Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Wortel

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Wortel

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Wortel

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Wortel

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Wortel

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Wortel – Wortel merupakan bahan yang umum digunakan di banyak makanan di seluruh dunia. Wortel dapat diolah dalam berbagai macam bentuk, misalnya jus, makanan ringan, hingga dimasak bersamaan dengan sayuran lain. Yang terbaik dari wortel adalah kandungan nutrisinya yang tinggi serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi

Karakteristik dan warna orange terang yang terdapat pada wortel berasal dari beta-carotene, yang akan berubah menjadi vitamin A dalam tubuh kita. Wortel memiliki kandungan vitami A dan vitamin C yang sangat tinggi, termasuk kandungan sodiumnya.

Manfaat

Selama ini kita sering mendengar bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Namun bukan itu saja, selain untuk kesehatan mata, wortel juga memberikan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Simak beberapa manfaat kesehatan wortel berikut:

1. Kesehatan pencernaan
Wortel mengandung serat yang tinggi, yang sangat penting untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan. Dianjurkan bagi penderita konstipasi atau susah buang air besar untuk mengkonsumsi wortel dalam jumlah banyak. Serat juga sangat baik dikonsumsi saat diet, karena dapat membuat kenyang lebih lama. Cocok sekali bagi yang sedang menjalani program diet, karena dapat menurunkan bobot tubuhnya. Wortel sering digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

2. Kesehatan mata
Vitamin A sangat popular sebagai nutrisi yang sangat penting untuk mata, wortel merupakan salah satu sumber vitamin A yang sangat tinggi. Wortel dapat mempertajam penglihatan, termasuk pada malam hari, dapat mencegah berbagai gangguan pada mata seperti katarak dan lain sebagainya.

3. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan vitamin A pada wortel menjaga dan memelihara kesehatan kulit, karena dapat mencegah kerusakan sel dan berguna dalam regenerasi sel baru. Maka dari itu tidak sedikit perawatan kulit yang mengunakan masker wortel yang telah dihaluskan. Selain itu, vitamin A mampu melindungi kulit dari radiasi ultraviolet, mencegah penuaan dini, menghilangkan flek hitam pada kulit akibat pigmentasi, dan mencegah jerawat.

4. Mencegah kanker
Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada wortel menurunkan resiko penyakit kanker. Wortel merupakan sumber falcarinol, senyawa yang diyakini mampu mencegah dan melawan kanker. Antioksidan menjaga tubuh dari berbagai zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh seperti yang berasal dari polusi dan sumber lainnya.

5. Kesehatan jantung
Beberapa penelitian menunjukkan mengkonsumsi wortel secara teratur dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Penelitian yang lain menunjukkan hubungan antara konsumsi beta-carotene dan resiko penyakit jantung yang rendah.

6. Mengontrol kolesterol
Serat wortel mampu menurunkan level kolesterol dalam tubuh. Kandungan magnesium pada wortel membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh merupakan masalah kesehatan yang sangat serius, karena jika dibiarkan akan menyebabkan timbunan pada pembuluh darah yang akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Inilah yang sering kita kenal dengan aterosklerosis. Maka untuk penderita kolesterolimia dapat mengkonsumsi wortel, juga dapat diimbangi dengan sayur-sayuran lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates