Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Marah Terhadap Kesehatan

Dampak Marah Terhadap Kesehatan

Dampak Marah Terhadap Kesehatan

Dampak Marah Terhadap Kesehatan

Dampak Marah Terhadap Kesehatan

Dampak Marah Terhadap Kesehatan – Menurut ahli psychology menjelaskan apabila amarah yang tidak terkendali maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya untuk kesehatan. Berikut beberapa penyakit berbahaya yang apat ditimbulkan oleh akibat terlalu sering marah, diataranya:

1. Timbul Sakit Kepala
Orang yang tidak mengontrol marahnya, sehingga akan mengeluh pusing serta sakit kepala, akibat tekanan darah naik ke otak serta mengakibatkan kepala menjadi pusing.

2. Timbul Serangan Jantung
Hasil penelitian menyimpulkan, seseorang yang suka marah cenderung akan terkena penyakit serangan jantung. Pada saat marah detak jantung akan meningkat menjadi 180 detak per menit dengan demikian lebih banyak membutuhkan oksigen serta membuat nafas menjadi lebih sesak. Disamping itu, aliran darah ke otot akan mengalami kenaikan yang membuat tubuh menjadi menegang serta pada saat yang sama glukosa akan meningkat untuk memberikan energi bagi otot dalam memompa kelenjar adrenal untuk mengeluarkan hormon adrenalin.

3. Timbul Depresi
Dampak marah- marah akan terjadi depresi serta mengakibatkan tubuh menjadi rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit yang akan mematikan. Depresi tidak hanya akan menyerang tubuh namun akan berdampak pada perilaku, perasaan serta pikiran seseorang. Depresi adalah dampak yang paling berbahaya, sebab bukan hanya fisik yang akan terganggu, akan tetapi jiwa seseorang pun akan terganggu.
Seseorang yang sering marah, cenderung akan memiliki emosi negatif serta kronis. Terlalu sering dikelilingi aura emosi negatif dengan demikian akan merusak tubuh serta pikiran seseorang. Salah satu akibat yang paling membahayakan akibat terlalu sering marah yaitu depresi.

4. Tekanan Darah menjadi Tinggi
Apabila sering marah-marah maka akan mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi. Apabila seseorang yang ada dalam kondisi marah, sehingga jantung mereka akan berdetak lebih cepat, penglihatan serta pendengaran akan menjadi lebih tajam. Akan tetapi, apabila hal ini terjadi secara terus-menerus sehingga akan ada banyak bagian pada sistem kardiovaskular dalam tubuh menjadi rusak. Dengan demikian tekanan darah akan menjadi naik.

5. Timbul Gangguan Penceranaan
Akibat sering marah maka, akan memicu meningkatnya asam lambung dalam tubuh serta mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit lambung, contohnya maag serta gangguan penyakit pencernaan lainnya.

6. Menyebabkan Stroke
Stroke adalah suatu penyakit pembuluh darah otak dimana, pasokan darah yang akan menuju bagian otak akan mengalami gangguan. Penyakit ini ditandai dengan kematian jaringan otak yang diakibatkan adanya penyempitan ataupun pecahnya pembuluh darah menuju otak, dengan demikian pasokan darah serta oksigen ke otak berkurang serta menimbulkan serangkaian reaksi biokimia yang akan merusak dan mematikan sel – sel saraf otak.

Itulah akibat apabila seseorang mudah marah. Marah adalah reaksi emosional yang sangat wajar, sama halnya dengan perasaan takut, bersalah serta sedih. Akan tetapi marah meyebabkan dampak langsung yang lebih merusak. Hasil penelitian pun menyimpulkan, apabila setiap kali seseorang marah ehingga telah terjadi berbagai perubahan pada seluruh tubuhnya, mulai dari hati, pembuluh darah, perut, otak serta kelenjar-kelenjar yang ada di dalam tubuh. Seluruh jalan fungsi tubuh yang alamiah akan mengalami berubah pada waktu marah, termasuk juga hormon yang akan berubah menjadi bahan bakar pada saat timbul rasa marah.

Dengan demikian, marah hanya akan mempercepat kita dalam proses kematian hidup. Sehingga, sebisa mungkin agar jauhi sikap marah yang terlalu berlebihan. Mungkin salah satu cara  yang paling simpel serta yang sering dilakukan untuk menekan rasa marah pada diri yakni dengan menarik nafas dalam – dalam kemudian mengeluarkannya secara perlahan – lahan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates