Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat – Tips Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat. Bagi sebagian besar orang berpendapat bahwa menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang sangat penting. Mereka melakukan hal apa saja untuk menjaga jantungnya agar tetap sehat, salah satunya yaitu dengan mengubah pola hidup dan pola makan mereka secara drastis. Tubuh yang sehat akan dapat melakukan banyak aktivitas, seperti; belajar, bekerja, bersosialisasi dengan orang lain, dan banyak aktivitas lainnya. Tentu saja kita tidak menginginkan apabila sesuatu yang buruk atau penyakit menyerang tubuh kita. Salah satu organ tubuh kita yang paling vital dan sangat penting untuk dijaga kesehatannya adalah jantung.

Tubuh manusia terdiri dari bermacam-macam organ yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Apabila terjadi gangguan pada satu organ tubuh maka akan mengakibatkan organ tubuh yang lain tidak mampu bekerja secara maksimal. Salah satunya organ jantung, jantung adalah salah satu organ yang sangat vital dan menjadi mesin kehidupan dalam tubuh manusia karena berfungsi untuk memompa darah dan menyalurkan darah tersebut ke seluruh tubuh. Apabila organ jantung terganggu tentunya organ lainpun tidak akan dapat bekerja secara normal, dan tentunya akan mengganggu organ tubuh lainnya karena aliran darah dalam tubuh terganggu.

Gangguan kesehatan pada jantung dapat terjadi pada siapa saja, orang tua dan muda, kurus dan gemuk, semuanya memiliki resiko untuk terserang penyakit jantung. Namun biasanya orang dengan berat badan berlebih atau obesitas lebih beresiko mengalami serangan jantung dibandingkan dengan orang yang bertubuh ideal atau kurus, hal itu dapat terjadi karena adanya timbunan lemak yang berlebih sehingga mengganggu aliran darah ke seluruh tubuh.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga jantung agar tetap sehat :
1.  Dengan Mengubah Pola Hidup
Pola hidup yang sehat akan membantu jantung tetap sehat. Bila kita melakukan pola hidup yang sehat setiap hari secara teratur maka dapat dipastikan resiko terkena serangan jantung akan semakin kecil. Berikut ini adalah beberapa pola hidup sehat yang harus dilakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat :

a.  Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung. Berdasarkan penelitian, 20% kematian akibat serangan jantung disebabkan oleh adanya kebiasaan seseorang merokok. Resiko ini tidak hanya dialami oleh perokok aktif akan tetapi perokok pasifpun dapat terkena resiko penyakit jantung. Oleh karena itu pastikan anda selalu terhindar dari asap rokok untuk menjaga kesehatan jantung anda.

b.  Tidur secukupnya

Berdasarkan penelitian, orang yang terlalu sering kurang tidur dapat beresiko mengalami kerusakan pada jantung dan memiliki resiko lebih besar mengalami serangan jantung dibandingkan orang yang tidurnya cukup. Maka dari itu, tidurlah secukupnya yaitu sekitar 6 – 8 jam per hari agar tubuh dapat memulihkan diri

c. Olah raga secara teratur
Bila sebelumnya anda tidak pernah berolah raga, maka mulai sekarang anda perlu berolah raga setiap hari secarateratur. Mulailah dengan olah raga yang ringan seperti ; , bersepeda santai , berjalan kaki, dan olah raga ringan lainny. Jangan memaksakan diri untuk melakukan olah raga berat. Bila perlu, anda dapat berkonsultasi dengan dokter tentang olah raga yang paling cocok untuk anda.

d.  Relaksasi secara rutin
Dengan melakukan relaksasi secara rutin setiap hari, maka  membuat jantung untuk dapat memompa darah secara baik yang akan berdampak mengurangi tekanan darah yang tadinya tinggi dan juga membantu menurunkan stress. Ada baiknya juga jika anda mengambil kelas yoga atau meditasi karena selain dapat membuat anda menjadi lebih rileks juga sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung anda.

2.  Dengan Memperhatikan Makanan atau Minuman yang Dikonsumsi
Makanan  atau minuman yang dikonsumsi setiap hari dapat mengakibatkan seseorang memiliki resiko terkena serangan jantung. Sebaiknya kita memperhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari, dan jangan makan atau minum yang dapat memicu serangan jantung. Anda tidak harus meninggalkan makanan dan minuman favorite anda, akan tetapi anda perlu mengontrol asupan makanan dan minuman yang anda konsumsi setiap hari karena ada beberapa makanan dan minuman yang dalam waktu tertentu dapat menjadi pemicu terjadinya serangan jantung pada seseorang apabila dikonsumsi secara terus menerus.
Berikut ini adalah beberapa makanan atau minuman yang harus diperhatikan untuk dikonsumsi untuk menjaga jantung agar tetap sehat :

a. Minum air mineral secukupnya
Kekurangan cairan di dalam tubuh dapat membuat sistem peredaran darah terganggu. Oleh karena itu, pastikan anda selalu minum air putih secukupnya setiap hari sesuai dengan kebutuhan tubuh, normalnya sekitar 2-3 liter air per hari.

b. Kurangi mengkonsumsi garam
Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi pada seseorang, yang pada akhir akan mempengaruhi kerja jantung. Maka dari itu, kurangi porsi garam di dalam makanan anda untuk menjaga jantung anda agar tetap sehat.

c. Kurangi mengkonsumsi makanan berlemak
Sebenarnya lemak (lemak tak jenuh) sangat dibutuhkan oleh tubuh karena tubuh manusia dapat mengubah lemak (lemak tak jenuh) menjadi energi. Namun, jumlah lemak di dalam tubuh harus dikontrol karena kelebihan lemak dapat menghambat aliran darah ke seluruh tubuh yang pada akhirnya dapat mengganggu kesehatan jantung. Jika anda ingin memakan sesuatu yang berlemak, anda dapat mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang walnut, kacang almond dan kacang-kacangan yang lain yang mengandung lemak tak jenuh dan terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

d. Hindari makanan cepat saji
Makanan-makanan cepat saji yang sering kita konsumsi yang menurut kita nikmat ternyata dapat memicu terjadinya serangan jantung. Makanan ini banyak mengandung bahan pengawet, gula, garam, bahan perasa lain, dan banyak mengandung lemak jenuh. Selain itu, jenis makanan cepat saji juga diketahui dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas atau kegemukan.

e.  Hindari mengkonsumsi minuman bersoda
Berdasarkan penelitian dan studi dari dokter ahli kesehatan di Amerika Serikat mengatakan bahwa minuman bersoda dapat mengakibatkan seseorang terserang penyakit jantung koroner.

f. Minum teh hijau tanpa gula
Teh hijau dikenal memiliki kandungan anti oksidan yang dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat. Hal ini sudah terbukti bahwa meminum 2 gelas teh hijau setiap hari dapat menjaga jantung tetap sehat. Selain teh hijau, minuman lain yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung anda adalah teh hitam, jus delima dan anggur merah.

g.  Mengkonsumsi makanan sehat
Ada beberapa makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang ingin menjaga kesehatan jantungnya, diantaranya yaitu : ikan, beras, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah jeruk, bawang putih, gandum dan buah berry.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates