Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Rambut Beruban

Ketahui Penyebab Rambut Beruban

Ketahui Penyebab Rambut Beruban

Ketahui Penyebab Rambut Beruban

Ketahui Penyebab Rambut Beruban

Ketahui Penyebab Rambut Beruban – Ketahui Penyebab Rambut Beruban – Rambut beruban sudah menjadi hal yang lumrah terjadi pada usia tua atau dikenal sebagai istilah uban alamiah. Akan tetapi terkadang rambut beruban akan muncul pada saat usia masih terbilang muda, yang dikenal dengan istilah sebagai uban prematur. Terdapat banyak sekali penyebab timbulnya rambut beruban. Akan tetapi secara umum penyebab rambut beruban bisa dibedakan menjadi dua, yakni akibat faktor intrinsik serta akibat faktor ekstrinsik.

Faktor intrinsik yang bisa mengakibatkan terjadinya uban yaitu seperti gangguan hormon, gangguan enzim, akibat genetik atau akibat pengaruh usia. Sedangkan faktor ekstrinsik akibat munculnya rambut beruban seperti akibat toksin atau racun, akibat pemakaian berbagai zat pewarna rambut ataupun shampo, akibat perubahan iklim, atau akibat rambut terkontaminasi dengan bahan kimia yang dapat merusak folikel rambut. Berikut uraian lebih jelasnya:

1.  Penyebab Faktor Intrinsik timbulnya Rambut Beruban

Timbulnnya rambut beruban diakibatkan karena masalah sintesa protein, dimana sel melanosit tidak mampu lagi menghasilkan pigmen melanin dengan demikian rambut akan menjadi kehilangan warna. Menurunnya fungsi sel melanosit akibat kerusakan kolagen di dalam tubuh sebab menurunnya kadar enzim katalase. Enzim katalase berguna untuk menguraikan hidrogen peroksida untuk menjadi hidrogen serta air di dalam tubuh. Apabila kadar enzim katalase menjadi sangat sedikit, hidrogen peroksida tidak akan terurai dengan sempurna, dengan demikian dapat merusak kolagen.

Kolagen merupakan salah satu protein yang bisa menyusun tubuh manusia serta keberadaannya akan mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di dalam tubuh. Kolagen ini merupakan struktur organik yang menjadi pembangun tulang, gigi, sendi, otot, rambut serta kulit.

Selain itu, akibat Stres, akibat kurang gizi, akibat syok, akibat kekhawatiran atau ataupun kesedihan yang mendalam, ketegangan tinggi serta akibat sakit keras juga dapat memperlambat produksi melanin dengan demikian muncullah rambut putih atau disebut dengan uban.

Selain itu juga, uban bisa muncul karena disebabkan akibat faktor genetik, bahkan genetik merupakan faktor yang jadi pencetus yang sangat kuat. apabila ayah ataupun ibu Anda sudah beruban pada saat menginjak usia tiga puluh tahunan, kemungkinan besar Anda pun akan mengalami hal yang sama juga.

2.  Penyebab Faktor Ekstrinsik timbulnya Rambut Beruban

Terdapat banyak faktor eksternal yang dapat memicu tumbuhnya rambut yang beruban. Akibat mempunyai kebiasaan merokok merupakan salah satu pencetus timbulnya rambut beruban.  Nikotin merupakan salah satu kandungan dalam rokok yang apabila dihisap akan terserap ke dalam darah sehingga akan menghambat aliran nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh dengan demikian akan menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar serta akan menghambat pertumbuhan rambut.

Selain akibat merokok, diet yang tidak benar juga akan mengakibatkan pertumbuhan uban akibat asupan nutrisi yang kurang. Apabila asupan gizi serta mineral penting untuk pertumbuhan rambut tidak terpenuhi dengan baik, dengan demikian rambut akan lebih rentan rusak, termasuk akan menguban.

Akibat penggunaan pewarna rambut yang digunakan secara berlebihan juga menjadi salah satu penyebab eksternal munculnya rambut beruban. Perlu diketahui bahwa zat-zat pewarna rambut tidak hanya akan menempel pada batang rambut saja, akan tetapi juga dapat meresap ke dalam pori-pori kulit kepala penggunanya. Dampaknya zat kimia yang terkandung di dalam pewarna tentu akan sangat mempengaruhi kesehatan rambut seseorang.

Akibat penggunaan shampo yang tidak cocok dengan rambut juga akan menjadi penyebab tumbuhnya uban. Pada saat ini terdapat banyak sekali produk shampo yang beredar di pasaran serta tidak semuanya cocok dengan keadaan rambut Anda. Biasanya kesalahan dalam penggunaan shampo akan mengakibatkan kerusakan rambut, menyebabkan tumbuhnya ketombe sampai rambut ubanan.

 

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates