Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Paprika

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Paprika

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Paprika

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Paprika

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Paprika

Kandungan Nutrisi  Dan Manfaat Paprika – Paprika merupakan salah satu bahan masakan yang cukup popular, namun di balik itu terkandung beragam nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi

Dalam 1 buah paprika berukuran sedang terdapat 37 kalori, 1 gr protein, 7 gr karbohidrat, 2 gr serat, 5 gr gula, dan 5 gr sodium. Sementara untuk mineral dan vitaminnya, vitamin C (152 mg), vitamin A (3726IU), vitamin K (5,8 mcg), folat (54,7 mcg), vitamin B6 (0,3 mg), niasin (1,2 mg), serta thiamin (0,1 mg).

Manfaat

1. Membantu menurunkan berat badan
Paprika hanya mengandung 37 kalori sehingga mengonsumsinya sebagai bahan makanan atau snack takkan menaikkan berat badan.

2. Mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung
Antioksidan karotenoid dalam paprika bisa meminimalisir kerusakan akibat oksidasi sel. Paprika merah yang paling banyak mengandung beta karoten, alfa karoten, lutein, dan zeaxanthin. Sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan di California membuktikan bahwa paprika kukus bisa meningkatkan kapasitas pengikat asam empedu, sehingga empedu tak perlu bekerja ekstra saat tubuh sibuk memproses makanan, mengolah kolesterol, dan penyerapan lemak jadi berkurang sehingga resiko sakit jantung semakin minim.

3. Baik untuk kesehatan mata
Kandungan lutein dan zeaxanthin sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, paprika hijau mengandung lebih dari ½ mg keduanya. Lutein kerap digunakan untuk merawat pasien degenerasi makula dengan cara menyaring sinar UV yang berpotensi merusak retina. Para ahli dari Harvard memuktikan bahwa hanya dengan mengonsumsi 6 mg suplemen lutein rutin bisa meminimalkan resiko penyakit ini hingga 43%. Bahkan dapat meningkatkan daya penglihatan penderita katarak.

4. Mendongkrak kekebalan tubuh
Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam paprika bisa menguatkan sistem imun sehingga berbagai gangguan medis ringan hingga parah bisa menjauh.

5. Menyehatkan secara mental
Muatan vitamin B6 dalam paprika bisa mendongkrak kadar hormon serotonin dan norepinephrine, kedua senyawa tersebut identik dengan hormon kebahagiaan. Bila kadar keduanya tinggi maka mood, energi, dan konsentrasi seseorang akan membaik. Selain itu, juga bisa mengurangi resiko terkena demensia atau Alzheimer.

6. Menjaga kesehatan kulit
Kulit menjadi sehat dan bersinar berkat kandungan vitamin C dalam paprika. Karoteinnya bisa merangsang produksi kolagen dalam tubuh sehingga kulit tak mudah kendur bahkan
mampu mencegah resiko kanker kulit.

7. Sehat bagi kehamilan
Kandungan folat dalam paprika mencegah bayi lahir cacat dan menjaga kesehatan janin agar organ janin berkembang sempurna.

8. Mencegah anemia
Paprika merah kaya zat besi, dan kandungan vitamin C-nya yang tinggi mampu menyerap zat besi sehingga anemia dapat dihindari. Namun pastikan untuk memilih paprika yang organik karena lebih terjamin bebas dari pestisida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates