Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Pola Hidup Yang Dapat Meningkatkan Berat Badan

Pola Hidup Yang Dapat Meningkatkan Berat Badan

Pola Hidup Yang Dapat Meningkatkan Berat Badan

Pola Hidup Yang Dapat Meningkatkan Berat Badan

Pola Hidup Yang Dapat Meningkatkan Berat Badan

Pola Hidup Yang Dapat Meningkatkan Berat Badan – Berat badan yang kurang (underweight/kurus) mungkin sama tidak sehatnya dengan berlebihan berat badan (overweight/obesitas). Kesehatan tubuh secara umum dipelihara dengan menjaga agar berat badan berada dalam batas yang sehat dan normal. Kuncinya adalah berat badan harus didapatkan dengan cara yang sehat pula. Banyak dari kita berpikir bahwa makan dalam jumlah besar, seperti junk-food yang berlemak, adalah cara yang baik untuk menambah berat badan. Tidak benar! Menaikkan berat badan tidak dilakukan dengan hanya ‘memakan segalanya’, karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Buatlah rencana program-menambah-berat badan yang tepat kemudian jalankan dengan konsisten. Selain itu, ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Jangan lewatkan Sarapan
Makan pagi menambah energi tubuh sehingga siap untuk menjalankan aktifitas serta meningkatkan fokus. Sehubungan dengan program menambah berat badan, pertimbangkan untuk mengonsumsi jenis makanan yang mengandung protein dan nutrisi, seperti roti, jus segar atau susu, telur, buah-buahan serta sayuran. Minum suplemen/multivitamin jika itu termasuk dalam rencana.

2. Snack / makanan ringan
Makan tiga kali sehari itu pasti, namun jangan lupa untuk menyisipkan dua kali makanan ringan (snack) di antaranya. Bukan snack sembarangan, tetapi makanan ringan yang bertujuan untuk meningkatkan berat bada secara sehat. Ngemil menambah kalori ekstra untuk tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan ringan seperti keju, yogurt, biscuit, cereal yang diperkaya nutrisi, gandum, atau roti.

3. Ekstra lemak
Lemak memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak tidak sehat, gantikan dengan jenis lemak tak jenuh, seperti yang didapat dari makanan seperti minyak olive, minyak kelapa, alpukat, kacang-kacangan dan tentunya ikan yang kaya lemak dan omega-3 seperti tuna atau salmon.

4. Minuman berkalori
Tambahkan lebih banyak kalori tubuh melalui minuman-minuman berkalori tinggi. Bukan dengan minuman bersoda atau jus buah yang mengandung pemanis buatan, melainkan dengan minuman seperti jus buah 100%, susu segar murni, minuman yang mengandung madu, termasuk juga minuman yang mengandung suplemen/multivitamin.

5. Makanan penutup
Sesekali, boleh menikmati makanan penutup setelah menu makanan utama. Asupan gula berlebih memang kurang baik untuk kesehatan, namun semangkuk es krim, kue manis, dan juga biskuit cukup ‘berperan’ dalam program. Terlebih lagi, menikmatinya.

6. Olahraga dan fitnes
Mengikuti program fitnes untuk meningkatkan berat badan bisa jadi adalah cara terbaik. Program tersebut meberikan stimulasi pada jaringan otot sehingga berkembang atau tumbuh. Kegiatan tersebut juga membantu tulang menyerap lebih banyak kalsium sehingga tulang menjadi lebih kuat dan sehat.

7. Protein
Pastikan untuk sebisa mungkin menyisipkan protein dalam pola makan sehari-hari. Protein mengisi jaringan otot sehingga membentuk otot tubuh. Sumber energi yang baik bisa didapatkan dari kacang polong, daging, dan telur. Bisa juga didapatkan dari suplemen atau multivitamin. Periksa label produk suplemen sebelum membeli dan pastikan mengandung jumlah protein yang tinggi.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates