Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab Munculnya Jerawat Di Punggung Dan Dada

Penyebab Munculnya Jerawat Di Punggung Dan Dada

Penyebab Munculnya Jerawat Di Punggung Dan Dada

Penyebab Munculnya Jerawat Di Punggung Dan Dada

Penyebab Munculnya Jerawat Di Punggung Dan Dada

Penyebab Munculnya Jerawat Di Punggung Dan Dada – Selain di wajah, jerawat juga dapat tumbuh di bagian tubuh manapun kecuali telapak tangan dan kaki. Soalnya, kedua area tersebut tidak memiliki kelenjar minyak yang dapat memicu munculnya jerawat. Sekitar 92% manusia pernah memiliki jerawat di wajah, 60% di punggung dan dada. Biasanya, pria lebih rentan mengalami jerawat di bagian tubuh manapun, sedangkan wanita mudah memiliki jerawat di wajah. Namun, bukan berarti wanita bebas jerawat di punggung dan dada.

Penyebab munculnya jerawat di punggung dan dada masih belum diketahui. Namun pada umumnya, disebabkan oleh faktor yang sama dengan jerawat di wajah. Ada juga faktor-faktor lain seperti iritasi atau kombinasi keduanya. Lebih jelasnya, berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya jerawat di punggung, dada, dan bagian badan secara umum:

1. Hormonal
Orang yang rentan memiliki jerawat di wajah, punggung dan dada berkaitan dengan faktor hormonal yang mereka miliki. Perubahan hormonal menyebabkan produksi minyak berlebih yang memicu munculnya jerawat.
Sebum adalah zat berminyak yang diproduksi kelenjar minyak dapat menyumbat pori bersama sel kulit mati dan bakteri. Terlebih lagi, punggung dan tubuh biasanya memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan wajah. Tubuh juga memiliki lapisan kulit yang lebih tebal dan pori-pori yang lebih besar sehingga jerawat dapat muncul dalam kondisi yang lebih parah.

2. Iritasi
Jerawat yang muncul akibat iritasi atau kerap disebut sebagai Acne mechanica mudah dijumpai di punggung. Hal demikian disebabkan oleh banyaknya aktivitas yang hampir selalu melibatkan gesekan di punggung.
Gesekan berulang dapat menimbulkan iritasi dan memicu munculnya jerawat. Shaving dan waxing dapat menggores dan melukai kulit. Penggunaan deterjen dan sabun yang tidak cocok dapat memperparah iritasi. Maka dari itu, hindari body lotion atau produk perawatan tubuh yang bisa menyumbat pori atau mengandung parfum dan pewarna.

3. Keringat
Kelembaban dan keringat mempengaruhi munculnya jerawat. Keringat dapat bercampur dengan sebum dan bakteri yang kemudian akan menyumbat pori. Karena itulah orang yang aktif bergerak biasanya lebih rentan terkena jerawat di punggung dan dada.

4. Pakaian
Beberapa bahan material sintetis seperti lycra dan polyester dapat menahan kelembaban yang akan bercampur dengan minyak. Akibatnya, menyumbat pori-pori dan mempermudah munculnya  komedo serta jerawat. Pakaian yang terlalu ketat juga dapat mengganggu sirkulasi udara pada kulit dan menahan keringat.

5. Sprei dan selimut
Sprei dan selimut dapat menyerap kotoran dan keringat. Kotoran yang semakin bertumpuk dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri. Jika sprei dan selimut tidak dicuci secara teratur, tumpukan kotoran dapat menimbulkan jerawat di punggung dan dada.

6. Penyakit kulit tertentu
Beberapa penyakit kulit tertentu dapat memicu munculnya jerawat di punggung dan dada. Misalnya Pityriasis capitis (ketombe) yang ditandai oleh pengelupasan kulit berlebih. Selain itu, ada seborrheic dermatitis (peradangan kulit disertai kulit bersisik dan erythema), dan polycystic ovarian diseases (PCOD).
Setelah mengatahui penyebabnya, tentu akan mempermudah dalam menentukan langkah yang tepat untuk mengatasinya, serta mengambil tindakan untuk mencegah agar jerawat di badan tidak muncul kembali.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates