Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Menu Makan Sehat Ketika Menjelang Berbuka Puasa

Menu Makan Sehat Ketika Menjelang Berbuka Puasa

Menu Makan Sehat Ketika Menjelang  Berbuka Puasa

Menu Makan Sehat Ketika Menjelang  Berbuka Puasa – Menu makan yang sehat sangat penting untuk menjaga kondisi tetap bugar selama berpuasa di siang hari. Jika pada hari biasa kita membagi asupan tersebut ke dalam 3 kali makan, kebutuhan ini harus dipenuhi saat sahur dan berbuka puasa. Bisa juga membaginya saat sahur, berbuka, dan setelah salat tarawih. Yang jelas, menu makan sehat saat sahur dan berbuka harus meliputi karbohidrat, protein, vitamin, mineral, cairan dan serat.

Berbuka puasa merupakan salah satu saat yang paling dinanti, namun bukan berarti bisa makan sembarangan dan berlebihan untuk melampiaskan nafsu. Jika tidak berhati-hati, makanan yang dikonsumsi dapat meningkatkan berat badan, kolesterol, dan menyebabkan gangguan pencernaan. Jaga porsi makan tetap normal dengan memperhatikan kandungan nutrisinya.

1. Karbohidrat
Sama dengan saat sahur, mengkonsumsi sumber karbohidrat kompleks seperti gandum utuh dan beras merah memberikan energi yang lebih stabil untuk tubuh. Ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan berat setelah tarawih untuk menghindari rasa malas dan mengantuk.

2. Protein dan lemak
Ikan laut dan telur baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein. Protein nabati seperti kedelai bisa menjadi alternatif bagi yang tidak suka atau alergi dengan produk hewani. Ahli gizi dari Physicians Committee for Responsible Medicine di Amerika menyarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan berbasis tumbuhan selama puasa karena dapat menurunkan risiko kanker, serangan jantung, dan penyakit kronis lainnya.

3. Sayur dan Buah
Sayur dan buah-buahan disarankan dikonsumsi sebanyak masing-masing dua porsi dalam sehari, yaitu saat sahur dan berbuka. Buah yang paling populer saat berbuka adalah kurma. Selain disarankan Nabi Muhammad SAW, konsumsi kurma saat berbuka puasa juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga porsinya agar kadar gula dalam darah tidak terlalu melonjak.
Sayur dan buah dapat dimanfaatkan sebagai alternatif takjil yang lebih sehat dibandingkan gorengan dan fast food. Apalagi, keduanya memiliki kadar air yang tinggi yang dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi setelah berpuasa. Sayur dan buah dapat mengolahnya menjadi salad, jus, maupun masakan lain. Tentunya dengan pengolahan yang sehat dan menghindari penggunaan gula dan garam yang berlebihan.

4. Cairan
Minum setidaknya dua gelas air saat berbuka dan sebelum tarawih, serta dua gelas air lagi sebelum tidur. Pilih air putih, smoothie, jus buah dan sayur segar, atau air kelapa agar tubuh tetap terhidrasi. Disarankan untuk menambahkan ketimun dan tomat, yang mengandung banyak cairan, ke dalam menu buka puasa.

Agar semua kebutuhan nutrisi makro selama puasa terpenuhi, maka pastikan setiap nutrisi yang disebutkan di atas terdapat pada menu makanan saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini dimaksudkan agar dapat menjalankan aktivitas seperti biasa (tidak puasa).

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates