Wednesday , 29 March 2017
Home » Info Kesehatan » Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Pir

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Pir

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Pir

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Pir

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Pir

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Pir– Pir berasal dari Eropa Barat, Afrika Utara, dan China. Buah pir sudah dibudidayakan sejak Romawi kuno. Ada juga yang mengatakan bahwa pir dimanfaatkan sebagai makanan pada zaman pra sejarah. Berikut kandungan nutrisi dan manfaat buah pir yang harus diketahui.

Kandungan Nutrisi

Pir mengandung serat pangan yang dapat mencukupi 12% kebutuhan harian. Mengkonsumsi 100 gram pir dapat memenuhi 7% kebutuhan vitamin C harian, 1% zat besi, dan 1% magnesium. Selai itu, buah ini mengandung vitamin K, B kompleks, E, magnesium, dan riboflavin. Ada juga karotenoid, flavonol, dan antosianin di pir merah. Menurut Baltimore Longitudinal Study of Aging, membuktikan bahwa buah pir dan apel termasuk buah yang paling banyak memberikan flavonol.

Manfaat

1. Membantu menurunkan berat badan
Pir kaya serat dan rendah kalori dan lemak, sehingga pir bisa menjadi salah satu pilihan bagi menu diet yang tepat.

2. Menyehatkan pencernaan
Serat pangan pir terdiri dari pektin bersifat diuretik dan memiliki efek laksatif. Pir juga memiliki serat polisakarida tak larut yang mendorong makanan agar mudah melewati sitem pencernaan. Kebutuhan serat pangan yang tercukupi dapat mengurangi risiko konstipasi, diare, dan menyehatkan pencernaan.

3. Menyehatkan jantung
Pektin bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan mengurangi produksi kolesterol. Kulit pir menandung antioksidan quercetin serta vitamin C yang melindungi arteri dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Perlindungan terhadap kanker
Serat pangan pir mengikat dan mempercepat pengeluaran senyawa karsinogen, antioksidan berupa vitamin C, A, fitonutrien yang bertindak sebagai perlindungan terhadap kanker.

5. Menguatkan sistem imun
Pir mengandung vitamin C, B kompleks, A, K, zat besi, mangan. Vitamin C dan A berfungsi untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Studi terbaru pun membuktikan bahwa serat pangan memiliki peran dalam mengontrol sistem imun dan memperbaiki kondisi terkait inflamasi.

6. Senyawa hipo alergenik
Pir direkomendasikan oleh para praktisi kesehatan sebagai buah hipo alergenik. Pir cenderung tidak menghasilkan efek samping seperti buah lain.

7. Buah penderita diabetes
Pir hanya memiliki 15 gram karbohidrat / 100 gram. Karbohidrat pir memiliki indeks dan beban glikemik yang sangat rendah. Studi yang dilakukan oleh Nurses’ Health Study membuktikan bahwa kombinasi apel dan pir berpotensi menurunkan risiko diabetes tipe 2 secara lebih signifikan dibandingkan kombinasi buah-buahan lain.

8. Mengontrol tekanan darah
Pir kaya potasium yang terkenal sebagai penurun tekanan darah. Potasium membantu mengurangi tekanan pada sistem cardiovaskular dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Penurunan tekanan darah tersebut terkait dengan pengurangan risiko penyakit cardiovaskular seperti serangan jantung, aterosklerosis dan stroke. Terlebih, potasium diperlukan sebagai pengontrol cairan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates