dengan demikian organ tubuh senantiasa jauh dari dehidrasi serta organ tubuh akan tetap sehat. Apabila setelah makan, tidak di anjurkan untuk tidur, karena tidur setelah makan akan berbahaya, kecuali dalam keadaan darurat seperti seseorang yang sedang sakit serta seseorang yang tidak memungkinkan untuk duduk.

Larangan tidur setelah makan sangat berlaku untuk semua usia, kecuali pada bayi usia di bawah satu tahun dimana biasanya akan tidur apabila setelah selesai makan. Pada bayi usia di bawah satu tahun, memang harus mendapatkan asupan nutrisi lebih serta tidur yang banyak, karena hal tersebut demi kelancaran masa pertumbuhan bayi.Pilihan yang paling bijak yaitu tidurlah setelah dua hingga tiga jam apabila anda selesai makan demi mempertahankan kualitas kesehatan organ pencernaan. Biarkan pencernaan anda bebas mencerna tanpa harus ada tekanan hanya akibat tubuh anda dalam keadaan sedang tertidur.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates