Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Apa Penyebab Kerontokan Rambut Kepala

Apa Penyebab Kerontokan Rambut Kepala

Apa Penyebab Kerontokan Rambut Kepala

Apa Penyebab Kerontokan Rambut Kepala

Apa Penyebab Kerontokan Rambut Kepala

Apa Penyebab Kerontokan Rambut Kepala – Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan, baik pria maupun wanita. Namun yang sering dikeluhkan sebagian besar orang adalah kerontokan. Lalu, bapa penyebab kerontokan rambut? Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi rambut rontok, seperti:

1. Keturunan/hormonal
Faktor keturunan mempengaruhi pola kebotakan, berarti kerontokan permanen pada area tertentu di kepala membuat rambut menipis dan membentuk pola, biasanya di daerah depan rambut. Pola kebotakan rambut sulit dicegah atau ditangani, biasanya lebih sering terjadi pada pria.

2. Kondisi medis/penyakit
Seperti diabetes, alopecia areata (kerusakan folikel rambut), luka atau infeksi pada kulit kepala, dan gangguan kulit lain yang dapat menyebabkan koreng atau bekas luka pada kulit kepala.

3. Efek sampig obat – obatan
Disebabkan obat-obatan yang dikonsumsi untuk mengobati penyakit seperti kanker, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, depresi, dll.

4. Perubahan fisik dan emosional
Seperti melahirkan, berat badan yang turun/naik drastis, stress, dan cedera fisik

5. Praktek hairstyling
Seperti meluruskan rambut, mewarnai rambut, penggunaan hairdryer yang berlebihan

6. Pengaruh Gizi dan Vitamin
Kesehatan rambut perlu dijaga dengan nutrisi yang cukup. Asupan gizi dan vitamin yang kurang menyebabkan rambut mengalami kerontokan akibat helaian rambut yang tumbuh menipis dan mudah rapuh.

7. Jarang Keramas
Rambut akan berminyak dan lembab, sehingga membuat rambut menjadi rontok, terlebih terkena paparan sinar matahari yang membuat rambut bercampur dengan keringat. Lalu rambut pada kulit kepala terserap oleh folikel rambut dan menyebabkan rambut menjadi lepek. Selain itu, usahan jangan terlalu kencang menggosok kepala saat keramas karena akan merusak folikel rambut.

8. Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Rambut yang diikat terlalu kencang menyebabkan akar rambut tertarik, maka jika ingin mengikat rambut dengan kuat usahakan tidak lebih dari 2 jam. Selain menyebabkan kerontokan, ikatan yang kuat juga menyebabkan sakit kepala.

9. Polusi dan Sinar Matahari
Terlalu lama berada dibawah paparan sinar matahari dapat mengakibatkan berbagai penyakit salah satunya menurunnya kesehatan rambut yaitu berkurangnya keratin rambut. Keratin merupakan protein rambut, kuku dan gigi pada manusia. Fungsinya untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap berkilau.

10. Rokok
Rokok mengadung zat adiktif yang dapat merusak organ yang ada didalam tubuh seperti paru-paru, jantung dan lain sebagainya. Tidak hanya dapat merusak organ dalam tubuh tetapi sangat berpengaruh terhadap kesuburan rambut, rokok dapat merusak suplai darah ke folikel rambut (dalam jurnal Archives of Dermatology).

11. Infeksi
Jika kulit kepala terdapat infeksi maka segeralah diobati, karena kalau tidak dapat menyebabkan kerontokan. Biasanya dokter akan memberikan obat antijamur untuk menghindari kerontokan rambut yang lebih parah.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Jangan abaikan jumlah kerontokan rambut yang sedikit, jika terus didiamkan maka kepala akan menjadi botak. Sebelum hal demikian terjadi, lebih baik menghindari/antisipasi.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates