Thursday , 27 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Gejala Penyakit Diabetes Militus

Gejala Penyakit Diabetes Militus

Gejala Penyakit Diabetes Militus

Gejala Penyakit Diabetes Militus

Gejala Penyakit Diabetes Militus

Gejala Penyakit Diabetes Militus – Diabetes mellitus atau kencing manis terjadi akibat meningkatnya kadar gula dalam darah sebab terjadi gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh, dimana pada organ pankreas tidak mampu lagi memproduksi hormon insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Glukosa sangat penting untuk kesehatan sebab merupakan sumber energi utama untuk otot dan juga jaringan.

Apabila anda memiliki diabetes tipe apapun, artinya anda mempunyai terlalu banyak glukosa di dalam tubuh. Terlalu banyak glukosa yang ada di dalam tubuh akan mengakibatkan masalah yang serius. Tipe diabetes kronis terdiri dari diabetes tipe 1 serta tipe 2.

Tanda dan Gejala Penyakit Diabetes Mellitus

Gejala diabetes sangat bervariasi ditiinjau berdasarkan jenis diabetes yang dimiliki. Apabila mempunyai prediabetes atau kadar gula dalam darah lebih tinggi dari kadar normal namun dikategorisasikan sebagai diabetes atau juga gestational diabetes (gula darah yang meningkat pada saat kehamilan) sehingga mungkin tidak akan mengalami gejala. Beberapa tanda dan gejala klasik penderita diabetes mellitus sebagai berikut: seringnya buang air kecil, seringnya merasa haus serta lapar, dan juga badan lemas serta sering mengantuk. Adapun gejala diabetes ditinjau dari tipe diabetes antara lain:

A. Tanda dan Gejala Diabetes Tipe1 (penderita pada anak-anak)

Untuk mengenali gejala diabetes tipe 1 pada anak tidak selalu mudah sebab gejala-gejalanya sering salah disangka penyakit flu. Selain itu juga gejalanya terkadang baru timbul setelah penyakit berjalan cukup panjang. Pada Anak dengan diabetes tipe 1 biasanya mempunyai gejala awal yaitu

1. Mengalami Sering berkemih
Hal ini terjadi akibat ginjal ingin membersihkan kelebihan glukosa yang ada dalam sirkulasi darah. Sehingga anak jadi lebih sering buang air kecil serta dalam jumlah yang besar.

2. Akan Banyak minum sebab banyak cairan yang dikeluarkan, sehingga anak menjadi gampang hauS.

3. Mengalami penurunan Berat badan

Tubuh tidak akan lagi dapat memproses glukosa untuk energi serta mulai memecah otot dan juga cadangan lemak agar menghasilkan energi untuk sel-sel yang lapar. Sehingga meskipun nafsu makan anak normal akan tetapi berat badannya sulit naik.

4. Akan Mudah lelah sebab tubuhnya tidak mampu lagi memproses glukosa untuk energi.

B. Tanda dan Gejala-Gejala Diabetes pada Tahap Lanjut

Diabetes tipe 1 pada umumnya akan terjadi pada anak-anak serta remaja meskipun pada dasarnya akan terjadi pada usia berapapun.

Diabetes tipe 2 merupakan tipe yang paling umum akan terjadi pada usia berapapun serta bisa dicegah. Dengan gejala sebagai berikut:

a. Menyebabkan Berat badan turun dengan drastis
Berat badan turun akibat pankreas mulai rusak. Pankreas mempunyai tugas untuk memproduksi insulin yang digunakan mengolah glukosa sehingga menjadi sumber energi. Akibat pankreas pada penderita diabetes gagal mengolah gula untuk menjadi energi, sehingga terjadilah resistensi pada insulin. Akibatnya berat badan tubuh akan terus menyusut.

b. Menimbulkan Sering Kesemutan
S
ebab pembuluh darah yang rusak, dengan demikian darah yang mengalir di ujung–ujung saraf akan berkurang

c. Menyebabkan Luka yang sulit sembuh
Hal ini terjadi akibat kerusakan pembuluh darah serta saraf selain kesemutan. Kerusakan ini menyebabkan penderita diabetes tidak akan merasakan sakit apabila mengalami luka.

C. Tanda dan Gejala Diabetes Pada Wanita
Adapun beberapa gejala diabetes yang sering dialami wanita, diantaranya:

  1. Infeksi pada vagina yang ditandai dengan timbulnya keputihan secara berulang, meskipun sudah mendapatkan pengobatan.
  2. Wanita yang diabetes lebih mudah terserang infeksi jamur di area organ intim sebab daerah tersebut akan mengalami kelambaban cukup tinggi.
  3. Akan mengalami gangguan fungsi hormonal sebab aliran darah tidak lancar.
  4. Cenderung akan mengalami polycystic ovarian syndrome. Sehingga keseimbangan hormon terganggu yang dapat mengganggu sistem reproduksi.
  5. Pemicu diabetes juga muncul pada wanita yang mengalami depresi.
  6. Wanita mempunyai kadar kolesterol yang tinggi dibandingkan pria.

 

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates