Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Tahu dalam Kesehatan Tubuh

Manfaat Tahu dalam Kesehatan Tubuh

Manfaat Tahu dalam Kesehatan Tubuh

Manfaat Tahu dalam Kesehatan Tubuh

Manfaat Tahu dalam Kesehatan Tubuh

Manfaat Tahu dalam Kesehatan Tubuh – Tahu mengandung isoflavon yang dapat mengurangi kolesterol jahat yang berfungsi untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Kandungan zat besi dalam tahu juga dapat membantu dalam pembuatan hemoglobin. Tidak hanya kaya akan protein, kadar karbohidrat rendah, tahu juga memiliki kandungan kalsium dan Vitamin E. Berikut merupakan manfaat tahu yang perlu diketahui:

1. Mengurangi risiko penyakit jantung
Dalam sebuah penelitian dinyatakan bahwa mengkonsumsi 80 mg isoflavon setiap hari dapat meningkatkan aliran darah sebanyak 68% pada pasien yang menderita risiko penyakit stroke. Isoflavon pada kedelai dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan meningkatkan elastisitasnya. Mengkonsumsi 50 gram protein kedelai setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 10%.

2. Mengurangi risiko kanker
Tahu merupakan sumber selenium yang dibutuhkan agar sistem antioksidan berfungsi dengan baik. Pada pria, mengkonsumsi tahu dapat mengurangi risiko kanker prostat.
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada koresponden perempuan, koresponden yang mengkonsumsi tahu dapat mengurangi risiko kanker payudara sebesar 60% dibandingkan koresponden yang tidak. Hal demikian dikarenakan isoflavon mempengaruhi siklus menstruasi dan kadar estrogen pada darah.

3. Mengurangi risiko diabetes
Beberapa penelitian pada sel dan hewan membuktikan bahwa isoflavon pada kedelai dapat mengendalikan gula darah. Dalam sebuah studi pada koresponden perempuan menopause yang menderita diabetes, diketahui bahwa koresponden yang mengkonsumsi 30 gram protein kedelai dapat mengurangi kadar insulin sebesar 8,1%, mengurangi kadar kolesterol jahat sebesar 7,1% dan resistansi terhadap insulin sebesar 6,5%.

4. Mencegah rambut rontok
Rambut terbuat dari protein yang disebut keratin. Mengkonsumsi tahu setiap hari, rambut akan diproduksi lebih banyak dan menjaganya tetap sehat.

5. Memperlambat proses penuaan
Mengkonsumsi 40 mg isoflavon kedelai setiap hari dapat mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit setelah 8 – 12 minggu. Masker tahu dapat membantu memelihara kesehatan kulit. Pada perempuan yang sudah menopause, tahu dapat mengurangi risiko tulang keropos karena mengandung kalsium. Tahu juga efektif untuk mencegah rheumatoid arthritis, serta menyeimbangkan kadar estrogen pada masa pra-menopause.

6. Meningkatkan sirkulasi darah
Kandungan zat besi dan tembaga di dalam tahu dapat meningkatkan sirkulasi darah, mencegah gejala anemia dan menjaga organ tubuh tetap bekerja dengan lancar.

7. Rendah kalori
Vitamin K, thiamin, riboflavin, Vitamin B6, folate, serta asam pantothenic dan niacin dapat mencegah meningkatnya berat badan.

8. Menjaga kesehatan tulang
Tembaga, seng, selenium, dan mangan penting bagi kesehatan tulang sehingga, dapat menjaga tubuh dari osteoporosis dan arthritis.

9. Mengandung selenium
Selenium berfungsi menjaga ratusan proses di dalam tubuh dan dapat meningkatkan metabolisme.

10. Memberikan rasa kenyang dan tanpa lemak jenuh
Tahu dapat memberikan rasa kenyang yang dapat mencegah makan berlebih. Selain itu, tahu tidak mengandung lemak jenuh penyebab penyakit jantung, hipertensi, dan berbagai macam penyakit lainnya.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates