Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Mandi Untuk Kesehatan

Manfaat Mandi Untuk Kesehatan

Manfaat Mandi Untuk Kesehatan
Manfaat Mandi Untuk Kesehatan

Manfaat Mandi Untuk Kesehatan

Terkait kebiasaan mandi, tentunya setiap orang mempunyai waktu serta frekuensi yang berbeda. Rata-rata dalam sehari mandi sebanyak dua kali. Ada beberapa hal-hal yang perlu dilakukan dalam mandi serta aturannya, diantaranya:

1. Hindari mandi setelah shalat ashar sampai satu jam setelahnya (03.10 hingga 4.20).
Karena pada jam tersebut, kondisi darah dalam tubuh masih dalam keadaan yang cukup panas. Dampaknya apabila mandi pada jam tersbut, akan membuat tubuh menjadi terasa letih, dengan demikian kurang sehat serta dapat mengganggu aktivitas yang akan dilakukan setelahnya.

2. Hindarilah mandi setelah shalat maghrib
Pada sekitar jam 6 sore sampai jam 7 malam, keadaan jantung mulai melemah setelah beraktivitas, akibatnya akan rentan terkena penyakit paru-paru basah.

3. Hindarilah mandi sesudah isya sampai jam 12 malam
Pada waktu ini seharusnya tubuh sudah mulai istirahat, pada waktu ini kondisi jantung tidak siap lagi untuk menerima siraman air, sehingga rentan terkena penyakit seperti rematik.
Waktu yang baik dan dianjurkan untuk mandi
Dianjurkan mandi pada waktu subuh atau sebelum subuh. Pada jam tersebut, keadaan air mengandung ozon yang lebih tinggi, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjadi awet muda. Berikut manfaat mandi shubuh, yaitu melancarkan peredaran darah, dapat menurunkan resiko darah tinggi, dapat meningkatkan kesuburan, dapat meningkatkan sel darah putih, dapat memperbaiki kesehatan jaringan tubuh, dapat meredakan depresi, dapat meningkatkan suasana hati untuk aktivitas sehari-hari, dapat memperkuat kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan rambut dan kulit.
Bagi seseorang yang memiliki penyakit berat, dengan demikian yang disarankan yaitu mandi dengan suhu air hangat. Sebab keadaan tubuh yang sedang sakit, utamanya demam, dengan demikian hindari mandi dalam kondisi udara dingin, sebab dapat membuat penyakit bertambah parah. Apabila mandi sore yang disarankan yaitu satu jam setelah waktu ashar sampai sebelum maghrib, yakni sekiar jam 4.00 atau 4.30 sore hingga sebelum waktu maghrib, karena bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mandi sore ini, sangat dianjurkan untuk bayi serta anak-anak. Beberapa manfaat dari mandi sore diantaranya:

1. Dapat mencegah kotoran serta kuman menempel lebih lama

Akibat orang yang jarang mandi sore mempunyai resiko lebih besar dihinggapi kuman serta bakteri jahat yang lebih banyak dibandingkan orang yang selalu rutin mandi sore.
Sebab setelah beraktivitas selama seharian, dengan demikian tubuh menjadi kotor, akibat terkena debu serta kuman bakteri.
Jika jarang mandi sore, kuman serta kotoran akan terus menempel semalaman penuh sampai keesokan paginya. Tertunya hal tersebut sangat tidak baik bagi tubuh, termasuk kualitas tidur akan menurun akibat tidak mandi.
Dimana tubuh akan mengalami gatal-gatal serta susah untuk tidur malam. Dan apabila terbangun dari tidur, badan akan terasa gerah, gatal-gatal serta tidak nyaman. Dengan demikian tidur menjadi tidak nyenyak serta kualitasnya rendah.2. Dapat mencegah stress dan depresi
Pekerjaan yang padat dalam seharian dari pagi sampai sore, menyebabkan otot serta syaraf pada tubuh menjadi tegang serta terasa kurang nyaman. Dengan demikian tubuh terasa lelah, keram bahkan hingga pusing. Menimbulkan keadaan seperti beresiko tinggi menyebabkan masalah stress serta depresi.
Untuk menghindari masalah stres sebagai akibat kelelahan, dengan demikian agar bisa membuat tubuh nyaman dan rileks, yakni hanya dengan mandi sore, dengan demikian pikiran akan fresh kembali seperi pada saat pada waktu pagi, tubuh akan menjadi segar, hilannya kepenatan serta otot menjadi lebih rileks.

3. Dapat menghilangkan bau badan akibat keringat
Keringat yang timbul akibat pekerjaan serta aktivitas yang panjang serta melelahkan, dapat menimbulkan bau badan, dengan demikian rasanya tidak sedap dihirup, baik oleh diri sendiri maupun oleh orang lain. Dengan rutin mandi sore tubuh akan kembali wangi, segar serta akan menjadikan jiwa menjadi lebih bersemangat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates