Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Kebiasaan Yang Dapat Menambah Berat Badan

Kebiasaan Yang Dapat Menambah Berat Badan

Kebiasaan Yang Dapat Menambah Berat Badan

Kebiasaan Yang Dapat Menambah Berat Badan

Kebiasaan Yang Dapat Menambah Berat Badan

Kebiasaan Yang Dapat Menambah Berat Badan – Ada beberapa orang memiliki metabolisme yang tinggi sehingga makanan dicerna lebih cepat dan kalori terbakar lebih banyak. Semua makanan yang masuk ke dalam tubuh, sebagian besar diolah menjadi energi dan sedikit yang disimpan sebagai lemak dan otot.

Bobot badan seseorang juga dipengaruhi oleh pola makan dan olahraga. Oleh karena itu, jika merasa kurang percaya diri dan ingin tampil lebih berisi, maka sebaiknya berusaha menambah berat badan. Sebagai langkah awal, bisa mengubah beberapa kebiasaan kecil sehari-hari. Pola makan dan olahraga menjadi kunci utamanya. Untuk itu, bisa menggunakan cara-cara berikut sebagai cara menambah berat badan:

1. Tingkatkan interval makan dalam satu hari
Orang yang memiliki tubuh kurus perlu makan dengan interval lebih sering dalam satu hari untuk meningkatkan bobot badannya. Cara ini akan membantu bagi yang kesulitan menambah porsi makan. Tetapkan jadwal dan interval makan yang paling cocok karena kondisi fisik setiap orang berbeda-beda. Jika telah menemukannya, jalani secara disiplin dan teratur.
Siapkan cemilan sehat berkalori tinggi seperti kacang-kacangan, selai kacang, apokat, buah-buahan kering, keju. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan jus atau susu rendah lemak. Beri jeda untuk minum 30 menit sebelum atau sesudah makan, karena minum saat makan akan membuat cepat kenyang.

2. Perbanyak asupan lemak sehat
Tubuh berisi bukan berarti bebas makan makanan berlemak. Pilihlah lemak baik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Lemak baik ini terkandung dalam makanan seperti kacang-kacangan, apokat, minyak zaitun. Jauhi lemak jahat yang ada dalam makanan olahan seperti es krim, gorengan, dan makanan siap saji/fast food.

3. Perbanyak konsumsi protein
Protein diperlukan untuk meningkatkan massa otot. Protein juga salah satu zat pembentuk sel-sel otot, tulang, kulit, darah dan rambut. Cobalah untuk menambah konsumsi protein dalam diet dengan mengonsumsi makanan seperti daging, telur, keju, susu, ikan. Bagi vegetarian, protein dapat ditemukan dalam produk kedelai seperti tahu dan tempe, serta polong-polongan.

4. Pilih makanan berkarbohidrat kompleks
Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh untuk menjalani aktivitas. Karbohidrat diperlukan dalam proses pembentukan otot dan menunjang fungsi organ-organ tubuh. Pilih karbohidrat kompleks yang bisa didapatkan dari gandum utuh, beras merah, oat dan ubi.
Kurangi sumber karbohidrat sederhana seperti nasi putih, gula pasir, kue dan permen karena kemungkinan besar disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Karbohidrat sederhana lebih cepat diubah menjadi glukosa sehingga kadar gula dalam darah cepat meningkat. Jika dikonsumsi berlebihan, berisiko terkena diabetes.

5. Makan di malam hari
Salah satu penelitian mempublikasikan bahwa orang-orang yang makan cemilan setelah pukul 8 malam memiliki indeks massa tubuh yang lebih besar dibandingkan yang tidak. Padahal, total kalori harian yang dikonsumsi tidak jauh berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates