Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahuilah Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Gondok

Ketahuilah Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Gondok

Ketahuilah Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Gondok

Ketahuilah Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Gondok

Ketahuilah Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Gondok – Penyakit gondok atau suatu penyakit yang disebabkan oleh yodium yang kurang. Kekurangan yodium dapat menyebabkan sesuatu jika terjadi terutama pada ibu hamil yang bisa menimbukan kematian pada bayi atau dapat mengalami keterlambatan mental hingga mengalami tuli pada bayi yang akan dilahirkan.

Penyakit gondok merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan pembesaran kelenjar gondok atau tiroid atau kelenjar yang mempunyai bentuk seperti kupu-kupu serta terletak di bawah pangkal tenggorokan atau depan leher. Penyakit gondok juga dibedakan menjadi 2 macam yakni gondok biasa dan juga gondok beracun atau disebut hiper tiroid. Dua hormon utama yang dapat dihasilkan kelenjar tiroid yakni tiroksin (T-4) serta triiodothyronine (T-3). Dalam aliran darah seseorang, hormon tersebut beredar serta dapat membantu mengatur metabolisme tubuh seseorang. Dimana hormon tiroksin serta triiodothyronine diproduksi akan dikontrol oleh kelenjar hipofisis serta kelenjar hipotalamus.

Proses ini pada saat hipotalamus dimulai, di dasar otak akan bertindak sebagai termostat untuk sistem seluruh tubuh, sinyal kelenjar pitutari yang disebut dengan hormon perangsang tiroid mempunyai tujuan untuk membuat hormon. Seseorang denga penyakti gondok bukan berarti bahwa kelenjar tiroid tidak bekerja secara normal. Bahkan pada saat mengalami gondok jumlah hormon yang dihasilkan tiroid juga normal, akan tetapi hal ini mungkin tiroksi serta T-3 yang dihasilkan terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit.

Berikut faktor jumlah kelenjar tiroid membesar, diantaranya:

1. Akibat Kekurangan yodium.
Tujuan yodium sangat penting yakni untuk produksi hormon tiroid. Utamanya dalam makanan laut serta tanah diwilayah yang sering dijumpai kandungan yodium. Orang yang tinggal di pedalaman ataupun pada ketinggian yang berada di negara berkembang sering mengalami kekurangan yodium. Pada saat kelenjar tiroid membesar sehingga penyakit gondok dapat berkembang.


2. Akibat Penyakit Graves

Pada saat kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid atau hipertiroidisme yang terlalu banyak, terkadang bisa terjadi penyakit gondok. Pada penyakit graves meyebabkan ia menghasilkan kelebihan tiroksi. Overstimulasi ini mengakibatkan membengkaknya tiroid.

3. Akibat Penyakit Hashimoto

Penyebab penyakti gondok akibat tiroid atau hypothyroidism yang kurang aktif. Seperti pada penyakti graves, terjadi gangguan atoimun ataupun penyakit hashimoto, akan tetapi bukannya mengakibatkan terlalu banyak hormon yang dihasilkan oleh tiroid, kerusakan hashimoto dengan demikian menghasilkan terlalu sedikit tiroid.

4. Akibat Gondok Multinodaula.

Terdapat beberapa benjolan padat atau berisi cairan yang disebut dengan nodul. Dengan demikian keseluruhan kelenjar akan mengalami pembesaran.

5. Akibat Nodul tiroid soliter.

Dalam kondisi ini, pada bagian dari kelenjar tiroid dimana nodul tunggak akan berkembang. Sebagian besar nodul merupakan non-kanker atau jinak serta tidak akan berakibat kanker.

6. Akibat Kanker tiroid.

Dengan pembesaran, pada salah satu sisi tiroid bisa muncul kanker tiroid ini.

7. Akibat Kehamilan.

Pada saat kehamilan dapat menghasilkan sebuah hormon yakni human chorionic gonadotropon atau HCG, dimana kelenjar gondok dapat memperbesar sedikit.

8. Akibat Peradangan.

Tiroiditis adalah rasa sakit serta pembengkakan pada tiroid yang diakibatkan kondisi peradangan tersebut. Dengan demikian produksi tiroksin akan rendah diakibatkan karena peradangan.
Adapun untuk mencegah penyakit gondok diantaranya:
1. Konsumsilah garam yang mengandung yodium tinctura atau larutan yodium dalam alcohol.
2. Campurkan ganggang laut untuk dikonsumsi dalam makanan selain itu juga seafood.
3. Kurangi konsumsi makanan yang bisa mengurangi hormone tiroksin, seperti konsumsi kol, kacang kedelai, kacang tanah, kacang polong, bayam serta konsumsi stroberi harus dihindari.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates