Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Menu Makan Sehat Saat Sahur

Menu Makan Sehat Saat Sahur

Menu Makan Sehat Saat Sahur

Menu Makan Sehat Saat Sahur

Menu Makan Sehat Saat Sahur

Menu Makan Sehat Saat Sahur – Perubahan waktu makan saat puasa perlu diimbangi dengan menu makan sehat dan seimbang agar tidak menyebabkan gangguan pencernaan. Tubuh tetap memiliki kebutuhan nutrisi yang sama dengan saat kita tidak berpuasa. Walaupun jumlah makanan yang masuk tubuh berkurang, gizinya harus tetap tercukupi. Saat berpuasa, masih banyak aktivitas dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Supaya tubuh tidak lemas dan tetap sehat, usahakan tidak melewatkan waktu sahur. Meski disunnahkan mengakhirkan sahur, sediakan waktu yang cukup agar tidak tergesa-gesa.

1. Karbohidrat
Pemilihan sumber karbohidrat sangat penting untuk menentukan ketersediaan energi. Pilih sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh, sereal, beras merah, oat, kentang, lentil, dan lain-lain. Karbohidrat kompleks dicerna secara bertahap sehingga dapat menjaga kenaikan kadar gula darah (glukosa) dan memberikan ‘rasa kenyang’ lebih lama.

2. Protein dan lemak
Meski perlu dibatasi, lemak tetap dibutuhkan untuk mencerna vitamin A, D, E, dan K. Penambahan lemak dalam makanan dapat memperlambat metabolisme gula dan mempertahankan energi lebih lama. Pilih sumber lemak tak jenuh seperti yang diberikan minyak zaitun, minyak canola,kacang-kacangan, atau ikan laut (tuna, salmon, dll.)
Saat cadangan karbohidrat dan lemak habis, protein akan digunakan sebagai sumber energi utama oleh tubuh. Untuk mencegah hilangnya massa otot, penuhi kebutuhan protein lewat konsumsi daging ayam tanpa kulit, telur, tempe, tahu, ikan, atau produk peternakan rendah lemak lainnya. Protein diperlukan untuk memperbaiki sel yang rusak dan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Sayur dan buah
Untuk mencegah sembelit atau susah BAB saat puasa, kebutuhan serat harus dipenuhi lewat sayur dan buah-buahan. Makanan kaya akan serat juga dicerna perlahan oleh tubuh, memberi rasa kenyang lebih lama, dan dapat mencegah lonjakan asam lambung.
Sayur dan buah mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia yang diperlukan oleh tubuh. Dibandingkan mengkonsumsi satu jenis sayur dan buah-buahan tertentu, kombinasikan atau variasikan menu agar gizi yang diserap tubuh juga beragam. Kurangi buah dan sayur yang dapat merangsang produksi gas seperti kol dan kubis.

4. Cairan
Kecukupan cairan saat berpuasa sangat penting untuk mencegah dehidrasi. Jika jumlah yang disarankan per hari adalah 2 L atau 8 L, bagi pemenuhannya bisa dikonsumsi saat sahur, buka, dan malam menjelang tidur. Tak hanya air putih, bisa juga mengkonsumsi jus dan buah segar yang juga menyediakan vitamin dan mineral. Misalnya semangka, melon, dan jeruk. Air kelapa juga baik dikonsumsi karena kandungan elektrolitnya yang tinggi.
Selain itu, ada juga susu murni steril yang mudah diserap oleh tubuh dan dapat menjaga stamina sepanjang hari selama melakukan puasa wajib atau sunnah.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates