Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Makna Warna Urine

Ketahui Makna Warna Urine

Ketahui Makna Warna Urine

Ketahui Makna Warna Urine

Ketahui Makna Warna Urine

Ketahui Makna Warna Urine – Warna urin merupakan salah satu indikator timbulnya penyakit ginjal atau keadaan penyakit lainnya yang terjadi di dalam tubuh kita. Oleh sebab itu warna urin, bau pada urin serta konsistensi dalam urine dapat memberikan arti atau makna mengenai apa yang terjadi di dalam tubuh seseorang atau masalah kesehatan yang terjadi.

Perubahan pada warna urin bisa dikaitkan dengan seberapa banyak ataupun hingga terlalu sedikit air yang seseorang telah minum dalam waktu tertentu. Hal lain yang bisa mewarnai urin Anda yaitu akibat makanan serta beberapa obat yang dikonsumsi seseorang. Warna urine dapat kembali ke level normal apabila seseorang telah berhenti dalam mengkonsumsi obat ataupun makanan yang dapat menyebabkan gangguan pada perubahan warna urin. Berikut beberapa makna warna urin serta maknanya yang berkaitan dengan kesehatan seseorang:

1.  Warna Transparan
Warna yang jelas pada urin biasanya menandakan yang baik-terhidrasi. Akan tetapi, di dalam beberapa kasus apabila minum terlalu banyak dapat beresiko keracunan air. Over-hidrasi artinya minum lebih dari yang dibutuhkan dan dapat membahayakan tubuh.

2.  Tidak Berwarna
Memiliki warna urine yang lebih transparan bisa menjadi indicator diabetes. Apabila urin tidak mempunyai warna sama sekali, hal tersebut bisa menjadi tanda diabetes.

3.  Warna Kuning gelap
Sebuah warna kuning jerami merupakan warna urin yang sehat. Apabila lebih gelap, hal tersebut dapat menjadi indikator bahwa seseorang mengalami dehidrasi serta perlu minum.

4.  Warna Cokelat
Urin berwarna coklat dapat menjadi gejala dengan kondisi terjadinya gangguan penyakit. Apabila hati Anda tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga garam empedu yang harusnya dihilangkan dengan kotoran kemungkinan dibuang melalui urin. Hepatitis merupakan suatu peradangan hati, dengan gejala urin menjadi berwarna cokelat.

5.  Warna Merah
Warna merah muda bisa berasal dari darah yang ada dalam urin, sebuah keadaan yang dikenal sebagai hematuria. Warna Merah biasanya warna yang sangat mengkhawatirkan. Dimana penyebab urine warna merah banyak akibat infeksi saluran kemih, akibat batu di ginjal serta kandung kemih ataupun kanker ginjal, prostat/ kandung kemih dapat mengakibatkan pendarahan.

6.  Warna Biru
Warna biru pada urin merupakan kondisi langka yang dikenal dengan porfiria. Hal Ini merupakan keadaan yang diwariskan enzim yang bisa membuat urin orang berwarna biru atau ungu. Akan tetapi, urin bisa mempunyai semburat kebiruan itu. Hal ini sering terjadi akibat makanan serta obat-obatan yang mengandung pewarna tertentu.

7.  Warna Hijau
Apabila ada beberapa nanah yang ada dalam urin, ini dapat membuat urin tampak berwarna hijau. Infeksi saluran kemih merupakan penyebab paling umum. Hal ini juga bisa diakibatkan oleh makanan misalnya asparagus.

8. Urin Berbusa
Ini mungkin disebabkan oleh adanya protein sehingga kebutuhan untuk diselidiki lebih lanjut, sebab dapat disebabkan akibat ginjal atau kandung empedu bermasalah. Jika Anda terus-menerus mengalami urin yang berbusa, segera konsultasi ke dokter.

9.  Warna Abu-abu keruh
Urin berwarna abu-abu bisa menandakan adanya darah dalam mikroskopis. Hal ini juga bisa diakibatkan oleh infeksi saluran, infeksi kandung kemih ataupun batu ginjal kemih. Beberapa penyakit menular seksual misalnya gonorhoe bisa mengubah warna urin seseorang. Keputihan juga dapat membuat urin menjadi keruh.

10. Warna Hitam
Warna hitam mungkin disebabkan akibat bahan kimia serta akibat masalah kesehatan. Seseorang harus segera konsultasi ke dokter dan melakukan pemeriksaan apa yang terjadi pada tubuh Anda.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates