Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Mineral Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mineral Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mineral Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mineral Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mineral Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mineral Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh – Tak hanya mengkonsumsi vitamin, mengonsumsi mineral tambahan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut mineral-mineral yang dapat meningkatkan sistem imunitas berikut ini:

1. Kromium
Penelitian menunjukkan bahwa kromium meningkatkan kemampuan sel darah putih dalam melawan infeksi. Kromium juga digunakan untuk mengatur kadar gula darah agar tetap normal.

2. Tembaga
Defisiensi tembaga mempengaruhi sistem imun dan mengurangi fungsi sel yang menyerang bakteri. Namun belum diketahui apakah tambahan suplemen tembaga yang kebutuhannya telah terpenuhi dapat meningkatkan sistem imun.

3. Besi
Defisiensi zat besi menghambat respon imun dan berkaitan dengan menurunnya fungsi pagositas untuk melawan jamur. Kekurangan zat besi juga menyebabkan anemia dan memicu komplikasi lain seperti tachycardia dan restelss legs syndrome.
Meski demikian, tak perlu berlebihan dalam mengonsumsi zat besi karena jika berlebihan justru berbahaya bagi sistem imun. Zat besi dalam jumlah tinggi meningkatkan pembentukan radikal bebas intrasel, menyebabkan kerusakan oksidatif, mengurangi produksi sitokin, dan memicu perkembangan patogen intrasel.

4. Mangan
Mangan diperlukan untuk pementukan kulit, tulang, dan tulang rawan. Mangan juga dapat membantu mengaktifkan superoxida dismutase, enzim antioksidan yang penting bagi tubuh. Mangan diketahui bisa mengingkatkan aktivitas makrofaga, sel darah putih yang berfungsi untuk membersihkan tubuh dari bakteri yang tidak diinginkan.

5. Selenium
Selenium merupakan faktor nutrisi tunggal paling penting bagi kelangsungan hidup penderita AIDS. Selenium pun dapat melindungi dari kerusakan jantung akibat cytomegalovirus. Defisiensi selenium diduga dapat menyebabkan virus bermutasi menjadi lebih berbahaya.

6. Seng
Beberapa penelitian menunjukkan seng dapat memulihkan daya tahan tubuh yang melemah. Defisiensi seng dapat menurunkan kemampuan sel T dan sel imun lainnya. Seng banyak digunakan untuk mengobati flu. Namun, sama dengan zat besi dan mangan, kelebihan seng dapat mengganggu daya tahan tubuh sehingga dosisnya harus diperhatikan.

7. Arginine
Asam amino l-arginine meningkatkan respon sel T yang diperlukan dalam autoimune. Arginine juga dapat mempercepat pemulihan setelah menjalani operasi serta pengobatan kanker dan AIDS. Namun, perlu berhati-hati karena kadar arginine yang sangat tinggi dapat bersaing dengan lisin, asam amino yang menjaga tubuh dari virus.

8. Alkilgliserol (AKG)
AKG meningkatkan produksi sel-sel darah putih, total antioksidan dalam darah, serta respon alami dalam melawan bakteri dan jamur. Nutrisi yang banyak terdapat pada liver ikan hiu ini telah digunakan selama lebih dari 50 tahun di Eropa dalam pengobatan dan pencegahan kanker. AKG banyak dipakai untuk melawan infeksi dan gangguan pernafasan.

9. Koenzim Q10 (CoQ10)
CoQ10 meningkatkan daya tahan tubuh dengan memperkuat makrofaga dan meningkatkan energi. Peranan CoQ10 termasuk penting karena jaringan dan sel dalam sistem imun sangat bergantung pada kesedian energi. CoQ10 termasuk salah satu antioksidan lipid terpenting dan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. CoQ10 kerap digunakan dalam perawatan atau pencegahan berbagai penyakit, termasuk darah tinggi, gagal ginjal, penyakit jantung, Parkinson, AIDS, alergi, migrain, dan periodontal.

10. Dimetilglisin (DMG)
DMG merupakan turunan asam amino glisin yang ditemukan secara alami di polong-polongan, gandum sereal, dan liver. Beberapa penelitian menunjukkan jika DMG menstimulasi sistem imun dan fungsi neurologis.

11. Fitonutrien
Fitonutrien merupakan senyawa bioaktif yang ditemukan dari tumbuhan. Fitonutrien dihasilkan tumbuhan untuk melindungi dirinya dari virus, bakteri, dan jamur. Mengonsumsi makanan kaya fitonutrien diyakini meningkatkan sistem imun dan mengeluarkan karsinogen dari tubuh.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates