Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Manfaat Telur Bagi Kesehatan – Telur dikategorikan sebagai ‘superfood’ yang memberikan banyak manfaat, sumber protein tinggi, meningkatkan kecerdasan otak, dan manfaat kesehatan lainnya. Di bawah ini beragam keuntungan dan manfaat yang bisa diperoleh dari telur:

1. Telur Mengandung Sangat Banyak Nutrisi
Telur mengandung cukup vitamin E, vitamin K, zat besi, seng (zync), kalsium, serta beberapa mineral lain dalam jumlah yang lebih kecil.

2. Telur Menyediakan Proten Berkualitas Tinggi
Protein merupakan agen pembentuk utama dalam tubuh, membentuk jaringan baru yang sehat, memperbaikan jaringan yang rusak dan merangsang pertumbuhan. Sebutir telur mengandung 6,5 gram protein. Terdapat banyak jenis asam amino dalam telur, asam amino adalah pembentuk protein. Sekitar 9 jenis asam amino dalam telur tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

3. Telur Baik untuk Kesehatan Mata
Telur mengandung vitamin A, kekurangan vitamin A menyebabkan menurunnya fungsi penglihatan serta berbagai gangguan mata seperti degenerasi macula dan katarak.
Telur mengandung Lutein and Zeaxanthin, senyawa tersebut memegang peranan penting dalam kesehatan mata. Keduanya biasanya terkumpul di sekitar retina mata untuk melindungi mata dari berbagai substansi berbahaya.
Antioksidan ini sangat diperlukan, terlepas dari usia, baik anak-anak, orang dewasa, hingga lansia.

4. Telur Mengandung Kolin, Baik untuk Kesehatan dan Perkembangan Otak
Kolin memfasilitasi perkembangan otak mulai dari dalam kandungan, anak-anak, hingga usia lanjut. Kolin berfungsi dalam membangun membran sel dan berperan dalam memproduksi molekul sinyal di otak, memperbaiki fungsi memori otak, dan fungsi lainnya yang berhubungan dengan kesehatan otak.
Sebutir telur perhari bisa mencukupi kebutuhan kolin untuk wanita hamil sebanyak 28%. Kolin sangatlah penting selama masa kehamilan dan menyusui, karena berperan penting dalam perkembangan otak dan peningkatan memori janin.

5. Telur Tidak Meningkatkan Kolesterol dalam Tubuh
Dalam penelian terkait respon terhadap konsumsi telur cukup beragam:
a. Lebih dari 70% menyatakan bahwa telur tidak meningkatkan kolesterol sama sekali.
b. Sisanya mengatakan bahwa telur dapat meningkatkan total kolesterol dalam jumlah ringan atau sangat kecil.

6. Telur Meningkatkan Level HDL (Kolesterol Baik) dalam Tubuh
Orang yang memiliki tingkat HDL lebih tinggi dapat menurunkan resiko penyakit jantung, stroke, dan gangguan kesehatan lainnya. Dalam sebuah penelitian, menyatakan bahwa mengkonsumsi 2 telur setiap hari selama 6 minggu mampu meningkatkan HDL sebesar 10%.

7. Telur Membantu Menurunkan Berat Badan
Mengkonsumsi telur bisa membuat merasa kenyang, karena kandungan protein tinggi di dalamnya. Telur juga memiliki tingkat satiety index yang tinggi. Satiety index yaitu ukuran untuk mengetahui apakah makanan bisa memberikan ‘rasa kenyang’ tanpa menambah lebih banyak kalori ke dalam tubuh.
Kombinasi telur, gandum utuh (whole grain) dan tambahan sayuran, cukup untuk menu yang sehat, serta memberikan energi untuk menjalankan aktivitas.

8. Telur Baik untuk Melindungi Tulang
Telur mengandung vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium serta mendukung kesehatan tulang. Karen itu, telur penting dalam mencegah osteoporosis, apalagi jika dikombinasikan bersama dengan berbagai sumber kalsium lainnya.

9. Telur Baik untuk Rambut dan Kuku
Telur mengandung asam amino, vitamin A dan E serta berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut dan kuku.
Rambut akan lebih kuat dan sehat jika mendapatkan asupan vitamin A, B12, protein, zync, dan sulfur dari telur. Telur juga bisa digunakan untuk merawat rambut dengan menjadikannya sebagai conditioner.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates