Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Nutrisi Untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi Untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi Untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi Untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi Untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi Untuk Kesehatan Tulang – Kalsium dan vitamin D sangat penting dalam kesehatan tulang. Kalsium menguatkan tulang dan struktur gigi, sedangkan vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Kekurangan keduanya bisa menyebabkan penyakit tulang metabolik pada bayi dan anak-anak, penipisan tulang, osteoporosis, hingga malformasi tulang. Pencegahannya, diet untuk kesehatan tulang perlu dimulai dari usia dini. Berikut beberapa makanan yang penting untuk kesehatan tulang:

1. Susu
Susu merupakan sumber utama kalsium. Sekitar 235 ml susu sapi murni mengandung 300 mg kalsium. Susu mengandung protein, beberapa susu telah difortifikasi dan mendapat tambahan vitamin D.

2. Keju
Keju banyak mengandung kalsium. Keju yang dikentalkan dengan enzim memiliki kalsium 2 kali lebih tinggi daripada yang dikentalkan dengan asam. Sekitar 100 gr keju cheddar memiliki sekitar 721 mg kalsium. Pada umumnya keju diberi tambahan vitamin D, namun jumlahnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

3. Yogurt
Sekitar 1 cup yogurt murni tanpa lemak mengandung sekitar 300 mg. Dalam yogurt terdapat protein lactoferrin yang baik untuk pertumbuhan dan aktivitas sel pembentuk tulang.

4. Sarden
Ikan sarden kaya akan kalsium, vitamin D, fosfor untuk menguatkan matriks tulang, homosistein terkait dengan osteoporosis, dan vitamin B12 yang dapat mendukung kesehatan tulang.

5. Telur
Namun, telur kaya vitamin D yang dibutuhkan untuk penyerapan kalsium. USA Office of Dietary Suplement membuktikan bahwa tubuh mampu menyerap 30% kalsium yang terdapat pada makanan.

6. Salmon
Ikan salmon mengandung kalsium. Sama seperti sarden, salmon dengan tulang lunak mengandung kalsium dan magnesium, asam lemak omega-3 yang membantu mencegah pengeroposan tulang pada wanita dan mencegah osteoporosis.

7. Tuna
Tuna termasuk ikan berminyak seperti sarden dan salmon yang kaya vitamin D, A dan fosfor untuk menjaga kesehatan gigi,kulit, serta tulang.

8. Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau seperti sawi, pakcoy, brokoli, kol, dan kale mengandung vitamin K yang membantu mengatur kalsium dan menguakan tulang. Studi oleh Feskanich tahun 1999 membuktikan jika konsumsi vitamin K berpengaruh pada penurunan risiko patah tulang pinggul pada wanita.

9. Polong-polongan
Polong-polongan kaya akan kalsium, magnesium, serat, dan nutrisi lainnya. Namun, polong-polongan memiliki phytate yang dapat menghalangi penyerapan kalsium. Untuk menguranginya dapat merendam polong-polongan di air selama beberapa jam dan memasaknya di air bersih.

10. Kacang pohon dan biji-bijian
Walnut dan flaxseed mengandung asam lemak omega 3. Almond dan kacang pohon mengandung potasium yang dapat mencegah kehilangan. Kacang pohon juga kaya protein yang dapat mendukung pembentukan tulang kuat.

11. Produk pangan terfortifikasi
Beberapa produk pangan olahan diberikan tambahan nutrisi misalnya vitamin D pada sereal dan kalsium pada jus jeruk. Jangan lupa memeriksa tabel nutrisi untuk mengetahui jumlah pastinya.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates