Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Makanan Untuk Kesehatan Jantung

Makanan Untuk Kesehatan Jantung

Makanan Untuk Kesehatan Jantung

Makanan Untuk Kesehatan Jantung

Makanan Untuk Kesehatan Jantung

Makanan Untuk Kesehatan Jantung – Makanan yang kita konsumsi memegang peranan penting bagi kesehatan jantung. Julie Zumpano di Preventive Cardiology and Nutrition Program di Cleveland Clinic menyatakan bahwa mengurangi risiko perkembangan penyakit jantung bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat setiap hari. Caranya dengan memperhatikan jumlah serat, membatasi konsumsi lemak dan garam, serta berolahraga secara teratur. Simak makanan yang baik untuk kesehatan jantung berikut ini:

1. Salmon
Salmon kaya asam lemak omega-3 mempunyai efek anti-pembekuan, sehingga memperlancar aliran darah. Asam lemak omega-3 mengurangi triglycerides, yaitu lemak jahat penyebab penyakit jantung dan mencegah ritme jantung yang tidak teratur. Mengkonsumsi lebih dari 2 ikan salmon dalam seminggu dapat mengurangi risiko perkembangan penyakit jantung sebesar 30%. Bisa juga mengkonsumsi tuna, sardine, dan mackerel.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung vitamin, mineral, lemak tak jenuh, dan lemak jenuh tingkat rendah. Para peneliti membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi kacang-kacangan, seperti walnut, almond, juga hazelnut 2 – 4 hari seminggu memiliki risiko terindikasi penyakit jantung lebih rendah.

3. Tomat
Tomat merupakan sumber vitamin C, A, potassium dan serat. Tomat kaya akan likopen (lycopene) yang bekerja baik dengan vitamin dan mineral dalam mencegah tubuh terserang penyakit.

4. Apel
Peneliti Finlandia mengumpulkan data dari 9.208 laki-laki dan perempuan yang berusia lebih dari 28 tahun dan membuktikan bahwa yang sering mengkonsumsi apel memiliki risiko stroke lebih rendah dibandingkan yang tidak. Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa antioksidan flavanoid dalam apel mencegah kolesterol jahat dari proses oksidasi yang mengakibatkan penumpukan plak pada arteri, serta menghambat proses peradangan.
Apel mengandung serat pectin yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengandung banyak Vitamin C.

5. Delima
Delima mengurangi penumpukan plak pada arteri dan menurunkan tekanan darah tinggi. Para peneliti menyatakan bahwa manfaat yang didapat dari delima berasal dari polyphenol dan tannin yang terkandung dalam delima.
Berdasarkan penelitian tahun 2008, dibandingkan dengan jus blueberry dan jus cranberry, jus delima memiliki antioksidan yang paling tinggi.

6. Pisang
Dalam 1 buah pisang mengandung 12% jumlah potassium harian yang disarankan. Potassium dalam pisang menjaga fungsi jantung dan membantu menyeimbangkan sodium dan air dalam tubuh. Potassium membantu ginjal mengekskresikan kelebihan sodium penyebab tekanan darah tinggi.

7. Teh hijau
Catechin dalam teh hijau membantu menghambat respon inflamasi terhadap bakteri yang menyebabkan penyakit gusi. Penyakit gusi, berisiko 2 kali lebih besar menderita penyakit jantung.

8. Minyak zaitun dan minyak kelapa
Minyak zaitun merupakan pilihan yang tepat bila ingin membatasi lemak jenuh (ditemukan dalam daging, susu, dan mentega). Minyak kelapa juga dapat meningkatkan lebih banyak kolesterol baik, dan menyeimbangkan efek negatif yang ditimbulkan.

9. Buah berry
Aneka berry mengandung polyphenol yang meningkatkan kadar oksida nitrat, yaitu molekul yang menghasilkan efek bermanfaat bagi kesehatan jantung. Salah satunya melancarkan pembuluh darah yang dapat mengurangi tekanan darah.
Berdasarkan penelitian terhadap 72 orang usia menengah dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi 1 gelas jus berry sehari selama 8 minggu terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi tekanan darah.

10. Coklat
Para peneliti membuktikan bahwa mengkonsumsi coklat hitam bermanfaat bagi kesehatan jantung dan meningkatkan sistem imunitas dengan mengurangi peradangan, mengurangi tekanan darah. Hal ini disebabkan senyawa epicatechin pada coklat dapat meningkatkan oksida nitrat yang sangat baik bagi kesehatan jantung.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates