Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Penyebab Munculnya Kantung Mata

Penyebab Munculnya Kantung Mata

Penyebab Munculnya Kantung Mata

Penyebab Munculnya Kantung Mata

Penyebab Munculnya Kantung Mata

Penyebab Munculnya Kantung Mata – Meski bukan termasuk masalah yang serius, lingkaran hitam di bawah mata (sering juga disebut mata panda) ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri bagi sebagian orang. Pasalnya, wajah jadi terlihat tidak segar. Sebelum buru-buru mencari cara mengatasinya, ada baiknya jika mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Karena jika tahu penyebab pastinya, akan lebih mudah mencari solusi yang paling tepat untuk mengatasinya. Berikut ini factor-faktor yang dapat menyebabkan munculnya kantung mata:

1. Faktor Genetik
Faktor keturunan termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi adanya kantung mata selain alergi dan hidung tersumbat. Kantung mata ini lebih sering muncul pada mereka yang memiliki kulit hitam dan penduduk Asia pada umumnya. Ini disebabkan karena adanya kandungan melanin yang lebih tinggi pada kulit.Kantung mata dapat dipengaruhi oleh bentuk wajah, struktur tulang, kondisi kulit seperti eksim atopik, maupun proses penuaan. Ketika tubuh menua, kulit kehilangan kolagen dan menipis sehingga urat darah halus menjadi terlihat lebih jelas.

Untuk mengetahui apakah kantung mata disebabkan oleh faktor genetik atau penuaan, bisa mengikuti cara berikut ini. Tekan secara lembut daerah di bawah mata dengan ujung jari untuk meregangkan kulit, tahan selama sekitar 30 detik. Jika area tersebut semakin gelap, kantung mata mungkin disebabkan oleh faktor genetik atau penuaan. Jika warnanya tidak berubah, dapat disebabkan alergi atau paparan sinar UV. Jika hasilnya berubah-ubah dan lingkaran hitam tidak hilang sepenuhnya saat melepaskan tangan, namun lebih tersamar, mungkin mengalami kombinasi kelebihan pigmen dan masalah pembuluh darah.

2. Alergi
Kantung mata dapat disebabkan oleh alergi musiman seperti alergi sari bunga, kosmetik, makanan, dan alergen lainnya yang ada di rumah maupun tempat kerja. Alergi menimbulkan peradangan yang dapat memperbesar pembuluh nadi kecil di bawah mata.
Pembuluh nadi yang bengkak menekan kulit di area mata yang tipis sehingga warnanya menjadi terlihat jelas. Konsultasikan jenis alergi ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

Jangan mengucek mata saat merasa gatal atau iritasi. Justru akan merusak pembuluh kapiler kecil yang menyebabkan kulit sekitar mata bengkak dan berubah warna. Menggaruk dan menggosok mata dapat menstimulasi melanocytes (sel penghasil melanin) untuk menggelapkan pigmen di area tersebut.

3. Hidung tersumbat
Saluran hidung yang tersumbat dapat menimbulkan kantung mata karena pembuluh nadi dari mata ke hidung melebar dan menggelap.

4. Kurang vitamin dan nutrisi
Kurangnya vitamin B, E, C, dan K memunculkan kantung mata. Vitamin diperlukan dalam kerja kelenjar adrenalin. Saat kelenjar tersebut kelelahan akibat stres, konsumsi gula, kafein, dan alkohol berlebihan, penyerapan vitamin jadi berkurang sehingga wajah terlihat bengkak dan muncul kantung mata. Kurangi makanan berlemak dan goreng-gorengan serta rutin mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Kurangi juga konsumsi garam karena dapat menyebabkan tubuh kehilangan air sehingga pembuluh darah di bawah kulit tampak lebih biru.

5. Dehidrasi
Minumlah air yang cukup untuk mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan pembuluh darah meluas dan bengkak. Hindari/kurangi konsumsi alkohol dan kafein karena membuat tubuh dehidrasi dan kurang tidur.

6. Merokok
Dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah, seperti mengerutkan pembuluh sehingga sirkulasi memburuk dan pembuluh darah tamapak lebih jelas dan gelap. Merokok dapat mengurangi aliran oksigen ke kulit seperti alkohol.

7. Hormon
Selain menyebabkan anemia, menstruasi mempengaruhi hormon yang menyebabkan kantung mata dan bengkak wajah karena penyimpanan air dan PMS. Kurangi karbohidrat, makanan asin, dan cairan berlebihan. Perubahan hormon seperti yang terjadi saat hamil dan menopause menyebabkan pembuluh darah bengkak.

8. Kurang tidur
Meski bukan penyebab utama, kurang tidur dapat membuat stress, membuat kulit lebih pucat dan tampak lelah, sehingga bayangan dan kantung mata terlihat lebih jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates