Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab Rambut Kering

Penyebab Rambut Kering

Penyebab Rambut Kering

Penyebab Rambut Kering

Penyebab Rambut Kering

Penyebab Rambut Kering – Rambut kering, kusam dan rapuh dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor. Namun kebanyakan disebabkan oleh produk kimia, pengering rambut, beberapa penyakit dan kondisi tertentu juga dapat menjadi penyebab rambut menjadi kering. Berikut beberapa penyebab rambut kering:

1. Cuaca
Saat cuaca panas rambut dibiarkan terpapar sinar matahari terlalu lama, berenang, serta memakai produk perawatan yang zat kimia yang dapat menyebabkan rambut mengalami dehidrasi. Saat cuaca dingin pun membuat kita berada di ruangan, sehingga rambut dalam kondisi yang lembab dalam waktu yang lama. Bisa juga dapat menyebabkan rambut menjadi kering.

2. Produk perawatan rambut
Produk perawatan rambut sangat efektif untuk membuat rambut lembut dan mudah diatur, namun jika digunakan terlalu sering malah dapat membuat penumpukan protein pada rambut, yang menyebabkan rambut kering.

3. Perubahan hormon
Perubahan hormon misalnya pada seseorang yang mengkonsumsi pil kontrasepsi, masa kehamilan, menopause memberikan efek yang buruk pada rambut, salah satunya adalah rambut menjadi kering dan rapuh.

4. Menggunakan shampoo yang salah
Membilas rambut berkali-kali dengan air lebih dianjurkan daripada menggunakan shampoo yang salah untuk menghilangkan minyak. Karena tidak semua shampoo diproduksi sama, baik bahan maupun fungsinya. Jadi lebih selektif untuk memilih shampoo yang cocok untuk rambutmu.

5. Alat penata rambut
Alat-alat penata rambut seperti pengering rambut maupun catok rambut bekerja pada suhu tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut seperti rambut menjadi kering. Apabila penggunaan alat-alat penata rambut tersebut sangat dibutuhkan, gunakan suhu di bawah 200 derajat Celsius.

6. Menyisir rambut saat basah
Menyisir rambut yang basah tidak menyebabkan rambut kering, namun membuat ujung rambut menjadi rapuh dan menyebabkan rusak permanen pada batang rambut (rambut bercabang). Sebaiknya sisir rambut dengan jari saat menggunakan kondisioner setelah mencuci rambut, daripada menyisirnya.

7. Kekurangan nutrisi
Nutrisi yang buruk dan diet kurang protein dan vitamin menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh. Mengkonsumsi terlalu banyak lemak dan gula juga memberikan efek yang buruk bagi rambut. Diet yang sehat seharusnya mengandung protein, vitamin, air yang banyak untuk menjaga kesehatan rambut. Tubuh yang kekurangan gizi karena penyakit dan gangguan makan lain dapat membuat rambut tumbuh dengan tidak sehat karena tidak banyak nutrisi yang dapat diserap oleh rambut. Kondisi tersebut tidak hanya menyebabkan rambut kering dan rapuh, juga dapat menyebabkan rambut rontok.

8. Perawatan medis tertentu
Beberapa pengobatan dan perawatan medis dapat berpengaruh buruk bagi rambut. Misalnya pengobatan untuk penyakit kardiovaskular, kolesterol tinggi, eczema, hepatitis, dan diabetes memiliki efek samping rambut menjadi kering dan rapuh. Selain itu juga perawatan rambut untuk penyakit kronis, operasi, transplantasi, dan bypass gastrointestinal juga menyebabkan rambut kering dan rapuh.

9. Mengabaikan kesehatan rambut
Menggunakan alat-alat penata rambut dan produk-produk perawatan dapat mengurangi minyak alami rambut dan mengurangi lapisan kutikula rambut. Jika tidak merawat rambut secara teratur, kerusakan dapat semakin buruk dan membuat struktur rambut menjadi semakin rusak.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates