Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Nutrisi yang Baik Untuk Otak

Nutrisi yang Baik Untuk Otak

Nutrisi yang Baik Untuk Otak

Nutrisi yang Baik Untuk Otak

Nutrisi yang Baik Untuk Otak

Nutrisi yang Baik Untuk Otak – Nutrisi otak dapat membantu regenerasi sel, melindungi sel-sel otak, hingga meningkatkan memori dan kemampuan berpikir. Selain itu mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan otak, misalnya dementia, Alzheimer, dan Parkinson. Simak beberapa daftar makanan yang dapat menutrisi otak:

1. Telur
Kolin yang terdapat dalam kuning telur merupakan nutrisi yang memfasilitasi perkembangan otak mulai dalam kandungan, anak-anak, hingga usia lanjut. Kolin berfungsi membangun membran sel dan memproduksi molekul sinyal di otak, memperbaiki fungsi memori, dan fungsi lainnya yang berhubungan dengan kesehatan otak.

2. Ikan Salmon
Salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang berperan sangat esensial untuk otak dan fungsi kognitif. Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Neurology, menyatakan bahwa omega-3 dapat mendongkrak fungsi otak orang dewasa usia produktif.
Selain itu, berdasarkan penelitian di University of Pittsburgh, menyatakan bahwa orang berusia di bawah 25 tahun yang diberikan peningkatan asupan omega-3 selama 6 bulan memberikan nilai tes yang jauh lebih baik dalam hal memori. Ikan lain yang kaya omega-3 adalah sarden dan ikan haring.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan, misalnya walnut, almond hingga selai kacang, mengandung lemak tak jenuh dan vitamin E yang tinggi, untuk membuat kerja otak lebih baik. Vitamin E juga mencegah berbagai radikal bebas yang dapat merusak sel otak. Walnut dan jenis kacang-kacangan lainnya, sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak. Sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Epidemiology mengatakan bahwa vitamin E dapat mencegah penurunan fungsi kognitif, khususnya pada orang usia lanjut.

4. Alpukat (avocado)
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) yang dapat memperlancar aliran darah di- dan ke otak yang dapat berfungsi dengan performa tinggi.

5. Oat
Oat (oatmeal) merupakan sumber karbohidrat kompleks jika terbuat dari gandum murni, dimana karbohidrat akan dilepas secara perlahan oleh tubuh sehingga otak akan merasa ‘kenyang’ beberapa jam lebih lama dari biasanya.

6. Minyak Zaitun (olive oil)
Kandungan pada minyak olive membantu meningkatkan memori, serta mencegah dementia (pikun) dan berbagai penurunan fungsi kognitif lainnya. Minyak zaitun juga bersifat antioksidan dan anti-inflamasi untuk mencegah kanker.

7. Tomat
Lycopene, senyawa antioksidan yang melimpah pada tomat, dapat melindungi otak dari radikal bebas yang bisa menyebabkan penurunan fungsi otak hingga kanker.

8. Biji Labu
Segenggam biji labu dapat memenuhi asupan zinc harian yang dapat meningkatkan memori dan kemampuan berpikir.

9. Brokoli
Brokoli mengandung vitamin B6, vitamin E, , kolin, asam lemak omega-3 protein, zinc, dan selenium yang berkontribusi pada kesehatan sel-sel otak. Brokoli juga merupakan sumber kalsium, zat besi, fospor, mangan, tembaga, vitamin A (dalam bentuk karotenoid), dan vitamin B1.

10. Bayam
Sayur bayam, termasuk kale, collard green, brokoli, adalah sumber vitamin E untuk mempertajam fungsi kognitif, dan asam folat untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh, termasuk ke otak, dan mencegah matinya sel-sel di otak.

11. Biji bunga matahari
Vitamin E yang melimpah dalam biji bunga matahari merupakan antioksidan untuk otak, mencegah penurunan fungsi kognitif, serta mempertajam kerja otak.

12. Susu dan produk susu
Susu, termasuk produk-produk susu, mengandung vitamin B-kompleks dan protein yang akan berkontribusi dalam membangun sel-sel otak dan mempertajam kinerja neurotransmitter, sekaligus meningkatkan fungsi otak.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates