Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » 10 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan & Perawatan Wajah

10 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan & Perawatan Wajah

10 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan & Perawatan Wajah

10 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan & Perawatan Wajah

10 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan & Perawatan Wajah

10 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan & Perawatan Wajah – Hampir semua orang mengenal buah markisa. Rasanya yang asam namun menyegarkan ini sangat nikmat disajikan sebagai minuman di kala panas. Buah markisa juga dapat dimakan langsung, meski terasa asam orang-orang tetap menikmatinya. Bentuknya yang bulat oval dengan biji yang banyak dan kecil-kecil membuat buah markisa terlihat unik. Dibalik bentuknya tersebut, markisa menyimpan segudang manfaat yang luar biasa.

Buah dengan genus Passiflora ini awalnya berasal dari Amerika Selatan, lalu menyebar ke berbagai Negara hingga ke Indonesia. Ada sekitar 500 jenis markisa di seluruh dunia, namun yang populer hanya empat, yaitu markisa ungu, markisa kuning, markisa konyal dan markisa erbis. Di Indonesia sendiri hanya ada dua jenis markisa yang dibudidayakan yaitu markisa ungu di dataran tinggi dan markisa kuning di dataran rendah.

Kandungan Nutrisi Buah Markisa

Buah markisa kaya vitamin dan nutrisi lainnya yang sangat berguna bagi tubuh. Buah markisa mengandung vitamin A, B6, B12, C dam D. beberapa mineral seperti zat besi, magnesium, sodium, potassium, kalsium dan sedikit asam folat juga terdapat dalam buah markisa. Di dalamya juga terkandung karbohidrat dan protein yang cukup besar.

Buah markisa memiliki senyawa fitokimia yang cukup lengkap, di antaranya polifenol dan karotenoid yang berfungsi melawan sel kanker. Selain itu terdapat pula senyawa harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin terutama pada markisa yang berwarna kuning. Kandungan gizi seperti serat posfor, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat, dan asam sitrat juga dimiliki oleh buah markisa.

Buah markisa sering kali dijadikan bahan untuk membuat sirup, kue serta minuman dan makanan lainnya. Selain itu, dengan kandungan nutrisi yang luar biasa banyak, buah markisa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat buah markisa yang wajib diketahui oleh semua orang.

1. Sebagai Sumber Serat

Buah markisa mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa melancarkan pencernaan dan buang air besar. Buah markisa juga bisa dijadikan sebagai pencahar ringan karena bijinya yang kaya akan serat.

2. Sebagai Sumber Antioksidan

Markisa mengandung fitokimia betakaroten atau karotenoid yang berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan dan mencegah berkembangnya sel kanker. Antioksidan tersebut dapat larut dalam air, dan dapat menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

3. Menjaga Imunitas Tubuh

Sistem imunitas dapat menjaga tubuh dari serangan penyakit, termasuk infeksi bakteri dan jamur. Dengan imunitas tubuh yang kuat kekebalan tubuh akan meningkat dan kesehatan dapat terjaga setiap hari. Hal tersebut dikarenakan markisa mengandung vitamin C yang dapat menstabilkan kondisi tubuh.

4. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Tidak mengontrol makanan yang dimakan dapat memicu tekanan darah menjadi naik. Apalagi jika terlalu banyak makan daging tanpa diimbangi dengan banyak gerak. Jika tidak segera diatasi penyakit tersebut dapat memicu penyakit stroke. Dengan memakan buah markisa secara rutin atau setiap hari, tekanan darah tinggi dapat distabilkan ke posisi normal.

5. Mengontrol Kadar Kolesterol dalam Darah

Makanan berlemak dan seafood dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam darah meningkat. Terkadang kita tidak sadar dan memakan makanan tersebut secara berlebihan sehingga terkena penyakit kolesterol. Untuk mengantisipasinya sediakan markisa di rumah untuk dikonsumsi setiap hari.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Telah diketahui bahwa markisa mengandung kalium, mineral yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit namun tetap memberikan manfaat. Salah satunya adalah menjaga jantung agar tetap dalam keadaan sehat dan berfungsi dengan baik.

7. Meningkatkan Ketajaman Penglihatan

Buah markisa mengandung vitamin A dan beta-karoten yang dapat berfungsi meningkatkan kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi buah markisa secara rutin maka penglihatan dan akan menjadi tajam dan terhindar dari rabun.

8. Mengatasi Asam Urat

Selain mengatasi kolesterol dan darah tinggi, buah markisa juga dapat mengatasi asam urat. Jika kadar asam urat sedang tinggi, cobalah untuk mengkonsumsi buah markisa.

9. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air dari buah markisa cukup tinggi, terbukti dari buahnya yang basah. Selain itu mineral yang terdapat pada buah markisa dapat mencukupi kebutuhan harian kita dan dapat mencegah dari dehidrasi.

10. Mencegah Peradangan

Saat terjadi peradangan kita akan merasa tidak nyaman, terutama jika mengalami radang tenggorokan. Dengan memanfaatkan buah markisa yang kaya vitamin C dan antioksidan kita dapat mencegah atau mengatasi peradangan.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates