Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab dan Faktor Risiko Diabetes

Ketahui Penyebab dan Faktor Risiko Diabetes

Ketahui Penyebab dan Faktor Risiko Diabetes

Ketahui Penyebab dan Faktor Risiko Diabetes

Ketahui Penyebab dan Faktor Risiko Diabetes

Ketahui Penyebab dan Faktor Risiko Diabetes – Setiap orang harus mengetahui gejala penyakit salah satunya penyakit diabetes, sebab menjadi hal yang terpenting agar seseorang dapat waspada untuk menghindari penyebab serta faktor yang menjadi resiko timbulnya suatu penyakit khususnya penyakit diabetes ini yang sangat sulit untuk disembuhkan. Agar paham bagaimana penyakit diabetes, seseorang harus mengetahui terlebih dahulu mengenai bagaimana glukosa diproses tubuh secara normal.

Glukosa merupakan sumber energi utama untuk tubuh. Glukosa berasal dari 2 sumber yang utama, yakni makanan serta hati. Pada saat mencerna makanan gula akan diserap ke dalam aliran darah yang dibantu oleh insulin atau hormon yang mengatur metabolisme suatu karbohidrat. Hormon insulin ini dihasilkan oleh pankreas.

Pada proses ini hati bertugas sebagai gudang penyimpanan dan juga pusat pengolahan. Seperti contohnya pada saat seseorang tidak makan untuk beberapa waktu, hati akan melepaskan glukosa yang tersimpan agar dapat menjaga kadar glukosa tetap normal.

Berikut penyebab penyakit diabetes, diantaranya:

Penyebab penyakit diabetes tipe 1

Pada penyakit diabetes tipe 1, sistem imun seseorang yang normalnya berguna untuk melawan bakteri ataupun virus namun malah menyerang hormon insulin. Kedaan ini akan membuat seseorang kekurangan atau hingga tidak mempunyai insulin. Dengan demikian akan dihantarkan ke dalam sel, sehingga gula akan menumpuk di dalam aliran darah.

Penyebab prediabetes dan penyakit diabetes tipe 2

Pada kondisi prediabetes yang bisa mengakibatkan diabetes tipe 2, dimana sel akan menjadi resisten terhadap hormon insulin. Hal demikian akan menyebabkan pankreas tidak akan mampu menghasilkan cukup insulin. Sehingga mengalirkan ke dalam sel, gula dapat menumpuk di dalam darah. Penyebab pastinya tidak dapat diketahui meskipun kelebihan lemak serta perilaku pasif menjadi faktor penting

Penyebab penyakit gestational diabetes

Pada saat kehamilan, plasenta akan memproduksi suatu hormon untuk menopang kehamilan. Hormon ini akan menyebabkan sel lebih resisten terhadap insulin. Seiring dengan pembesaran plasenta pada tiga bulan ke dua dan juga ke tiga, sehingga menyebabkan hormon akan semakin banyak dihasilkan.

Pada normalnya pankreas dapat merespon dengan menghasilkan lebih banyak insulin. Akan tetapi terkadang pankreas justru tidak akan mampu meresponnya. Hal ini akan membuat glukosa akan menumpuk di darah serta tidak akan terserap ke dalam sel.

Berikut Faktor risiko diabetes berdasarkan pada tipe diabetes, diantaranya:

Faktor risiko penyakit diabetes tipe 1

Meskipun penyebab pasti penykit diabetes tipe 1 tidak dapat diketahui, akan tetapi faktor keturunan mungkin dapat mempengaruhi. Faktor lainnya yaitu akibat terkena penyakit yang disebabkan oleh virus
1. Faktor risiko penyakit diabetes tipe
2. Akibat Lemak: Semakin banyak lemak dalam jaringan tubuh, maka semakin tinggi pula resistensinya terhadap insulin.
3. Akibat Perilaku pasif.

Perilaku pasif dapat membuat lemak di dalam tubuh tidak terbakar. Aktifitas fisik dapat membantu mengontrolnya serta akan semakin banyak penggunaan glukosa untuk energi sehingga semakin sensitif sel terhadap glukosa.

Kondisi lain juga yang terkait diabetes diantaranya:

1. Akibat Tekanan darah tinggi
2. Akibat Kolesterol tinggi

Langkah Pencegahan Penyakit Diabetes

Untuk Diabetes tipe 1 tidak bisa dicegah. Namun untuk diabetes tipe 2 bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

1. Makan – makanan yang sehat rendah kalori serta lemak
2. Lebih aktif secara fisik atau beraktifitas, pada khususnya dengan berolahraga
3. Jaga berat badan agar ideal

 

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates