Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Sinar Matahari Pagi

Manfaat Sinar Matahari Pagi

Manfaat Sinar Matahari Pagi

Manfaat Sinar Matahari Pagi

Manfaat Sinar Matahari Pagi

Manfaat Sinar Matahari Pagi – Sinar matahari pagi memberi banyak manfaat, misalnya salah satu manfaat yang popular kita ketahui adalah sinar matahari sebagai pro vitamin D dalam tubuh. Bahkan ada terapi yang menggunakan sinar matahari, yaitu heliotherapy. Ada juga terapi Atapa Snana yang merupakan istilah dalam olahraga yoga bermanfaat penyembuhan dari berjemur di bawah sinar matahari. Demi tujuan kesehatan, dapatkan paparan sinar matahari pagi secara rutin.

1. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh
Dikutip oleh mindbodygreen.com, sinar matahari dapat mengubah kolesterol tinggi dalam darah menjadi hormon steroid dan hormon seksual yang dibutuhkan untuk reproduksi. Namun sebaliknya, hormon tersebut bisa berubah menjadi kolesterol bila kita tak mendapatkan sinar matahari yang cukup.

2. Meningkatkan Pasokan Oksigen dalam Tubuh
Hampir mirip dengan efek yang didapat dari olahraga, sinar matahari dapat menambah pasokan oksigen dalam tubuh. Sinar matahari juga baik untuk perkembangan otot dan  stamina, serta kesehatan tubuh. Sesibuk apapun, usahakan untuk mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup agar tubuh terjaga kebugarannya.
Bagi yang mempunyai masalah dengan tekanan darah tinggi, disarankan untuk mendapatkan paparan sinar matahari pagi yang cukup. Cara ini bisa bantu menurunkan tekanan darah.

3. Membantu Membersihkan Darah Serta Pembuluh Darah
Sinar matahari yang diserap kulit bisa membantu membersihkan darah dan pembuluh darah. Literatur medis yang dipublikasikan di Eropa menyatakan bahwa penderita atherosclerosis (arteri yang mengeras) dapat membaik setelah terkena sinar matahari. Selain itu juga, sinar matahari diyakini dapat digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kulit seperti psoriasis, eksim, jerawat, dan infeksi jamur.
Paparan sinar matahari pagi juga bisa membunuh bakteri jahat. Terbukti oleh Tentara jerman setelah Perang Dunia II yang dibuat oleh pemenang hadiah Nobel, Niels Finsen. Para tentara menggunakan sinar matahari untuk mensterilkan dan menyembuhkan luka. Tentu hal ini tampaknya juga harus dalam pengawasan dokter.

4. Mengurangi Risiko Terkena Stres dan Depresi
Bagi karyawan yang duduk di kantor sepanjang hari tanpa sinar matahari, hanya dengan penerangan lampu ruangan, kondisi tersebut bisa terkena “tipuan cuaca” yang kemudian berisiko terkena Seasonal Affective Disorder, yaitu salah satu jenis depresi yang biasanya paling banyak dialami oleh orang-orang yang bekerja berjam-jam di dalam ruangan. Sedangkan, sinar matahari bisa menghantarkan 100.000 lux. Sinar matahari pagi yang didapatkan bisa membantu mengurangi risiko bahkan mengatasi stres dan depresi yang dirasakan.

Paparan sinar matahari pagi yang dinilai baik dan sehat untuk tubuh ialah sinar matahari yang didapatkan pada pukul 6 – 8 pagi. Dan tidak perlu berlebihan juga untuk mendapatkannya menghindari kulit terbakar, apalagi jika jenis kulit tergolong sensitif. Bisa diimbangi juga dengan olahraga, agar manfaat yang didapatkan optimal..

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates